ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
’Aisyah, M. N., Sutrisno, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 143. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11127
Amalia, A., Fathurrohman, M., & Fatah, A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa. WILANGAN : Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3), 278–288. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan
Basir, M. A. (2015). Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 3(1), 106–114.
Fuldiaratman, Minarni, & Pamela, I. S. (2021). Aktivitas Metakognitif Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Melalui Gaya Kognitif Field Dependent Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2831 – 2839.
Hera, R., & Sari, N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 713–720.
Istiqomah, N., & Rahaju, E. B. (2014). Proses Berfikir Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidiikan Matematika, 3(2), 97–102.
Jainuddin, S, S. S., & Sirajuddin. (2020). Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Siswa dengan Gaya Kognitif Field Indefendent terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Farmasi Yamasi Makassar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 120–131. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2283
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Kuswidi, I. (2015). Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 195–202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.49
Mardiyah, I., Suhito, & Safa’atullah, M. F. (2018). Analysis of Mathematical Reasoning Ability of Junior High School Students of Grade VII Viewed from Cognitive Style on Problem Based Learning with Mind Mapping. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(2), 122–128. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i2.24883
Mirlanda, E. P., & Pujiastuti, H. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis: Analisis Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 56–67. https://doi.org/10.23969/symmetry.v3i2.1252
Puspita, D., & Amalia, R. (2020). Koordinasi Bimbingan Konseling dengan Guru Bidang Studi Menghadapi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.528
Sayogo, T. H., Siswanto, R. D., & Nurafni. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Kognitif Materi Kubus dan Balok. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 277–288. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/7073/pdf
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_1
Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D (1st ed.). CV. Jasmine.
Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D., & Cox, P. W. (1977). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. Review of Educational Research, 47(1), 1–64. https://doi.org/10.3102/00346543047001001
Wulan, E. R., & Anggraini, R. E. (2019). Gaya Kognitif Field-Dependent Dan Field-Independent Sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya Dari Siswa Smp. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 123–142. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1503
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sma pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5286
Refbacks
- There are currently no refbacks.