PENGARUH MODEL INQUIRY BASED LEARNING SECARA DARING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL

Dien Maya Alvionita(1*), Wardani Rahayu(2), Lukman El Hakim(3),

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Numerasi merupakan kemampuan yang dibutuhkan siswa untuk dapat menyelesaikan AKM. Faktanya kemampuan numerasi siswa Indonesia masih sangat rendah merujuk survei PISA 2018, diperburuk penerapan pembelajaran daring selama masa pandemi. Penelitian dilakukan guna: (1) mengetahui pengaruh model IBL secara daring terhadap kemampuan numerasi, (2) menguji interaksi model IBL secara daring terhadap kemampuan numerasi ditinjau dari Locus of Control (LoC), (3) mendeskripsikan pengaruh LoC terhadap kemampuan numerasi. Penelitian menerapkan pendekatan kuantitatif metode quasi experiment, desain Posttest-Only Control dengan rancangan treatment by level 2x2 factorial terdiri atas model IBL secara daring dan konvensional serta LoC (internal dan eksternal). Populasi penelitian mencakup seluruh siswa SMA Se-Kecamatan Duren Sawit tahun ajaran 2020-2021, sampel penelitian berjumlah 124 siswa kelas XI SMAN 71 dan SMAN 91 Jakarta. Instrumen berupa enam soal tes kemampuan numerasi dan kuesioner LoC yang telah lulus validasi. Hipotesis penelitian dengan ANAVA dua jalur dilanjutkan Uji-t. Hasil penelitian diperoleh: (1) model IBL secara daring memberikan pengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa, (2) terdapat interaksi signifikan antara model IBL secara daring terhadap kemampuan numerasi ditinjau dari LoC, (3) Siswa dengan LoC internal memiliki kemampuan numerasi lebih baik dengan model IBL secara daring, siswa dengan LoC eksternal memiliki kemampuan numerasi yang sama terhadap kedua model pembelajaran.


Keywords


IBL; Kemampuan numerasi; Locus of Control

References


Abzani, & Leonard. (2017). Pengaruh Locus of Control Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 549–558.

Almaiah, M. A., Al-Khasawneh, A., & Althunibat, A. (2020). Exploring The Critical Challenges and Factors Influencing The E-Learning System Usage During COVID-19 Pandemic. Education and Information Technologies, 25(6), 5261–5280. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10219-y

Altoris, I. H., Yunus, M., & Nasiruddin, F. A.-Z. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Literasi Numerasi. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(4), 271–279.

Buyung, & Dwijanto. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematis melalui Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Scaffolding. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 112–119.

Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 Pandemic. Prospects, 49(1–2), 91–96. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3

Drago, A., Rheinheimer, D. C., & Detweiler, T. N. (2018). Effects of Locus of Control, Academic Self-Efficacy, and Tutoring on Academic Performance. Journal of College Student Retention: Research, Theory and Practice, 19(4), 433–451. https://doi.org/10.1177/1521025116645602

Ehrlich, H., McKenney, M., & Elkbuli, A. (2020). We Asked the Experts: Virtual Learning in Surgical Education During the COVID-19 Pandemic—Shaping the Future of Surgical Education and Training. World Journal of Surgery, 44(7), 2053–2055. https://doi.org/10.1007/s00268-020-05574-3

Fahmy, A. F. R., Sari, N. H. M., Yuniati, M., & Ramanda, E. (2021). Implementasi Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Geogebra Pada Mata Kuliah Analisis Vektor Ditinjau Dari Locus of Control Mahasiswa. Pedagogik; Jurnal Pendidikan, 12(2), 42–52.

Gal, I., & Tout, D. (2014). Comparison of PIAAC and PISA Frameworks for Numeracy and Mathematical Literacy. OECD Education Working Papers, 102(102), 58. https://doi.org/10.1787/5jz3wl63cs6f-en

Huang, L., Doorman, M., & van Joolingen, W. (2020). Inquiry-Based Learning Practices in Lower-Secondary Mathematics Education Reported by Students from China and the Netherlands. International Journal of Science and Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/s10763-020-10122-5

La Kalamu, L. Y., & Djafar, H. (2022). Pengaruh locus of control terhadap penalaran matematis siswa. 11(1), 493–496.

Mutasam, U., Ibrohim, I., & Susilo, H. (2021). Penerapan

Pembelajaran Sains Berbasis Inquiry Based Learning Terintegrasi Nature of Science Terhadap Literasi Sains. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1467. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.14131

Nafis, M. D., Maulana, R., & Nikmah, R. A. (2021). Melalui Evaluasi Pembelajaran Secara Daring Di Sd Negeri Alalak Utara 2. Icella, 343–348.

OECD. (2012). Literacy, Numeracy and Problem Solving in Technology-Rich Environments: Framework for the OECD Survey of Adult Skills. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264128859-en

OECD. (2019). PISA 2018 Mathematics Framework. In PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/13c8a22c-en

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., Manoli, C. C., Zacharia, Z. C., & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review, 14, 47–61. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.003

Purwanti, K. L. (2016). Matematika Mahasiswa Calon Guru MI. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 466–480.

Saefullah, A., Samanhudi, U., Nulhakim, L., Berlian, L., Rakhmawan, A., Rohimah, B., & El Islami, R. A. Z. (2017). Efforts to Improve Scientific Literacy of Students through Guided Inquiry Learning Based on Local Wisdom of Baduy’s Society. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 3(2), 84. https://doi.org/10.30870/jppi.v3i2.2482

Saputra, V. A., & Sutiningsin. (2013). Pengaruh Internal Locus of Control Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 1(2).

Tahrir, Nurdin, F. S., & Damayanti, I. R. (2020). The Role of Critical Thinking as a Mediator Variable in the Effect of Internal Locus of Control on Moral Disengagement. International Journal of Instruction, 13(1), 17–34. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1312a

Tout, D., Coben, D., Geiger, V., Ginsburg, L., & Hoogland, K. (2017). Review of the PIAAC Numeracy Assessment Framework: Final Report. Australian Council for Educational Research.

White, H., & Sabarwal, S. (2014). Quasi-Experimental Design and Methods. In Methodological Briefs: Impact Evaluation 8. UNICEF Office of Research.

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090

Yanuar Anggraeni, A., Wardani, S., & Hidayah, A. N. (2020). Profil peningkatan kemampuan literasi kimia siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2512–2523. https://journal.unnes.ac.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.