ETHNOMATHEMATICS UKIRAN DAYAK KENYAH

Jero Budi Darmayasa(1*), Irianto Aras(2), Dedy Arifaini Tharmidji(3), Irnovita Netiana(4),

(1) Universitas Borneo Tarakan
(2) Universitas Borneo Tarakan
(3) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara
(4) Universitas Borneo Tarakan
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep matematika yang terdapat pada Ukiran masyarakat Dayak Kenyah di Kalimantan Utara. Jenis penelitian yang dipilih adalah studi kasus dengan unit analisis masyarakat Dayak Kenyah yang melakukan aktivitas di wilayah Kabupaten Bulungan. Adapun informan kunci dalam penelitian ini adalah tokoh adat, tokoh masyarakat, bidang kebudayaan, serta tukang ukir, dan warga masyarakat yang memahami tentang seluk beluk ukiran Dayak kenyah. Wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik pengumpulan data, penyajian data, data reduksi, dan pengambilan kesimpulan. Adapun temuan dari penelitian ini yaitu adanya konsep pencerminan pada ukiran Gapura Desa Tradisional, pada tameng (perisai), serta pintu rumah salah satu warga Desa Teras Nawang; Konsep titik (titik pangkal) pada ukiran dinding Balai Adat, Konsep pergeseran (translasi) pada ukiran bagian luar rumah adat, Konsep As (simetri) serta pemanfaatan konsep koordinat cartesius dalam aktivitas mengukir oleh seniman Dayak Kenyah.


Keywords


Ethnomathematics; Ukiran; Dayak Kenyah

References


Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Brandt, A., & Chernoff, E. (2014). The Importance of Ethnomathematics in the Math Class. Ohio Journal of School Mathematics, 71, 31–36.

Darmayasa, J. B. (2018). Landasan, Tantangan, dan Inovasi Berupa Konteks Ethnomathematics dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 9. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.709

Dhiki, Y. Y., & Bantas, D. G. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Sebagai Sumber Belajar Matematika di Kabupaten Ende. 10(4), 2698–2709. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/4254/pdf

Dimpudus, A., & Ding, A. C. H. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kebudayaan Suku Dayak Sebagai Sumber Belajar Matematika Di SMP Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 111–118. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i2.146

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589

Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika Permainan Kelereng. MaPan, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a3

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek Dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358

Hardiani, N., & Putrawangsa, S. (2019). Etnomatematika nTradisi Pengukuran Masyarakat Suku Sasak dan Potensi Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran Matematika. Aksioma, 159-174.

Hidayatulloh, Nur; Hariastuti, R. M. (2018). Kajian Etnomatematika Angklung Paglak Banyuwangi. Aksioma, Vol. 7, No, 380–389. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1534

Kaltara. (2019). Humas Kaltara. https://humas.kaltaraprov.go.id/

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2018). UU No.36 Tahun 2018.

Mahdayeni, M., Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 154–165. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i2.1125

Maryati, & Prahmana, R. C. I. (2019). Ethnomathematics: Exploring the activities of culture festival. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012024

Orey, D., & Rosa, M. (2007). Cultural Assertions and Challenges Towarrds Pedagogical Action Of an Ethnomathematics Program. For the Learning of Mathematics, 1(March), 10–16.

Permendikbud. (2016). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22. Tahun 2016.

Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning geometry and values from patterns: Ethnomathematics on the batik patterns of yogyakarta, indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456

Puspadewi, K. R., & Putra, I. G. N. N. (2014). Etnomatematika di Balik Kerajinan Anyaman Bali. Jurnal Matematika, 4(2), 80–89.

Rubio, J. S. (2016). The ethnomathematics of the Kabihug tribe in Jose Panganiban, Camarines Norte, Philippines. Malaysian Journal of Mathematical Sciences, 10, 211–231.

Silvia. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Gelang Manik-Manik Khas Dayak Kalimantan sebagai Sumber Penyusunan LKPD. In Silvia (Ed.), Prosiding Konferensi Nasional Matematika XX (pp. 195–206). Universitas Pattimura. https://doi.org/10.30598/PattimuraSci.2021.KNMXX.195-206

Suharta, I. G. P., Sudiarta, I. G. P., & Astawa, I. W. P. (2017). Ethnomathematics of Balinese Traditional Houses. International Research Journal of Engineering, IT & Scientific Research, 3(4), 42. https://doi.org/10.21744/irjeis.v3i4.501




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.