ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS QUANTUM LEARNING

Annisa Aprilia(1*), Syaiful Syaiful(2), Bambang Hariyadi Hariyad(3),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ketika pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbasis quantum learning. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA III SMA 1 Muaro Jambi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Data kemampuan pemecahan masalah dianalisis dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah, dan triangulasi dilakukan dengan menggunakan data wawancara. Selain itu, analisis data wawancara dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, validasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil survei, dari 32 siswa maksimum, 4 (12,5%) berada di kategori tinggi, 16 (50%) sedang, dan 12 (37, 5%) berada dalam kategori rendah. Dari penelitian ini, kemampuan pemecahan masalah siswa pada tahap pemahaman masalah, perencanaan strategis, dan implementasi strategi mampu melakukannya, tetapi indikator dapat digunakan untuk memvalidasi jawaban dari beberapa siswa yang belum mengerti.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.5281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.