KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS
(1) Universitas Sriwijaya
(2) Universitas Sriwijaya
(3) Universitas Sriwijaya
(4) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan suatu nilai orisinalitas dan keunikan cara penyampaian siswa atau penyelesaian dalam memecahkan suatu permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK pada materi trigonometri dalam pembelajaran berbasis HOTS dengan indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (originality). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 4 di SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2021-2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes berupa 3 butir soal HOTS uraian materi trigonometri untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dan wawancara. Berdasarkan hasil dari observasi, kemampuan berpikir kreatif matematis dapat terlihat pada sebagian besar siswa dan pada LKPD di pelaksanaan pembelajaran tampak siswa cukup tertarik pada materi trigonometri dengan pembelajaran berbasis HOTS. Berdasarkan hasil tes, kelas XI TKJ 4 pada indikator kelancaran yaitu rata-rata skor 2,74 atau 68,52% termasuk dalam kategori tinggi. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada indikator keluwesan (flexibility) dengan rata-rata skor 2,33 atau 58,33% termasuk dalam kategori sedang. Lalu kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada indikator berpikir kebaruan (originality) dengan rata-rata skor 1,59 atau 39,81% termasuk dalam kategori rendah.
Mathematical creative thinking ability is a value of originality and uniqueness in the way students deliver or solve a mathematical problem. This study aims to describe the mathematical creative thinking skills of SMK students on trigonometry in HOTS-based learning with indicators of creative thinking abilities, namely fluency, flexibility, and originality. The subjects in this study were students of class XI TKJ 4 at SMKN 2 Palembang in the academic year 2021-2022. The data collection technique in this study used observation, a test in the form of 2 HOTS questions, a description of trigonometry material to measure students' mathematical creative thinking skills, and interviews. Based on the results of observations, the ability to think creatively mathematically can be seen in most students and in the LKPD in the implementation of learning, it appears that students are quite interested in trigonometry material with HOTS-based learning. Based on the test results, class XI TKJ 4 on the indicator of fluency, which is an average score of 2.74 or 68.52%, is included in the high category. Then the flexibility indicator with an average score of 2.33 or 58.33% is in the medium category. Meanwhile, the novelty indicator with an average score of 1.59 or 39,81% is in the low category.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239-248.
Arilaksmi, N. P. G., Susiswo, S., & Sulandra, I. M. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 1-12.
Aviory, K., & Susetyawati, M. E. (2021). Kualitas Soal HOTS (High Order Thinking Skill) Pada Siswa Smp Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 639-647.
Chairunnissa, A., Anriani, N., & Santosa, C. A. H. F. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 15(2), 275-291.
Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Fardah, D. K. (2012). Analisis proses dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam matematika melalui tugas open-ended. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 91-99.
Gradini, E., Khairunnisak, C., & Noviani, J. (2022). Development Of Higher-Order Thinking Skill (HOTS) Test On Mathematics In Secondary School. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1).
Jingga, A. A., Mardiyana, & Setiawan, R. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal identitas trigonometri pada siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Kartasura. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 1(5), 48–62.
Maryani, N., Marlina, N., & Amelia, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Open Ended Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia, 3(1), 21– 27.
OECD. (2019). Indonesia-Country Note-PISA 2018 Results. OECD Publishing 1. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_C N_IDN.pdf
Rachman, A. F., & Amelia, R. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA di kabupaten bandung barat dalam menyelesaikan soal pada materi trigonometri. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).
Rachman, A. F., & Purwasih, Ratni. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMA Negeri di Kota Cimahi dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Trigonometri. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 4(2).
Rahmawati, D., Murtiyasa, B., & Kom, M. (2016). Pengembangan Soal-Soal Berdasarkan Taksonomi Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) Pada Bidang Aljabar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164-177.
Sani, Ridwan Abdullah. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tsmart Printing.
Sari, N., Roesdiana, L., & Ruli, R. M. (2019). Analisis Kemampuan Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Konten Geometri. Prosiding Sesiomadika: 3(1).
Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Kelas Xi Pada Materi Trigonometri Di Tinjau Dari Self Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 383-394.
Zulaikha, N. F., Maharani, H. R., & Basir, M. A. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Trigonometri. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 157-174.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5379
Refbacks
- There are currently no refbacks.