QUALITATIVE THINKING LEVEL FOR GEOMETRY LEARNING BASED ON RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) APPROACH
(1) Universitas Sriwijaya
(2) Universitas Sriwijaya
(3) Universitas Sriwijaya
(4) Universitas Sriwijaya
(5) Universitas Maritim Raja Ali Haji
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian design research tipe validation study yang bertujuan untuk mengembangkan learning trajectory pada pembelajaran geometri topik geometri tiga dimensi untuk menunjang kemampuan berpikir kualitatif siswa dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Hypothetical Learning Trajectory (HLT) akan disempurnakan sepanjang pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Kegiatan dibuat dan dirancang dalam bentuk lembar kerja siswa (LKPD) untuk menunjang proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Palembang, sedangkan kelompok fokus penelitian ini adalah 6 siswa dengan kemampuan yang bervariasi yaitu tinggi, sedang, dan rendah yang dipilih berdasarkan hasil prestasi yang didokumentasikan oleh guru dalam semester sebelumnya serta rekomendasi guru mata pelajaran matematika. Ada tiga tahapan dalam melakukan penelitian ini, yaitu: (1) preparing the experiment; (2) design experiment dibagi menjadi preliminary experiment dan teaching experiment; (3) retrospective analysis. Data penelitian dikumpulkan dan akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar yang dibuat menggunakan tingkat berpikir kualitatif dengan indikator yang sering terlihat pada siswa kelas XII MIPA 7 SMA Negeri 1 Palembang adalah indikator visualisasi dan pelabelan. Lintasan belajar yang diperoleh dari penelitian ini didasarkan pada LKPD yang telah dilakukan oleh siswa dimana masalah berkontribusi untuk membangun micro teaching dalam pembelajaran dimensi ketiga. (10pt)
This research is a research design type validation study that aims to develop a learning trajectory on the study of geometry topics of three-dimensional geometry to support students' qualitative thinking skills with a Rigorous Mathematical Thinking (RMT) approach. Hypothetical Learning Trajectory (HLT) will be refined throughout the lesson carried out in the classroom. The activities were created and designed using student worksheets (LKPD) to support the learning process. The subjects of the study were students of SMA Negeri 1 Palembang class XII, meanwhile, the focus group of this study was 6 students with varied abilities, namely high, medium, and low who were selected based on the achievement result documented by the teacher in the previous semester as well as the recommendations of teachers of mathematics subjects. There are three stages in conducting this research, namely: (1) Preparation Phase; (2) Design experiments divided into pilot experiments and teaching experiments; (3) retrospective analysis. Research data is collected and will be analyzed qualitatively. The results showed that the learning trajectory made using qualitative thinking levels with indicators often seen in students of SMA Negeri 1 Palembang class XII MIPA 7 is an indicator of visualization and labeling. The learning trajectory obtained from this study is based on LKPD that has been done by students where the problem contributes to building micro-teaching in third-dimensional learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiarto, M. T., & Artiono, R. (2019). Geometri dan permasalahan dalam pembelajarannya. JUMADIKA. 1(1):9—18.
Fatmawanti, I. D., & Fitriyani, H. (2019). Efektivitas pendekatan rigorous mathematical thinking (RMT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Prosiding Sendika. (Vol. 5, No. 1, Hal. 468—472). Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 11(1): 25 –37.
Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical learning trajectory pada pembelajaran bilangan negatif berdasarkan teori situasi didaktis di sekolah menengah. Jurnal“Mosharafa”. 6(1): 13—24.
Gravemeijer, K., & Van Eerde, D. (2009). Design research as a means for building a knowledge base for teachers and teaching in mathematics education. Elementary School Journal, 109(5), 510–524.
Gravemeijer, K.P.E., & Cobb, P. (2006). Design research from a learning design perspektive. Dalam J. V. D Akker, K.P.E Gravemeijer, S. McKenney, N. Nieven (Eds.), Education design research (hal.17-51). London: Roultledge.
Handayani, D., Mirza, A., & Akbar, P. (2020). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas 12 pada materi dimensi tiga melalui pendekatan reciprocal teaching. Jurnal Cendekia. 4(2):900—913.
Hidayat, D., dkk. (2021). Design of learning activities using rigorous mathematical thinking (RMT) approach in application of derivatives. IJORER : International Journal of Recent Educational Research. 2(1): 111—120.
Kinard, J. T., & Kozulin, A. (2008). Rigorous mathematical thinking conceptual formation in the mathematics classroom. Newyork: Cambridge University Press.
Meilantifa, M., & Budiarto, M. T. (2018). The development of teaching material: Rigorous mathematical thinking in a geometry classroom. Journal of Physics: Conference Series. 1088(012062):1—5.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standars for school mathematics. Reston, VA: Author.
Nihayah, A. D., & Hakim, D. L. (2021). Analisis kemampuan berpikir abstrak siswa sma dalam meteri geometri. Maju. 8(1): 299—303.
Nuraini, L., & Ganda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Van Hiele terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 395-403.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir van hiele. Jurnal Mosharafa. 6(2): 287—298.
Soraya, W., Utami, C., & Nirawati, R. (2021). Analisis kemampuan spasial matematis siswa ditinjau dari teori bruner pada materi dimensi tiga kelas X mas yasti singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 6(1):19—23.
Suprihati, N. (2016). Keefektifan penerapan teori van hiele pada pembelajaran matematika kelas V sd negeri di gugus gatot subroto kecamatan pringaous kabupaten semarang. Skripsi. Semarang: FIP: Universitas Negeri Semarang.
Sumarni & Prayitno, A. T. (2016). Kemampuan visual-spatial thinking dalam geometri ruang mahasiswa universitas kuningan. JES-MAT. 2(2): 88—100.
Yunita, D. R., Maharani, A., & Sulaiman, H. (2018). Identifying of rigorous mathematical thinking on olympic students in solving non-routine problems on geometry topics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 253: 495—499.
Yulianita, Somakim, & Susanti, E. (2016). Desain pembelajaran sudut pada bangun ruang menggunakan pendekatan PMRI di kelas X. Numeracy. 3(1): 1—14
ndrean, N. J., Noer, S. H., & Asmiati. (2019). Pengembangan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif dan Kemandirian Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 270–278.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5332
Refbacks
- There are currently no refbacks.