EFEKTIVITAS MODEL NHT DAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR

Rohma Ulfa Basyarewan(1), Christina Martha Laamena(2*), Darma A. Ngilawajan(3),

(1) Universitas Pattimura
(2) Universitas Pattimura
(3) Universitas Pattimura
(*) Corresponding Author


Abstract


Pada umumnya siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah tentang materi turunan fungsi aljabar yang disebabkan karena mereka tidak memahami konsep yang jelas dan benar, dan membuat mereka tidak optimal dalam belajar dan berdampak pada hasil belajar siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengggunaan model Number Head Together (NHT) dan penggunaan Video Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi Turunan Fungsi Aljabar di kelas XI SMA Negeri 5 Tual. Tipe Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain factorial dengan tiga variabel, yaitu model pembelajaran NHT, video pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Tual yang berjumlah 64 siswa dan 64 siswa tersebut merupakan sampel dalam penelitian ini. Instrument yang digunakan penelitian ini berupa soal tes yang terdiri dari soal uraian yang berjumlah 3 soal yang masing-masing soalnya terdapat beberapa soal lagi. Analisis data menggunakan teknik ANOVA dua jalur, dan terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penggunaan Model Number Head Together (NHT) Efektif terhadap hasil belajar siswa, 2) Penggunaan Media Video pembelajaran tidak begitu Efektif Terhadap Hasil belajar Siswa, dan 3) Penggunaan Model Number Head Together (NHT) dan Media Video Pembelajaran Efektif terhadap hasil belajar siswa. Hasil Penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi turunan fungsi aljabar.

In general, students had difficulty in solving problems regarding the derivative material of algebraic functions because they did not understand clear and correct concepts, and made them not optimal in learning and had an impact on student learning outcomes.  This study aims to determine the effectiveness of the use of the Number Head Together (NHT) model and the use of Learning Videos on student learning outcomes in the Algebraic Function Derivative material in class XI of SMA Negeri 5 Tual. This type of research is an experimental study with a 2x2 level factorial design with three variables, namely the NHT learning model, learning videos, and student learning outcomes. The population in this study were all students of class XI IPA SMA Negeri 5 Tual totaling 64 students and 64 students were the sample in this study. The instrument used in this research is in the form of test questions consisting of 3 questions, each of which contains several questions. Data analysis used two-way ANOVA technique, and first descriptive statistical analysis and analysis prerequisite tests were performed. The results showed that: 1) The use of the Number Head Together (NHT) model was effective on student learning outcomes, 2) the use of instructional video media was not very effective on student learning outcomes, and 3) the use of the number head together (NHT) model and learning video media Effective on student learning outcomes. The results showed that there was an increase in student learning outcomes and activity in the derivative material of algebraic functions.

Keywords


Learning outcomes; Learning Video Media;Number Head Together Learning Model; Derivative Algebra Function.

References


AG, B., & Utami, T. P. (2017). Ketuntasan Belajar Turunan Fungsi Aljabar melalui Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Serambi Akademica, 5(2), 67–73.

Apriliyanto, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 117. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.300

Batubara H.H., & Ariani, D.N. (2016). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Mualimuna: Jurnal Masdrasah Ibtidaiyah. 2 (1), 47-66

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. Prosiding TEP & PDs, Tema: 1 No, 96–102.

Hamdanillah, N., Harjono, A., & Susilawati, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Menggunakan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 119–127. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.358

Hapsari, A. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p1-9

Krisna, F.P.P, & Marga, M.H.P. (2018) Pemanfaatan Video Untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Kontekstual Pada Topik Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia 400-405

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital (2nd ed.; R. Sikumbang, ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.

Laurens, T., & Laamena, C. M. (2020). Development of mathematical learning devices based on multimedia on circle materials of grade eighth of junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012088

Lumamuly, F., Laamena, C. M., & Tamalene, H. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajarkan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together dan Model Pembelajaran Konvensional. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(1), 10–15. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/asm/article/view/386

Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah 1(1), 331–340.

Ngilamele, M., Laamena, C. M., & Palinussa, A. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Teams Assited Individualization) Terhadap Hasil Belajar Materi Himpunan Pada Siswa SMP Maria Mediatrix Ambon. Journal of Honai Math, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i1.51

Noor, A. J., & Husna, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiviement Division (STAD). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v4i2.2578

Yunita D, Wijayanti A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal LP3M, Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa, Yogyakarta, 3 (2), 153-160

Tamu, S.D., Hulukati, E.& Djakaria, I., (2020). Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education. 1(1), 21-31.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.