PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal berorientasi high order thinking skill. Kemampuan literasi yang digunakan meliputi enam komponen yaitu: 1) komunikasi, 2) matematisasi, 3) representasi, 4) strategi untuk memecahkan masalah, 5) penggunaan operasi dan bahasa simbol, bahsasa formal, dan bahasa teknis, dan 6) penalaran dan pemberian alasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematis, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas X SMA Batik 2 Surakarta yang dipilih berdasarkan kategorisasi tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukan siswa dengan literasi tinggi mampu menguasai keenam kemampuan indikator literasi matematis pada ketiga soal. Siswa dengan tingkat literasi sedang mampu menguasai semua indikator pada soal pertama, sedangkan hanya mampu menguasai empat kemampuan literasi matematis pada soal nomer dua dan hanya menguasai indikator kemampuan komunikasi pada soal nomer tiga. Sedangkan siswa dengan tingkat literasi rendah mampu menguasai tiga indikator pada soal pertama, namun pada soal kedua dan ketiga hanya memiliki kemampuan komunikasi saja.
This study aims to describe students' mathematical literacy skills in solving high order thinking skill. The literacy skills used include six components, namely: 1) communication, 2) mathematical, 3) representation, 4) strategies for solving problems, 5) the use of operations and symbol language, formal language, and technical language, and 6) reasoning and giving reasons. This research is a qualitative descriptive study. The data collection technique used in this research is a mathematical literacy test, interviews, and documentation. The subjects of this study were three grade X students of SMA Batik 2 Surakarta who were selected based on high, medium, and low scores. Data analysis techniques include data reduction, presentation, and drawing conclusions. Test the validity of the data using triangulation techniques. The results of the study show that students with high literacy are able to master the six abilities of the mathematical literacy indicators on the three questions. Students with moderate literacy levels are able to master all indicators in the first question, while only being able to master four mathematical literacy skills in question number two and only master communication skills indicators in question number three. While students with low literacy levels are able to master the three indicators in the first question, but in the second and third questions only have communication skills.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aini, N. R., Suharto, Erfan Yudianto, D. T., & Setiawan, T. B. (2018). Analisis Berpikir Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Berdasarkan Kecerdasan Majemuk. Kadikma, 9, 127–135.
Andari, R. M., & Setianingsih, R. (2021). Students’ Mathematical Literacy in Solving PISA Problem Using Indonesian Cultural Context. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 52–67. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.52-67
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.
Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers ’ Conceptions of Mathematical Literacy To cite this article : Secondary Mathematics Teachers ’ Conceptions of Mathematical Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3), 222–237.
Gustiningsi, T. (2015). Pengembangan Soal Pengayaan Model PISA Level 4 Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2(2), 198–213. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1248
Intan, N., Ismaimuza, D., & Pathuddin. (2020). Profil kemampuan literasi matematis siswa kelas XI IPA2 pada materi program linear. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 7(3), 209–223. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/529
Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839
Kurniawati, N. D. L., & Mahmudi, A. (2019). Analysis of mathematical literacy skills and mathematics self-efficacy of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012053
Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 63–73. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221
Lestari, Y., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2021). Analysis of Students’ Mathematical Literacy Skill in Solving Pisa Mathematical Problems. MaPan, 9(1), 102. https://doi.org/10.24252/mapan.2021v9n1a7
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. 10, 291–300.
Masrura, S. I., Indrawati, N., Syahri, A. A., Subanji, & Sukoriyanto. (2021). Development of Metacognitive Learning Model Device oriented by HOTS to Improve Students Mathematical Literation. Journal of Physics: Conference Series, 1752(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1752/1/012072
Munfarikhatin, A., & Natsir, I. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Konten Space and Shape. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 128. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i1.569
Murtiyasa, B., & Perwita, W. R. G. (2020). Analysis of mathematics literation ability of students in completing PISA-oriented mathematics problems with changes and relationships content. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3160–3172. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080745
Muslimah, H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 36–43.
Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830
Nugrahanto, S., & Zuchdi, D. (2019). Indonesia PISA Result and Impact on The Reading Learning Program in Indonesia. 297(Icille 2018), 373–377. https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.77
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Oktiningrum, W., Zulkardi, & Hartono, Y. (2016). Developing PISA-like mathematics task with Indonesia natural and cultural heritage as context to assess students’ mathematical literacy. Journal on Mathematics Education, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.22342/jme.7.1.2812.1-8
Rifai, & Wutsqa, D. U. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 152–162.
Rusmining. (2017). Analysis of Mathematics Literacy of Students of Mathematics Education Department Viewed from Process Components. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3), 384–390. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i3.19518
Salim, & Prajono, R. (2018). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari. Indonesian DIgital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 594–602.
Salsabila, E., Rahayu, W., Kharis, S. A., & Putri, A. (2019). Analysis of Mathematical Literacy on Students’ Metacognition in Conic Section Material. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012057
Santoso, R. M., & Setyaningsih, N. (2020). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bentuk Aljabar berdasarkan Kemampuan Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 62–71.
Saputri, A. I., & Khotimah, R. P. (2020). Analisis Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Space and Shape.
Sari, E. K., Sugiyanti, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis PISA. Jurnal Gantang, 6(1), 83–92. https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.3286
Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–344. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5563
Refbacks
- There are currently no refbacks.