KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA TIPE HOTS MATERI STATISTIKA
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Literasi matematika merupakan kemampuan yang harus dimiliki untuk menyelesaikan permasalahan pada soal matematika.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tipe HOTS pada materi statistika. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP N 1 Jogorogo pada tahun ajaran 2021/2022 dengan subjek yang diteliti 3 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil tes akan dianalisis berdasarkan indikator literasi matematika diantaranya komunikasi, matematisasi, strategi pemecahan masalah, dan penalaran dan argumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) siswa dengan kemampuan literasi matematika tinggi dapat melengkapi keempat indikator yaitu komunikasi, matematisasi, strategi pemecahan masalah, dan penalaran dan argumen, 2) siswa dengan kemampuan literasi matematika sedang hanya dapat memenuhi ketiga indikator yaitu komunikasi, matematika, dan strategi pemecahan masalah, 3) siswa dengan kemampuan literasi matematika rendah hanya satu indikator terpenuhi yaitu komunikasi. Disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita tipe HOTS pada kemampuan sedang dan rendah belum memenuhi semua indikator disebabkan oleh kurangnya literasi matematika, sedangkan kemampuan tinggi dapat memenuhi empat indikator.
Mathematical literacy is a must-have ability to solve problems in mathematical problems. The purpose of this study is to describe the ability of students to solve HOTS-type story problems in statistical material. The method used in this study is qualitative. The subject of the study was a class VIII E student of SMP N 1 Jogorogo in the 2021/2022 school year with the subject studied by 3 students. Data collection techniques use tests and interviews.The test results will be analyzed based on mathematical literacy indicators including communication, mathematics, problem-solving strategies, and reasoning and arguments. The results showed that: 1) students with high mathematical literacy skills can complete the four indicators, namely communication, mathematics, problem-solving strategies, and reasoning and argument. 2) students with moderate mathematical literacy skills can only meet the three indicators, namely communication, mathematics, and problem-solving strategies, 3) students with low mathematical literacy skills only one indicator is met, namely communication. He concluded that students' mathematical literacy ability in solving HOTS-type story problems at medium and low ability has not met all indicators due to lack of mathematical literacy, while high ability can meet four indicators.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of students’ errors in solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) problems for the topic of fraction. Asian Social Science, 11(21), 133–142. https://doi.org/10.5539/ass.v11n21p133
Aini, N. R., Suharto, Erfan Yudianto, D. T., & Setiawan, T. B. (2018). Analisis Berpikir Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Berdasarkan Kecerdasan Majemuk. Kadikma, 9(2), 127–135.
Asmara, A. S., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS X BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. Scholaria, 7(2), 135–142. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i2.p135-142
Astuti, N. K., Fahinu, F., & Masuha, J. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Viii Smp Swasta Di Kota Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 99–112. https://doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7401
DEWANTARA, A. H. (2018). Soal Matematika Model Pisa: Alternatif Materi Program Pengayaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 197–213. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.186
Fakhriyana, D., Mardiyana, & Aryuna, D. R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Memecahkan Masalah Model Programme For International Student Assessment ( PISA ) pada Konten Perubahan dan Hubungan Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah Program Khusus Suraka. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(6), 421–434.
Fani, A. A. D., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kecemasan belajar pada siswa smp pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 137–148. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.137-148
Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers ’ Conceptions of Mathematical Literacy To cite this article : Secondary Mathematics Teachers ’ Conceptions of Mathematical Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3), 222–237.
Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, Vol 1(2), 131–143.
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Kholid, M. N., Imawati, A., Swastika, A., Maharani, S., & Pradana, L. N. (2021). How are Students’ Conceptual Understanding for Solving Mathematical Problem? Journal of Physics: Conference Series, 1776(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012018
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Murtiyasa, B., & Perwita, W. R. G. (2020). Analysis of mathematics literation ability of students in completing PISA-oriented mathematics problems with changes and relationships content. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3160–3172. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080745
Mustika, A., Suhartati, & Syahyuzar. (2016). Penerapan pembelajaran kontekstual melalui hands on problem solving pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 49–58.
Natsir, I., & Munfarikhatin, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Multiple Intelligence Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 273–283. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3384
OECD. (2019). PISA 2018 Results COMBINED EXECUTIVE SUMMARIES VOLUME I, II & III. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en
Pradini, W. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear dua variabel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 33–45. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.21481
Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012147
Rizki, L. M., & Priatna, N. (2018). Mathematical literacy as the 21st century skill. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042088
Rusmining. (2017). Analysis of Mathematics Literacy of Students of Mathematics Education Department Viewed from Process Components. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3), 384–390. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i3.19518
Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393
Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. CV.Jasmine.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5552
Refbacks
- There are currently no refbacks.