KAJIAN ETNOMATEMATIKA KAIN TENUN LOMBOK BERDASARKAN POLA GEOMETRI WALLPAPER DAN POLA GEOMETRI FRIEZE
(1) Universitas Mataram
(2) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengenalan terhadap konsep geometri merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Pengenalan konsep geometri tidak hanya dapat dilakukan melalui cara-cara yang konvensional namun dapat dilakukan meggunakan benda-benda yang dekat dengan kehidupan, salah satunya adalah kebudayaan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan kebudayaan daerah yaitu kain tenun Lombok berdasarkan pola simetri geometri. Pola simetri geometriyang digunakan pada penelitian ini adalah pola wallpaper pada bagian dalam kain tenun dan pola frieze pada bagian tepi kain tenun. Kain tenun yang dikaji pada penelitian ini merupakan tenun yang sering digunakan dalam upacara adat suku Sasak, yaitu kain tenun dengan motif subhanale, rangrang, ketupat, serat penginang, keker, lumbung padi dan bulan berkurung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil kajian diperoleh bahwa motif kain tenun Lombok secara umum memiliki pola wallpaper tipe pmm yang terdapat pada motif subhanale, rangrang, ketupat dan bulan berkurung, sedangkan untuk pola frieze, secara umum kain tenun Lombok memiliki tipe p1 yang terdapat pada motif serat penginang, keker dan lumbung padi. Melalui kajian pola geometri ini, diharapkan pendidik mampu menggunakan kain tenun Lombok sebagai alat peraga yang membantu siswa dalam memahami pola wallpaper dan pola frieze serta penerapannya di dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arisetyawan, A., & Yuda, E. K. (2019). Ethnomathematics on Baduy tribe. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012118
Budiarto, M. T., Setianingsih, R., & Artiono, R. (2020). Ethnomatematics in Majapahit’s Culture: Geometry Concepts and Pedagogy Reviews in the Life of Mlaten Trowulan Villagers. Journal of Physics: Conference Series, 1569(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/4/042063
Cimen, O. A. (2014). Discussing ethnomathematics : Is mathematics culturally dependent ? Procedia - Social and Behavioral Sciences,
, 523–528. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.215
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Los Angeles: SAGE.
Fouze, A. Q., & Amit, M. (2018). Development of mathematical thinking through integration of ethnomathematic folklore game in math instruction. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 617–630. https://doi.org/10.12973/ejmste/80626
Haddad, G. (2012). Euclidean Symmetries in Mathematics. New Delhi: White Word Publications.
Hidayat, E., Ratnaningsih, N., Sunendar, A., & Siregar, J. S. (2020). Ethnomathematics: Disclosing mathematical concept in batak toba traditional house. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012053
Irawan, A., Lestari, M., Rahayu, W., & Wulan, R. (2019). Ethnomathematics batik design Bali island. Journal of Physics: Conference Series, 1338(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1338/1/012045
Ju, M. K., Moon, J. E., & Song, R. J. (2016). History of Mathematics in Korean Mathematics Textbooks: Implication for Using Ethnomathematics in Culturally Diverse School. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(7), 1321–1338. https://doi.org/10.1007/s10763-015-9647-0
Lestari, M., Irawan, A., Rahayu, W., & Parwati, N. W. (2018). Ethnomathematics elements in Batik Bali using backpropagation method. Journal of Physics: Conference Series, 1022(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1022/1/012012
Merdja, J., & Restianim, V. (2022). Kajian Etnomatetika pada Motif Tenun Ikat Ende Lio. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 727–733. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4897
Pratama, B. M. F., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2019). A study of ethnomatematics on Tulungagung marble craft. Journal of Physics: Conference Series, 1211(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012100
Radiusman, Novitasari, S., Nurmawanti, I., Fauzi, A., & Simanjuntak, M. (2021). Ethnomathematics: Mathematical values in Masjid Agung Demak. AIP Conference Proceedings, 2331(April). https://doi.org/10.1063/5.0041639
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. . (2017). Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture. Journal of Physics: Conference Series, 943. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012032
Saputra, E., Mirsa, R., Yanti, P. D., Wulandari, W., & Husna, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Arsitektur Rumoh Aceh. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 703. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4751
Suryawan, I. P. P., & Sariyasa. (2018). Integrating ethnomathematics into open-ended problem based teaching materials. Journal of Physics: Conference Series, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012033
Umbara, U., & Prabawanto, S. (2019). Ethnomatematics : how does cigugur traditional community use palintangan on farming. Journal of Physics: Conf. Series, 1265, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1265/1/012025
Zaenuri, Z., & Dwidayanti, N. (2018). Exploring ethnomathematics in Central Java. Journal of Physics: Conference Series, 938, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012108
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5329
Refbacks
- There are currently no refbacks.