APLIKASI SCRATCH BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK DI ERA SOCIETY 5.0
(1) IKIP Siliwangi
(2) IKIP Siliwangi
(3) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abrar, A. I. P., Awwaliah, W., & Sriyanti, A. (2022). Pengembangan Modul Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer Bernuansa Islami Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika, Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1648-1656.
Ana, R. F. R. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 terhadap Pembentukan Karakter pada Siswa Kelas V SDN Kendalrejo 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 100-109.
Arvianto, I. R., & Ardhana, Y. M. K. (2020). Pengembangan Perangkan pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Prima, 4(1), 22-32.
Aulia, S., Zetriuslita, Z., Amelia, S., & Qudsi, R. (2021). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Aplikasi Scratch pada Materi Trigonometri, Journal for Research in Mathematics Learning, 4(3), 205-214.
Febrianingsih, F. (2022). Kemampua Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis, Mosharafa, 11(1), 119-130.
Firdaus., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Open Ended pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 227-236.
Gladden, M. E. (2019). Who will be the Members of Society 5.0? Towards an Anthropology of Technologically Posthumanized Future Societies. Social Science, 8(5), 148.
Lestari, T. A., Utami, R. E., & Muhtarom. (2022). Pemahaman Guru terhadap Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika, Imajiner, 1(4), 1-9.
Linda., & Sugandi, A. I. (2021). Design Research: Bahan Ajar Matematika Berbasis VBA Excel dengan Pendekatan ETICA. AKSIOMA, 10(4), 2537-2548.
Lu, Y. (2021). Scratch Teaching Mode of a Course for College Students. Intermnational Journal of Emergency Technology in Learning, Kassel, Germany, 16(5).
Nurwahyuni, A. (2019). Literature Review: Perbedaan Pendidikan Karakter yang Diterapkan pada Generasi X, Y, dan Z. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan. Universitas Surabaya, 66-75.
Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Karakter. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 319-327.
Rezeki, S., Andrian, D., & Safitri, Y. (2021). Mathematics and Cultures : A New Concept in Maintaining Cultures through the Development of Learning Devices. International Journal of Instruction, 14(3), 375-392.
Runisah. (2021). Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Society 5.0. Euclid, 8(2), 159-173.
Setiawan, A. (2021). Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga.
Sudihartinih, E., Novita, G., & Rachmatin, D. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Topik Luas Daerah Segitiga Menggunakan Aplikasi Scartch. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1390-1398.
Supriadi, D. (2021). Coding Scratch Basic. Yayasan Sakata Innovation Center.
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM, 2(2), 268-283.
Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 331-343.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5612
Refbacks
- There are currently no refbacks.