LEVEL BERPIKIR GEOMETRIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE

Arief Budi Wicaksono(1*), Dwi Juniati(2),

(1) Universitas Tidar
(2) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi level berpikir geometris mahasiswa calon guru matematika berdasarkan teori van Hiele. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2021/2022 di Universitas Tidar. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika sebanyak 112 mahasiswa, yang terdiri dari 39 mahasiswa semester II, 37 mahasiswa semester IV, dan 36 mahasiswa semester VI. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen tes yang digunakan berupa Van Hiele Geometry Test (VHGT) yang dikembangkan oleh Usiskin (1982) pada CDASSG Project yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. VHGT berupa tes pilihan ganda berisi 25 butir soal yang disusun ke dalam 5 subtes. Masing-masing subtes mewakili satu level berpikir geometris van Hiele. Setiap subtes terdiri dari 5 butir soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru matematika mencapai semua level van Hiele. Terdapat 6,25% mahasiswa pada level 1 (visualization), 50,00% mahasiswa berada pada level 2 (analysis), 11,61% mahasiswa berada pada level 3 (ordering), 1,79% mahasiswa berada pada level 4 (deduction), dan 0,89% mahasiswa berada pada level 5 (rigor). Selain itu, ditemukan bahwa sebanyak 29,46% mahasiswa pada kategori “no fit”.

Keywords


berpikir geometris; calon guru matematika; teori van Hiele

References


Amalliyah, N., Dewi, N. R., & Dwijanto. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMA berdasarkan teori van Hiele ditinjau dari perbedaan gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 352-361. doi:http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4550

Ayuningrum, D. (2017). Strategi pemecahan masalah matematika siswa SMP ditinjau dari tingkat berpikir geometri van Hiele. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 27-34. doi:https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.6851

Budiarto, M. T., & Artiono, R. (2019). Geometri dan permasalahan dalam pembelajarannya (suatu penelitian meta analisis). Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 1(1), 9-18. doi:https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss1year2019page9-18

Burger, W. F., & Shaughnessy, J. M. (1986). Characterizing the van Hiele levels of development in geometry. Journal for Research in Mathematics Education, 17(1), 31-48. doi:https://doi.org/10.2307/749317

Fajriah, N. (2018). Rancangan masalah matematika untuk mengidentifikasi berpikir geometris siswa. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 39-50. doi:https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no1.2018pp39-50

Fitriyani, H., Widodo, S. A., & Hendroanto, A. (2018). Students’ geometric thinking based on van Hiele’s theory. Infinity Journal, 7(1), 55-60. doi:https://doi.org/10.22460/infinity.v7i1.p55-60

Halat, E. (2008). In-service middle and high school mathematics teachers: geometric reasoning stages and gender. The Mathematics Educator, 18(1), 8-14. Retrieved from https://openjournals.libs.uga.edu/tme/article/view/1918/1823

Hoffer, A. (1981). Geometry is more than proof. The Mathematics Teacher, 74(1), 11-18. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/27962295

Jabar, A., & Noor, F. (2015). Identifikasi tingkat berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 19-28. doi:https://dx.doi.org/10.18592/jpm.v2i2.1172

Lestariyani, S., Ratu, N., & Yunianta, T. N. H. (2014). Identifikasi tahap berpikir geometri siswa SMP Negeri 2 Ambarawa berdasarkan teori van Hiele. Satya Widya, 30(2), 96-103. doi:https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i2.p96-103

Ma, H. -L., Lee, D. -C., Lin, S. -H., & Wu, D. -B. (2015). A study of van Hiele of geometric thinking among 1st through 6th graders. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 1181-1196. doi:https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1412a

Mayberry, J. (1983). The van Hiele levels of geometric thought in undergraduate preservice teachers. Journal for Research in Mathematics Education, 14(1), 58-69. doi:https://doi.org/10.2307/748797

Md. Yunus, A. S., Mohd Ayub, A. F., & Hock, T. T. (2019). Geometric thinking of malaysian elementary school students. International Journal of Instruction, 12(1), 1095-1112. doi:https://doi.org/10.29333/iji.2019.12170a

Muhassanah, N., & Mulyatna, F. (2020). Analisis tingkat berpikir geometris menurut van Hiele pada mata kuliah geometri analitik ditinjau dari gaya kognitif. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 233-244. doi:http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6367

Nurani, I. F., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2016). Level berpikir geometri van Hiele berdasarkan gender pada siswa kelas VII SMP Islam Hasanuddin Dau Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 978-983. doi:http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i5.6335

Rafianti, I. (2016). Identifikasi tahap berpikir geometri calon guru sekolah dasar ditinjau dari tahap berpikir van Hiele. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 159-164. doi:http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i2.993

Rahmatia, F., Wibowo, T., & Jannah, M. H. (2019). Analisis berpikir geometris siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 51-56. doi:http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v8i1.3232

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298. doi:https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317

Stipek, D. (1998). Motivation to learn: from theory to practice. Needham Heights, MA: Allyn & Bacon.

Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori van Hiele ditinjau dari keterampilan geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106-116. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17044

Usiskin, Z. (1982). Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry. Chicago: The University of Chicago. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED220288.pdf

Usiskin, Z., & Senk, S. (1990). Evaluating a test of van Hiele levels: a response to Crowley and Wilson. Journal for Research in Mathematics Education, 21(3), 242-245. doi:http://dx.doi.org/10.5951/jresematheduc.21.3.0242

Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J. M. (2020). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally (10th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.