PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA INTERAKTIF UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN DARING
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk pembelajaran berupa lembar kerja interaktif yang disajikan dengan langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah untuk mendukung kemampuan berpikir tingkat tinggi yang valid dan praktis pada proses pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima langkah pengembangan, yaitu analyze, design, development, implementation and evaluation. Subyek penelitian adalah 6 siswa dalam uji coba lapangan awal dan 24 siswa dalam uji coba dari kelas VIII SMP Negeri 1 Kragilan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa lembar kerja interaktif pada pembelajaran daring untuk mendukung kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat digunakan dalam aktivitas pembelajaran karena memenuhi persyaratan validitas dan kepraktisan produk. Validitas lembar kerja siswa yang dikembangkan memperoleh persentase validitas ahli pendidikan sebesar 86,67% dengan kategori yang sangat valid dan persentase validitas ahli media sebesar 85,00% dengan kategori yang cukup valid. Kepraktisan siswa yang mengalami perkembangan sebesar 80,83% dengan kategori yang sangat praktis pada tahap uji coba lapangan dan persentase yang diperoleh pada tahap uji coba lapangan adalah 83,23% dengan kategori yang sangat praktis. Pengembangan lembar kerja ini dapat dijadikan rujukan bagi guru dalam membuat lembar kerja peserta didik yang dapat melatih peserta didik melakukan kegiatan berpikir tingkat tinggi, serta sebagai alternatif dan variasi pembelajaran matematika yang sesuai dengan perkembangan teknologi masa kini.
This study aims to develop and produce educational products in the form of interactive student worksheets which are presented with problem based learning steps for valid and practical high-level thinking skills of students to support the online learning process. This research is a development research that refers to ADDIE model which consists of five steps of development, analyze, design, development, implementation and evaluation.. The research subjects were 6 students in the initial field trial and 24 students in the trial from class VIII of SMP Negeri 1 Kragilan. Based on the results of the study, it was found that student worksheets with problem based learning for higher order thinking skills can be used in learning activities because they meet the requirements of product validity and practicality. The validity of the developed electronic worksheets obtained a percentage of educational expert validity of 86.67% with a very valid category and a me-dia expert validity percentage of 85.00% with a fairly valid category. The practicality of students who de-veloped by 80.83% with a very practical category at the field trial stage and the percentage obtained at the field trial stage was 83.23% with a very practical category. The development of this LKPD can be used as a reference for teachers in creating learner worksheets that can train learners carrying out higher-order thinking activities, as well as as alternatives and variations mathematics learning in accordance with the technological developments of the times now.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andriyani, N., Hanafi, Y., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Va SD Negeri Nogopuro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 122–130.
As’ari, H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 19–26.
Ayuni, Q., Noer, S. H., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 694–704. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2747
Belawati. (2017). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Terbuka.
Dyah, S., Damayanti, N., Ngazizah, E., & Setyadi, K. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi, 3(1), 58–62.
Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas XII IPA SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek, 5(2), 1–18.
Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107–2118. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908
Jailani, Sugiman, Retnawati, Bukhori, Apino, Djidu, & Arifin. (2019). Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skills. UNY Press.
Larasati Zahro, U., Serevina, V., & Made Astra, I. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(1), 63–68.
Listi, R. S., & Kurniawati, E. M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Interaktif pada Pembelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ad’dawah. Jurnal Perseda, V(1), 1–8.
Mahendra Dinatha, N., & Arimbawa, P. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa P4 Interaktif Mata Pelajaran Ipa Terpadu Untuk Siswa SMP Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Ngada Flores. Journal of Education Technology, 2(4), 186–191.
McGriff, S. . (2000). Instructional Systems (P. S. University (ed.)). College of Education.
Megawati, M., Wardani, A. K., & Hartatiana, H. (2019). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 15–24. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6815.15-24
Miri, B., David, B. C., & Uri, Z. (2007). Purposely teaching for the promotion of higher-order thinking skills: A case of critical thinking. Research in Science Education, 37(4), 353–369. https://doi.org/10.1007/s11165-006-9029-2
Pulungan, M., Usman, N., Amilia, V. S., & Harini, B. (2020). LKPD Pada Pembelajaran Tematik K13. Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 7(1), 29–36.
Purwaningrum, W., Leksono, P., Pgri, U., Surabaya, A., Dukuh, J., Xii, M., Menanggal, D., Gayungan, K., Sby, K., & Timur, J. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Digital Sebagai Inovasi Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika (JIPI), 07(1), 129–137.
Ratnawati, T. M. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Daring Instalasi Motor Listrik Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 839–848. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.166
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Tanujaya, B. (2015). Instrument Development Of Higher Order Thinking Skill In Mathematics Instructional On Senior High School. JISAE: JOURNAL OF INDONESIAN STUDENT ASSESMENT AND EVALUATION, 1(1), 65. https://doi.org/10.21009/jisae.011.05
Tegel, M., Janpel, N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Wahidah, N., & Hasanuddin, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru. Journal for Research in Mathematics Learning) P, 1(1), 79–90.
Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia UMY, 1–7.
Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. EduMa, 3(2), 95–118.
Yamin, M. (2012). Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Referensi.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5334
Refbacks
- There are currently no refbacks.