PENGEMBANGAN APLIKASI LATIHAN SOAL UNTUK MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH

Akbar Nasrum(1*), Made Subawo(2),

(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah menciptakan sebuah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan oleh siswa-siswi SMP untuk latihan soal atau melakukan simulasi sebagai persiapan Ujian Akhir. Aplikasi latihan sengaja dibuat berbasis web agar lebih fleksibel karena bisa dioperasikan menggunakan Laptop ataupun menggunakan Smartphone. Aplikasi ini secara umum diperuntukkan bagi siswa SMP namun dikhususkan untuk siswa-siswi SMP Negeri 1 Tinondo karena peserta uji coba aplikasi diambil dari sekolah tersebut.  Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat aplikasi adalah Ispring Suiteversi 9. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar validasi materi, lembar validasi media dan prototipe yang dibuat. Model yang digunakan dalam pengembangan soal merupakan modifikasi dari beberapa model pengembangan seperti 4D, Plomp dan ADDIE. Dilaksanakan dalam delapan tahapan yaitu: analisis kebutuhan, tahap desain, realisasi, verifikasi, produksi prototipe, analisis butir soal, revisi dan finalisasi. Dari hasil pengembangan yang dilakukan diperoleh sebuah aplikasi bank soal yang dinyatakan layak digunakan sebagai instrumen latihan persiapan menghadapi ujian matematika tahap akhir tingkat SMP. Instrumen ini memudahkan siswa dalam belajar melalui latihan soal karena dapat diakses melali smartphone. Instrumen ini juga merupakan sarana pembiasaan dalam menjawab soal berbasis web.

 

This research aims to create a web-based application that can be used by junior high school students to practice questions or perform simulations in preparation for the Final Exam. The training application is deliberately made web-based to be more flexible because it can be operated using a laptop or using a smartphone. This application is generally intended for junior high school students but is specifically for students of SMP Negeri 1 Tinondo because the participants in the application trial are taken from the school. The software used to create the application is Ispring Suite version 9. The instruments used to collect data are material validation sheets, media validation sheets, and prototypes made. The model used in the problem development is a modification of several development models such as 4D, Plomp, and ADDIE. It is carried out in eight stages, namely: needs analysis, design stage, realization, verification, prototype production, item analysis, revision, and finalization. The results of the development carried out obtained a question bank application that was declared suitable to be used as a preparatory exercise instrument for the final stage of the junior high school mathematics exam. This instrument makes it easier for students to learn through practice questions because it could be accessed via smartphones. This instrument is also a means of habituation in answering web-based questions.


Keywords


Alat evaluasi, Evaluasi online, Ispring Suite

References


Azis, T. N., & Shalihah, N. M. (2020). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 54. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.3028

Cahyanti, A. D., Farida, F., & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Berupa Tes Online/Offline Matematika dengan Ispring Suite 8. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 363–371. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4362

Dafitri, H. (2017). Pemanfaatan Wondershare Quiz Creator Dalam Tes Berbasis Komputer. QUERY : Jurnal Sistem Informasi, 01(01), 8–18.

Elviana. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program Anates. MUDARRISUNA, 10(2), 58–74.

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64.

Iqbal, W. M. G., Fadhilah, R., & Hardiati, D. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Wondershare Quiz Creator Pada Materi Koloid Kelas XI di SMA Koperasi Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 11–15.

Kusumaningrum, Y., Handayani, T., & Wakhidah, N. (2019). Pengembangan Aplikasi Mobile Untuk Try Out Ujian Nasional Matematika Pada Siswa Smk Kelas Xii. Jurnal Pengembangan Rekayasa Dan Teknologi, 15(1), 33. https://doi.org/10.26623/jprt.v15i1.1487

Muhammad, A., Mappeasse, Muh. Y., & Arfandi, A. (2018). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Berbasis E-Xam Caraka Di SMK Negeri 1 Bantaeng. Jurnal Pendidikan, 1(2), 26–29.

Nasrum, A. (2020). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pemahaman Konsep Kalkulus Berbasis Komputer. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 78. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i1.540

Pratiwi, V. (2016). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Wondershare Quiz Creator Pada Materi Penyusutan Aset Tetap. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(1), 1–7.

Rovita, C. A., Zawawi, I., & Huda, S. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Two Tier Multiple Choice Menggunakan Ispring Suite 9 Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Salah satu bagian terpenting dalam suatu pembelajaran ada. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1, 150–164.

Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019, 284–291.

Subawo, M., & Nasrum, A. (2021). Pengembangan Instrumen Uji Kompetensi untuk Calon Guru Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1757. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3951

Supriatini, Refson, & Mustofa. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa kelas VII. Bindo Sastra, 4(1), 48–62.

Utin, E., Duda, H. J., & Julung, H. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Komputer Berbasis Wondershare Quiz Creator. Journal Education and Technology, 1, 1–10.

Widyoko, E. P. (2012). Teknik Penyususnan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.