EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA POLA LANTAI PADA FORMASI TARIAN TEA EKU DAERAH NAGEKEO
(1) Universitas Flores
(2) Universitas Flores
(3) Universitas Flores
(4) Universitas Flores
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika pada pola lantai pada formasi tarian tea eku. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrument yang digunakan adalah wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dieroleh melalui wawancara dan observasi dianalisis dengan menggunakan metode analisis yang dipaparkan oleh Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data (data display), penarikan kesimpulan atau verivikasi. Berdasarkan kajian terhadap tarian tea eku diperoleh beberapa formasi yaitu jarak, garis, segitiga samakaki, lingkaran, persegi panjang, layang-layang. Formasi-formasi tersebut dapat terbentuk dari banyak jumlahnya penari. Dalam formasi tersebut ada pola lantai yang membentuk bangun geometri dan bangun datar seperti titik, garis lurus, sudut, jajar genjang, dan segitiga sama sisi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bramasti, R. (2012). Kamus Matematika. Surakarta. Aksarra Sinergi Media.
Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133–150.
Dibia, dkk. 2006. Tari Komunal. Buku Pelajaran Kesenian Nusantara. Jakarta: Lembaga Pendidikan Seni Nusantara
Haryanto, et. A. (2017). Ethnomathematics arfak (West Papua-Indonesia: Numeracy of Arfak). International Journal of Scientific & Technology Research, 6(9), 325–327.
Mangkin, D. I., Agustina, W., Huriaty, D., & Author, C. (2021). Etnomatematika Pada Tari Dadas Bawo Suku Dayak MA ’ ANYAN. Prosiding: Seminar Nasional MIPATI,1(1), 33–40.Banjarmasin, 29 Desember 2021
Maryati, M., & Pratiwi, W. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi Dalam Tarian Tradisional Pada Pembukaan Asian Games 2018. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 23. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.23-28
Mei, M.F.,Seto, S.B., &, & Wondo, M. T. S. (2020). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Kelereng Pada Anak Masyarakat Kota Ende. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(1), 29–38.
Molleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Bandung. PT Remaja Rosdakarya. Edisi Revisi.
Mukarromah, N. A., & Darmawan, P. (2022). Etnomatematika Pada Pola Lantai Tari Gandrung Banyuwangi. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi. Banyuwangi 2(1).
Naja, F. Y., Mei, A., & Sa’o, S. (2021). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Pada Gerak Tari Tradisional Suku Lio. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1836. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3885
Palupi, R., Yulianna, D. A., & Winarsih, S. S. (2021). Analisa Perbandingan Rumus Haversine Dan Rumus Euclidean Berbasis Sistem Informasi Geografis Menggunakan Metode Independent Sample t-Test. JITU : Journal Informatic Technology And Communication, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.36596/jitu.v5i1.494
Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Mathedunesa, 1(1), https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v1n1.p%25p
Shaadily, H. (n.d.). Ensiklopedia Indonesia Jilid 3. Jakarta: Ichtiar Baru Dan Hoeve.
. Ethnomathematics as an Epistemological Booster for investiganting Culture and Pedagogical Experience with the Young Offender or Prison School Communities. Journal of Education and Human Development, 6(2), 117–127.
Wahyudi, W. & Putra, A. (2022). Systematics Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Masyarakat. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(1).,173-185
Wondo, M. T. S., Mei, M.F., & Naja, F. Y. (2020). Exploration of geometry Symbol in Traditional Houses of the Lio District of Ende for Geometry Learning. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(1), 32–44. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i1.71
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5359
Refbacks
- There are currently no refbacks.