DESAIN DIDAKTIS UNTUK MENGATASI HAMBATAN BELAJAR PADA KELILING DAN LUAS PERSEGI SERTA PERSEGI PANJANG

Rifyan Firdaus(1*), Udin Syaefudin Sa'ud(2), Andika Arisetyawan(3),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini didasarkan ketika munculnya hambatan belajar siswa pada konsep keliling dan luas persegi serta persegi panjang. Untuk mengatasi hambatan belajar tersebut maka tujuan pada penelitian ini adalah menyusun dan mengembangkan desain didaktis sesuai dengan alur belajar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode didactical design research (DDR). Subyek yang terlibat pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Serang 11 Kota Serang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Pada proses pengembangan desain didaktis dilakukan juga focus group discussion untuk mendapatkan masukan pengetahuan secara teori dan praktik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain didaktis memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa serta mengatasi hambatan belajar siswa yang sifatnya ontogenic, epistemological, dan didactical pada konsep keliling dan luas persegi serta persegi panjang. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dalam mengembangkan desain didaktis pembelajaran matematika di sekolah dasar.


Keywords


Didactical Design Research, Hambatan Belajar, Keliling dan Luas, Persegi dan Persegi Panjang, Sekolah Dasar.

References


Annizar, E. K., & Suryadi, D. (2016). Desain Didaktis pada Konsep Luas Daerah Trapesium untuk Kelas V Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 22-33.

Amador, J., & Lamberg, T. (2013). Learning trajectories, lesson planning, affordances, and constraints in the design and enactment of mathematics teaching. Mathematical Thinking and Learning, 15(2), 146-170. Doi: https://doi.org/10.1080/08957347.2013.793185

Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal E-DuMath, 2(1), 128–137.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.

Clements, D. H., & Sarama, J. (2020). Learning and teaching early math: The learning trajectories approach. Routledge.

de Beer, H., Gravemeijer, K., & van Eijck, M. (2017). A proposed local instruction theory for teaching instantaneous speed in grade five. The Mathematics Enthusiast, 14(1), 435-468. https://scholarworks.umt.edu/tme/vol14/iss1/24

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan literasi matematika sekolah dalam perspektif multiple intelligences. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2). Doi: https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.524

Fathurrohman, M., Rahayu, I., & Nindiasari, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Menghindari Mind in Chaos Terhadap Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2). Doi: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v16i2.2562

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Gravemeijer, K., Stephan, M., Julie, C., Lin, F. L., & Ohtani, M. (2017). What mathematics education may prepare students for the society of the future?. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(1), 105-123. Doi: https://doi.org/10.1007/s10763-017-9814-6

Hallatu, Y., Prasetyo, K., & Haidar, A. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah BPD Iha Tentang Konflik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 183-190.

Karakoc, M. 2016. “The Significance of Critical Thinking Ability in terms of Education”. International Journal of Humanities and Social Science. 6 (7): 82. http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_6_No_7_July_2016/10.pdf

Manno, G. (2006). Embodiment and A-Didactical Situation in The Teaching-Learning of The Perpendicular Straight Lines Concept. Doctoral Thesis: Faculty of Mathematics snd Physics Department of Didactic Mathematics Comenius University Bratislava. Tersedia di: http://math.unipa.it/~grim/thesis_GManno_06_engl.pdf

Mayasari, D. (2020). Program Perencanaan Pembelajaran Matematika. Deepublish.

Nickerson, S. D., & Whitacre, I. (2010). A local instruction theory for the development of number sense. Mathematical Thinking and Learning, 12(3), 227-252. Doi: https://doi.org/10.1080/10986061003689618

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational design research. Enschede: Netherland Institute For Curriculum Development (SLO). https://slo.nl/publish/pages/2904/educational-design-research-part-a.pdf

Putra, B. (2018). Peningkatan Kemampuan Representasi dan Abstraksi Matematis serta SelfAwareness SIswa SMP Melalui Cognitive Apprenticeship Instruction. Universitas Pendidikan Indonesia

Rezeki, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 281–291.

Schneider, M. C., & Gowan, P. (2013). Investigating teachers’ skills in interpreting evidence of student learning. Applied Measurement in Education, 26(3), 191-204. Doi: https://doi.org/10.1080/08957347.2013.793185

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298. Doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317

Simon, M. A., & Tzur, R. (2004). Explicating the role of mathematical tasks in conceptual learning: An elaboration of the hypothetical learning trajectory. Mathematical thinking and learning, 6(2), 91-104. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0602_2

Soekisno, R. B. A., Zulkarnaen, R., & Ruli, R. M. (2021). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Ditinjau Dari Analisis Uraian Materi Dan Hambatan Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1902-1915.

Suratno, T. (2016). Didaktik dan Didactical Design Research. In Monograf Didactical Design Research (pp. 1-5). Bandung: Rizqi Press.

Suryadi, D. (2007). Model Bahan Ajar Dan Kerangka Kerja Pedagogis Matematika Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi. Unpubl. Res. Report. Bandung SPS UPI.

Suryadi, D. (2010). Menciptakan proses belajar aktif: Kajian dari sudut pandang teori belajar dan teori didaktik. Bandung: Tidak diterbitkan.

Suryadi, D. (2018). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR). Bandung: Departemen Pendidikan Matematika UPI.

Sztajn, P., Confrey, J., Wilson, P. H., & Edgington, C. (2012). Learning trajectory based instruction: Toward a theory of teaching. Educational researcher, 41(5), 147-156. Doi: https://doi.org/10.3102/0013189X12442801

Unlu, M., Ertekin, E., & Dilmac, B. (2017). Predicting Relationships Between Mathematics Anxiety, Mathematics Teaching Anxiety, Self-Efficacy Beliefs Towards Mathematics and Mathematics Teaching. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 3(2), 636-645. https://doi.org/10.21890/ijres.328096Age

Wilujeng, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Aljabar dan Multi Representasi Matematis Serta Pencapaian SelfDetermination Siswa SMP Melalui MERRIL’S First Principles of Instruction. Universitas Pendidikan Indonesia

Wilson, P. H., Sztajn, P., Edgington, C., & Myers, M. (2015). Teachers’ uses of a learning trajectory in student-centered instructional practices. Journal of Teacher Education, 66(3), 227-244. Doi: https://doi.org/10.1177/0022487115574104

Zahroh, S. N., Lidinillah, D. A. M., & Rokhayati, A. (2016). Desain Didaktis Konsep Luas Daerah Persegi dan Persegi Panjang Kelas III Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 281-291.

Zengin, Y. (2017). International Forum of Educational Technology & Society Investigating the Use of the Khan Academy and Mathematics Software with a Flipped Classroom Approach in Mathematics Teaching Published by : International Forum of Educational Technology & Society Inv. Journal of Educational Technology & Society, 20 (2), 89–100. https://www.jstor.org/stable/90002166




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.