PENGEMBANGAN AUDIBLE BOOKS BERBASIS ETNOMATEMATIKA SEBAGAI MEDIA LITERASI UNTUK SISWA DI SEKOLAH DASAR

Cici Oktaviani(1), Jesi Alexander Alim(2*), Zariul Antosa(3), Neni Hermita(4),

(1) 
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(4) Universitas Riau
(*) Corresponding Author


Abstract


Rendahnya kemampuan matematika siswa dapat disebabkan oleh berbagai aspek, salah satunya kuranya inovasi dalam buku pembelajaran siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) yang bertujuan untuk mengembangkan buku digital matematika Audible Books yang berbasis etnomatematika untuk siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu, fase penelitian awal fase pengembangan, dan fase penilaian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Validasi Audible Books dilakukan oleh 4 orang validator, hasil validasi media diperoleh nilai validitas sebesar 0,90 dengan kategori “Sangat Valid”. Uji praktikalitas diberikan kepada siswa dan guru, hasil dari uji praktikalitas siswa diperoleh persentase sebesar 83,54% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji praktikalitas guru diperoleh persentase sebesar 88,75% dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil validasi dan praktikalitas yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media Audible Books yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.

Kata Kunci: Audible Books, Buku Digital Matematia, Model Plomp


Keywords


Audible Books, Buku Digital Matematia, Model Plomp

References


Alim, J. A. (2018). Development Of Interactive Computer Based Media For Learning Mathematics On Greatest Common Divisor ( Gcd ) And Least Common Multiple ( Lcm ) Topics. (Lcm), 978–979.

Alim, J. A., Fauzan, A., Arwana, I. M., & Musdi, E. (2020). Model Of Geometry Realistic Learning Development With Interactive Multimedia Assistance In Elementary School. Journal Of Physics: Conference Series, 1471(1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1471/1/012053

Alim, J. A., Fauzan, A., Made Arnawa, I., Sari, I. K., & Hermita, N. (2020). Development Of Learning Flow On Two-Dimentional Figure Based Realistic Mathematics Education. Universal Journal Of Educational Research, 8(8), 3579–3584. Https://Doi.Org/10.13189/Ujer.2020.080834

Alim, J. A., Hermita, N., Wijaya, T. T., Putra, Z. H., Talib, C. A., & Fauza, N. (2022). Analysis On Geometry Mathematics Textbooks For Grade 5 Of Elementary Schools In Malaysia, China, And Indonesia. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(1), 125–137. Https://Doi.Org/10.23960/Jpp.V12.I1.202210

Anwas, O. M., Teknologi, P., Pendidikan, K., & Kemdikbud, P. (2014). Audiobook : Media Pembelajaran Masyarakat Modern Audiobook : Instructional Media Of Modern Society. 18(April), 54–62.

Cai, J., & Ni, Y. (2011). Investigating Curricular Effect On The Teaching And Learning Of Mathematics In A Cultural Context: Theoretical And Methodological Considerations. International Journal Of Educational Research, 50(2), 65–70.

Chiu, P.-S., Chao, I.-C., Kao, C.-C., Pu, Y.-H., & Huang, Y.-M. (2016). Implementation And Evaluation Of Mobile E-Books In A Cloud Bookcase Using The Information System Success Model. Library Hi Tech.

Dharma, I. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. 2(1), 53–63.

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.493

Hermita, N., Ningsih, H. S., Alim, J. A., Alpusari, M., Putra, Z. H., & Wijaya, T. T. (2020). Developing Science Comics For Elementary School Students On Animal Diversity. Solid State Technology, 63(1s).

Huang, Y., & Liang, T. (2015). A Technique For Tracking The Reading Rate To Identify The E‐Book Reading Behaviors And Comprehension Outcomes Of Elementary School Students. British Journal Of Educational Technology, 46(4), 864–876.

Indariani, A., Ayni, N., Pramuditya, S. A., & Noto, M. S. (2019). Teknologi Buku Digital Matematika Dan Penerapan Potensialnya Dalam Distance Learning. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 1. Https://Doi.Org/10.33603/Jnpm.V3i1.1870

Indriastuti, F. (2015). Cerita Rakyat Dalam Format Buku Audio Digital Untuk. 183–194.

Mamonto, Fandi., Umar, M. K., Pramata, D. D. (2021). Pengambangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achiement Divisions (STAD) Siswa Berkebutuhan Khusus. Jambura Physics Journal, 3(1).

Mardita, M., Alim, J. A., Hermita, N., & Wijaya, T. T. (2022). Pengembangan Lkpd Stem Berbasis Mikir Materi Periskop. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1).

Marwati, T., Pranata, O. H., & Suryana, Y. (2020). Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pengembangan Buku Cerita Bergambar Konsep Keliling Dan Luas Daerah Persegi Panjang Untuk Siswa Kelas Iv Sd. 7(2), 42–53.

Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. 4(2).

Mcgeehan, C., Chambers, S., & Nowakowski, J. (2018). Just Because It’s Digital, Doesn’t Mean It’s Good: Evaluating Digital Picture Books. Journal Of Digital Learning In Teacher Education, 34(2), 58–70.

Napitupulu, R. C., Alim, J. A., Hermita, N., & Ibrahim, B. (2021). Development Of An Rme-Based Hypothetical Learning Trajectory Of Least Common Multiple For Elementary School Students. 4(2).

Putra, Z. H., Hermita, N., Alim, J. A., Keguruan, F., & Riau, U. (2021). Analisis Pengetahuan Matematika , Didaktika , Dan Teknologi Calon Guru Sekolah Dasar Menggunakan Rasch Model Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 10(September), 345–356.

Putra, Z. H., Witri, G., Riau, U., Riau, U., & Riau, U. (2020). Jurnal Mutiara Pendidikan Matematika Dan Budaya Melayu Dalam Buku Bergambar Matematika Berjudul “ Gelang Comel Buatan Kite ” Jurnal Mutiara Pendidikan. 5(1).

Robinson Situmorang, C. K. (2013). Pengembangan Digital Library Sebagai Sumber Belajar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 27(1), 60. Https://Doi.Org/10.21009/Pip.271.8

Rubery, M. (2011). Audiobooks, Literature, And Sound Studies (Vol. 31). Routledge.

Schleicher, A. (2018). Insights And Interpretations.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Teguh, M. (2013). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. 18–26.

Wijaya, T. T., Li, L., Hermita, N., Putra, Z. H., & Alim, J. A. (2021). Helping Junior High School Student To Learn Fibonacci Sequence With Video-Based Learning. International Journal Of Interactive Mobile Technologies, 15(11).

Zaibi, H., Rollies, B. (2019). Tantangan Guru di Era Kekinian. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Universitas Pgri Palembang 03mei 2019. 348–356.

Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846–1851. Retrieved From Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1187




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.