KAJIAN ETNOMATEMATIKA KAIN TENUN LOMBOK BERDASARKAN POLA GEOMETRI WALLPAPER DAN POLA GEOMETRI FRIEZE

Radiusman Radiusman(1*), Dwi Juniati(2),

(1) Universitas Mataram
(2) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author


Abstract


Pengenalan terhadap konsep geometri merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika. Pengenalan konsep geometri tidak hanya dapat dilakukan melalui cara-cara yang konvensional namun dapat dilakukan meggunakan benda-benda yang dekat dengan kehidupan, salah satunya adalah kebudayaan. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan kebudayaan daerah yaitu kain tenun Lombok berdasarkan pola simetri geometri. Pola simetri  geometriyang digunakan pada penelitian ini adalah pola wallpaper pada bagian dalam kain tenun dan pola frieze pada bagian tepi kain tenun. Kain tenun yang dikaji pada penelitian ini merupakan tenun yang sering digunakan dalam upacara adat suku Sasak, yaitu kain tenun  dengan motif subhanale, rangrang,  ketupat, serat penginang, keker, lumbung padi dan bulan berkurung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil kajian diperoleh bahwa motif kain tenun Lombok  secara umum memiliki pola wallpaper tipe pmm yang terdapat pada motif subhanale, rangrang, ketupat dan bulan berkurung, sedangkan untuk pola frieze, secara umum kain tenun Lombok memiliki tipe p1 yang terdapat pada motif serat penginang, keker dan lumbung padi.  Melalui kajian pola geometri ini, diharapkan pendidik mampu menggunakan kain tenun Lombok sebagai alat peraga yang membantu siswa dalam memahami pola wallpaper dan pola frieze serta penerapannya di dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Geometri; kebudayaan; pola frieze; pola wallpaper; tenun Lombok.

References


Arisetyawan, A., & Yuda, E. K. (2019). Ethnomathematics on Baduy tribe. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012118

Budiarto, M. T., Setianingsih, R., & Artiono, R. (2020). Ethnomatematics in Majapahit’s Culture: Geometry Concepts and Pedagogy Reviews in the Life of Mlaten Trowulan Villagers. Journal of Physics: Conference Series, 1569(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/4/042063

Cimen, O. A. (2014). Discussing ethnomathematics : Is mathematics culturally dependent ? Procedia - Social and Behavioral Sciences,

, 523–528. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.215

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Los Angeles: SAGE.

Fouze, A. Q., & Amit, M. (2018). Development of mathematical thinking through integration of ethnomathematic folklore game in math instruction. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 617–630. https://doi.org/10.12973/ejmste/80626

Haddad, G. (2012). Euclidean Symmetries in Mathematics. New Delhi: White Word Publications.

Hidayat, E., Ratnaningsih, N., Sunendar, A., & Siregar, J. S. (2020). Ethnomathematics: Disclosing mathematical concept in batak toba traditional house. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012053

Irawan, A., Lestari, M., Rahayu, W., & Wulan, R. (2019). Ethnomathematics batik design Bali island. Journal of Physics: Conference Series, 1338(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1338/1/012045

Ju, M. K., Moon, J. E., & Song, R. J. (2016). History of Mathematics in Korean Mathematics Textbooks: Implication for Using Ethnomathematics in Culturally Diverse School. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(7), 1321–1338. https://doi.org/10.1007/s10763-015-9647-0

Lestari, M., Irawan, A., Rahayu, W., & Parwati, N. W. (2018). Ethnomathematics elements in Batik Bali using backpropagation method. Journal of Physics: Conference Series, 1022(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1022/1/012012

Merdja, J., & Restianim, V. (2022). Kajian Etnomatetika pada Motif Tenun Ikat Ende Lio. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 727–733. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4897

Pratama, B. M. F., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2019). A study of ethnomatematics on Tulungagung marble craft. Journal of Physics: Conference Series, 1211(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012100

Radiusman, Novitasari, S., Nurmawanti, I., Fauzi, A., & Simanjuntak, M. (2021). Ethnomathematics: Mathematical values in Masjid Agung Demak. AIP Conference Proceedings, 2331(April). https://doi.org/10.1063/5.0041639

Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. . (2017). Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture. Journal of Physics: Conference Series, 943. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012032

Saputra, E., Mirsa, R., Yanti, P. D., Wulandari, W., & Husna, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Arsitektur Rumoh Aceh. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 703. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4751

Suryawan, I. P. P., & Sariyasa. (2018). Integrating ethnomathematics into open-ended problem based teaching materials. Journal of Physics: Conference Series, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012033

Umbara, U., & Prabawanto, S. (2019). Ethnomatematics : how does cigugur traditional community use palintangan on farming. Journal of Physics: Conf. Series, 1265, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1265/1/012025

Zaenuri, Z., & Dwidayanti, N. (2018). Exploring ethnomathematics in Central Java. Journal of Physics: Conference Series, 938, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012108




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.