PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Sally Juliani(1), Atma Murni(2*), Maimunah Maimunah(3),

(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena di sekolah masih ada beberapa yang belum memiliki perangkat pembelajaran yang dapat memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis (KRM). Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu menghasilkan suatu produk berupa buku berisi silabus, RPP, dan LKPD menggunakan discovery learning dengan bahan jual dan ketidaksamaan linear satu variabel yang valid dan juga praktis dalam memfasilitasi KRM. Produk ini dapat dipergunakan pada sekolah tingkat SMP/MTs, peneliti dapat memberikan produk ini pada sekolah-sekolah. Penelitian yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall ini kemudian dilakukan dengan lima tahap yaitu studi pendahuluan, perencanaan pengembangan, pengembangan perangkat, uji coba terbatas, dan revisi produk.Instrumen penelitian yaitu lembar validasi silabus, RPP, dan LKPD, serta angket respon peserta didik. Penelitian ini melibatkan sembilan peserta didik sebagai subjek ujicoba terbatas, dan tiga dosen pendidikan matematika sebagai validator. Validator ketiga memberikan nilai yang menyatakan bahwa silabus, RPP, dan LKPD memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor berturut-turut 83,33%; 83,87%; dan 82, 81%. Kepraktisan LKPD juga menyatakan rata-rata 93,29% yang memenuhi kriteria sangat praktis. Hasil akhir menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan discovery learninguntuk memfasilitasi peserta didik KRM pada materi jual beli dan ketidaksamaan linear satu variabel yang valid dan praktis dan dapat digunakan di sekolah.

 

Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Discovery Learning, Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

 

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena belum banyak perangkat pembelajaran yang dapat memfasilitasi keterampilan representasi matematis dan relatif jarang di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, dan LKS) dengan pembelajaran penemuanpada materi persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Model pengembangan Borg and Gall pada penelitian ini dilakukan dalam lima tahapan yaitu studi pendahuluan, perencanaan pengembangan, pengembangan perangkat, uji coba terbatas, dan revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengesahan silabus, RPP, dan LKPD, serta angket respon siswa. Penelitian ini melibatkan sembilan siswa kelas VII SMP/MTs sebagai subjek uji coba terbatas, dan tidak ada dosen pendidikan matematika sebagai validator. Hasil validasi ketiga validator menunjukkan bahwa silabus, RPP, dan LKPD valid dengan skor masing-masing 83,33%; 83,87%; dan 82,81% dengan kriteria valid. Kepraktisan LKPD menunjukkan persentase rata-rata 93,29% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakandiscovery learning untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa pada materi persamaan linier dan pertidaksamaan satu variabel yang valid dan sangat praktis.

 

Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Discovery Learning, Persamaan Linear Satu Variabel dan Pertidaksamaan


Keywords


Mathematical Representation Ability; Discovery Learning; One Variable Linear Equations and Inequality

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Ananda, S. R., Murni, A., & Maimunah. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Open-Ended untuk Memfasilitasi Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 342-354. 10.24127/ajpm.v11i1.4537.

Ayuni, Q., Noer, S. H., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 694-704. 10.24127/ajpm.v9i3.2747.

Delfita, O., Hutapea, N. M., & Murni, A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matenatis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1184-1196. 1031004/cendekia.v4i2.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Penguatan Peran Lembaga Paud untuk The Programme for International Student Assesment (PISA). Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 63-70.10.22460/ts.v6i2p63-70.2081.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Muhamad, N. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Repsesentasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 9(1), 75-90. 10.52434/jp.v9i1.

Murni, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik SMP melalui Pembelajaran Metakognitif dan Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skill. Jurnal Pendidikan, 4(2), 96-107.

Rahmiati, Musdi, E., & Fauzi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 267-272. 10.31980/mosharafa.v6i2.

Ramziah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X2 SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 138-147. 10.31980/mosharafa.v5i2.

Razi, Z., & Mirunnisa. (2019). Model Discovery Learning Berbantuan Software Maple Terhadap Kemampuan Representasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 520-527. 10.24127/ajpm.v8i3.2423.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44. 10.18592/jpm.v1i2.49.

Sahrul, Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Kelas VIII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 626-636. 10.31004/cendekia.v4i2.

Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483-492. 10.31980/mosharafa.v10i3.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 483-492. 10.31980/mosharafa.v10i2.

Yuliawati, F., Rokhimawan, M. A., & Suprihatiningrum, J. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Sains Berbasis Integrasi Islam-Sains untuk Peserta Didik Difabel Netra MI/SD Kelas 5 Semester 2 Materi Pokok Bumi dan Alam Semesta. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 169-177.10.15294/jpii.v2i2.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.