ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
(1) Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam memecahkan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Indikator kesulitan dalam penelitian ini berdasarkan teori Cooney yang terdiri dari kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam menerapkan prinsip dan kesulitan dalam memecahkan masalah verbal. Validator soal penelitian ini yaitu dua dosen dari Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta dan satu guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Sudirman Ngargoyoso tahun ajaran 2021/2022. Subjek yang dipaparkan dalam penelitian ini adalah 3 siswa berdasarkan salah satu dari kategori subjek berkemampuan tinggi, subjek berkemampuan sedang dan subjek berkemampuan rendah. Hasil dari penelitian ini adalah subjek kemampuan tinggi mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip, sedangkan siswa dengan kemampuan sedang dan rendah mengalami kesulitan menerapkan prinsip dan memecahkan masalah verbal.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurrahman, M. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT Rineka Cipta.
Adnyani, L. P. W., Kurniawan, I., & Pinahayu, E. A. R. (2018). Development of Creative-Thinking Instrument in Mathematics Problem Solving Based on Logical Mathematics Intelligence. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 1. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v3i1.5201
Aminah, & Kurniawati, K. R. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118–122.
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78
Ariestina, M. P., Yunarti, T., & Sutiarso, S. (2014). Analisis Kesulitan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 2(2).
Delyana, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. Lemma, 2(1), 26–34.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
Fadiana, M. (2016). Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(1), 79–89. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i1.1775
Fauzi, L. M. (2018). Identifikasi Kesulitan Dalam Memecahkan Masalah Matematika. JIPMat, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2286
Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1), 5–11.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Khasanah, N., Kusmayadi, T. A., & Nurhasanah, F. (2021). Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Masalah Abstraksi Matematis Pada Pokok Bahasan Fungsi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 359. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3445
Maryani, A., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Atsauri Sindangkerta. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2619–2627. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.915
Mediyani, D., & Mahtuum, Z. A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi Geometri. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 16–25. https://doi.org/10.32528/gammath.v5i1.3189
Puspitasari, E., Y, E., & Nugraha, A. (2015). ANALISIS KESULITAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 1–9.
Puspitasari, E., Yusuf, E., & Nugraha, A. (2017). ANALISIS KESULITAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP Echy Puspitasari, Edy Y, Asep N Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTAN, Pontianak. Universitas Tanjungpura, 1–9.
Putro, D. S., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas X SMK Bina Insan Bangsa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 01(02), 464–469.
Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran Pendidikan Matematika Di Era Globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534–541. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/801
Rahayuningsih, S., Sirajuddin, S., & Nasrun, N. (2020). Cognitive flexibility: exploring students’ problem-solving in elementary school mathematics learning. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 6(1), 59–70. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v6i1.11630
Rezki Hidayanti, Nurdin, & Fajar. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel(Spldv) Ditinjau Dari Kesadaran Metakognisi. Universitas Negeri Makasar, 3, 128–139.
Robiah, S. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas XII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Limit Fungsi. Jurnal Equation Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 65–75.
Sari, Y. M., & Valentino, E. (2017). An Analysis of Students Error In Solving PISA 2012 And Its Scaffolding. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(2), 90–98. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.3380
Sharma, S. (2013). Qualitative Approaches in Mathematics Education Research: Challenges and Possible Solutions. Education Journal, 2(2), 50. https://doi.org/10.11648/j.edu.20130202.14
Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413
Siagian, M. D. (2016). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2 (1), 58–67.
Siahaan, D. S., S, S., Nasir, M., & Jannah, M. (2022). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Fisika dengan Representasi Majemuk. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14.
Susana, S., Sukma, I., & ... (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Aritmatika Sosial Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Seluas Kabupaten Bengkayang. Jurnal Prodi …, 2, 119–128. https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPPM/article/view/168
Susanti, V. D., & Wulandari, R. (2021). STUDENT DIFFICULTIES IN SOLVING MATHEMATICS QUESTIONS BASED ON MATHEMATICAL LOGIC INTELLIGENCE DURING THE COVID-19 PANDEMIC. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(3), 1848–1859.
Usman Mulbar, Abdul Rahman, & Ansari S. Ahmar. (2017). Analysis of the ability in mathematical problem-solving based on SOLO taxonomy and cognitive style. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(1), 68–73.
Wardani, G. A. K., & Yunianta, T. N. H. (2019). Analisis Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi SPLDV Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Mitra Pendidikan, 1, 1031–1045.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5571
Refbacks
- There are currently no refbacks.