PENGEMBANGAN MEDIA SERIAL ANIMASI MATEMATIKA BERBANTUAN INSTAGRAM BERKAITAN DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Andre Maulana(1*), Sri Hastuti Noer(2), Een Yayah Haenilah(3),

(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran serial animasi matematika berbantuan instagram untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X . Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis data kevalidan, dan kepraktisan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan tes.Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis data pendahuluan, analisis data kevalidan oleh validator ahli dan analisis data kepraktisan oleh guru dan siswa. Dari hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran serial animasi matematika berbantuan instagram untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis memenuhi kriteria valid dan praktis berdasarkan penilaian validator, guru serta peserta didik.


Keywords


Animasi Matematika, Instagram, Kemampuan Pemecahan Masalah

References


Agustyarini, Y., & Jailani. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Kontekstual dan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan EQ dan SQ Siswa SMP Akselerasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 135–147.

Akbar, R. R. A., & Komarudin. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Desimal : Jurnal Matematika, 1(2), 20–2155.

Aldoobie, N. (2015). Addie Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72.

Asyhari, Ardian, & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah : Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13.

Cahyani, S. D., Khoiri, N., & Setianingsih, E. S. (2019). Pengaruh Media pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2), 91–98.

Handayani, T. S., & Suharyanto. (2016). Pengembangan Mobile learning Berbasis Android Sebagai media pembelajaran pada materi fluida statis untuk meningkatkan minat dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(6), 385.

Hatika, R. G. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Fisika dengan Menerapkan Media pembelajaran Advance Organizer Berbantu Animasi Komputer. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 13–77.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mawardi. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69–82.

Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh Media pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44–50.

Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi Media pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Software Cabri 3d di Tinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 143–153.

Sari, F. K., Farida, & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–151.

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal : Jurnal Matematika, 1(2), 165–172.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.