ANALISIS KESALAHAN DALAM HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS INTEGRAL
(1) Universitas Matlaul Anwar Banten
(2) Universitas Mathla'ul Anwar Banten
(3) Universitas Mathla'ul Anwar Banten
(4) Universitas Mathla'ul Anwar Banten
(5) Universitas Mathla'ul Anwar Banten
(*) Corresponding Author
Abstract
Mahasiswa calon guru matematika masih mengalami kesulitan memahami materi kalkulus integral yang merupakan mata kuliah wajib dan prasyarat mata kuliah lainnya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesalahan-kesalahan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus integral. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 3 mahasiswa program studi pendidikan matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes hasil belajar kalkulus integral dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan terbesar dalam hasil belajar mahasiswwa pada mata kuliah kalkulus integral terletak pada kesalahan menggunakan konsep matematika 56.25%, sedangkan kesalahan prosedur sebesar 54,17% dan kesalahan komputasi 45,83%. Adapun penyebab dari kesalahan tersebut karena mahasiswa tidak memahami dengan baik konsep dari penyelesaian materi kalkulus integral, kurang menguasainya materi-materi awal kalkulus oleh mahasiswa, kemampuan mahasiswa dalam menterjemahkan simbol-simbol matematika yang masih kurang, mahasiswa yang masih mengandalkan cara hafalan untuk mengingat rumus dan langkah-langkah dalam penyelesaian soal, serta ketidaktelitian mahasiswa dalam mengerjakan soal
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 1 No 2: 192-202.
Amir, M. F. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoharjo Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linier. Jurnal Edukasi, Vol. 1 No. 2: 131-146.
Ardiawan, Y. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, Vol. 4 No. 1: 147-163.
Bergwall, A., & Hemmi, K. (2017). The State of Proof in Finnish and Swedish Mathematics Textbooks-Capturing Differences in Approaches to Upper-Secondary Integral Calculus. Mathematical Thinking and Learning, Vol. 19 No. 1: 1-18.
Daswarman. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Prosedur Newman. JEP (Jurnal Eksakta Pendidikan, Vol. 4 No. 1: 73-80.
Fatimah, S., & Yerizon. (2019). Analysis of Difficulty Learning Calculus Subject for Mathematical Education Students. International Journal of Scientific and Technology Research, Vol. 8 No. 03: 80-84.
Istiqomah, N. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas XI SMK Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2 No. 2: 343-352.
Jana, P. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Mercumatika, Vol. 2 No. 2: 8-14.
Khairudin. (2020). Kemampuan Awal Kalkulus Mahasiswa Pendidikan Matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, Vol. 18 No. 1: 50-60.
Li, V. L., Julaihi, N. H., & Eng, T. H, (2017). Misconceptions and Errors in Learning Integral Calculus. Asian Journal of University Education, Vol. 13 No. 2: 17-39.
Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. Vol. 6 No. 2: 107-114.
Pebriyani, N., dkk. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Dua Variabel. Jurnal PJME, Vol. 1 No. 1: 18-24.
Sumargiyani, dkk. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus. Journal of Mathematics Education, Vol. 7 No. 1: 20-31.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.5651
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)