ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BENTUK CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author
Abstract
Mata pelajaran matematika sangat penting dipelajari siswa, karena dalam matematika banyak permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Soal cerita matematika sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik, karena soal tersebut mengedepankan permasalahan-permasalahan real yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pada siswa kelas VIII SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang mengacu pada tes tertulis kemampuan menyelesaikan soal cerita dan tes wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah siswa SMP Negeri 3 Cilegon kelas VIII E semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 24 siswa. Dari 24 siswa akan diberikan lembar tes untuk memperoleh data berupa hasil jawaban siswa. Selanjutnya, akan dipilih 5 siswa berdasarkan jawaban yang telah diberikan untuk diwawancara., yang diambil dengan teknik purposive sampling (sampel tujuan). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal matematika berbentuk cerita dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Soal tes yang akan diberikan kepada siswa berbentuk soal cerita materi SPLDV yang terdiri dari 3 soal. Pada soal nomor 1, terdapat 24 siswa yang mampu memahami soal dengan baik yang berarti siswa mengetahui apa yang diketahui dan yang ditanyakan didalam soal, 24 siswa mampu mengerjakan soal matematika dan mengubahnya dari bentuk cerita kedalam model matematikanya, dan 20 siswa mampu melakukan perhitungan dengan benar. Pada soal nomor 2, terdapat 10 siswa yang mampu memahami soal dengan baik yang berarti siswa mengetahui apa yang diketahui dan yang ditanyakan didalam soal, 10 siswa mampu mengerjakan soal matematika dan mengubahnya dari bentuk cerita kedalam model matematikanya, dan hanya 8 siswa yang mampu melakukan perhitungan yang benar. Pada soal nomor 3, terdapat 22 siswa yang mampu memahami soal dengan baik, 22 siswa mampu mengerjakan soal matematika dan mengubahnya dari bentuk cerita kedalam model matematikanya, dan 18 siswa mampu melakukan perhitungan dengan benar. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal bentuk cerita pada materi SPLDV sudah baik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bahtiar, A. (2020). Description of mathematical communication skills, logical thinking and its influence on the ability of mathematical literacy for students of grade v elementary school. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(4), 1075–1078. https://www.scopus.com/inward/record.uri?partnerID=HzOxMe3b&scp=85083491214&origin=inward
Benavides-Varela, S., Zandonella Callegher, C., Fagiolini, B., Leo, I., Altoè, G., & Lucangeli, D. (2020). Effectiveness of digital-based interventions for children with mathematical learning difficulties: A meta-analysis. Computers and Education, 157(June). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103953
Bolondi, G., Branchetti, L., & Giberti, C. (2018). A quantitative methodology for analyzing the impact of the formulation of a mathematical item on students learning assessment. Studies in Educational Evaluation, 58(January), 37–50. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.05.002
Creswell, J. W. (2013). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches (p. 273).
Dewi, A. (2013). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Tentang Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 481–494.
Forsström, S. E. (2019). Role of teachers in students’ mathematics learning processes based on robotics integration. Learning, Culture and Social Interaction, 21(December 2018), 378–389. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2019.04.005
Hardman, J. (2019). Towards a pedagogical model of teaching with ICTs for mathematics attainment in primary school : A review of studies 2008 – 2018. Heliyon, 5(May), e01726. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e01726
Hartinah, S. (2019). Probing-prompting based on ethnomathematics learning model: The effect on mathematical communication skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1–16. https://doi.org/10.17478/jegys.574275
Haryadi, R., & Pujiastuti, H. (2020). PhET simulation software-based learning to improve science process skills. Journal of Physics: Conf. Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022017
Hellstrand, H., Korhonen, J., Räsänen, P., Linnanmäki, K., & Aunio, P. (2020). Reliability and validity evidence of the early numeracy test for identifying children at risk for mathematical learning difficulties. International Journal of Educational Research, 102(April), 101580. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101580
Hillmayr, D., Ziernwald, L., Reinhold, F., Hofer, S. I., & Reiss, K. M. (2020). The potential of digital tools to enhance mathematics and science learning in secondary schools: A context-specific meta-analysis. Computers and Education, 153(April), 103897. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103897
Hu, X., Gong, Y., Lai, C., & Leung, F. K. S. (2018). The relationship between ICT and student literacy in mathematics, reading, and science across 44 countries: A multilevel analysis. Computers and Education, 125(June), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.05.021
Huijsmans, M. D. E., Kleemans, T., van der Ven, S. H. G., & Kroesbergen, E. H. (2020). The relevance of subtyping children with mathematical learning disabilities. Research in Developmental Disabilities, 104(February), 103704. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103704
Ningrum, L. S., & Sutarni, S. (2013). Analisis kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pokok bahasan barisan dan deret pada siswa kelas xii sma al-islam 3 surakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 110–117.
Pujiastuti, H, & Haryadi, R. (2020). The Use of Augmented Reality Blended Learning for Improving Understanding of Food Security. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 59–69.
Pujiastuti, Heni. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Bilangan Bulat. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 70–81.
Pujiastuti, Heni, & Haryadi, R. (2020). The development of Augmented Reality-based learning media to improve students’ ability to understand mathematics concept. Unnes Journal of Mathematics Education, 9(2).
Pujiastuti, Heni, Haryadi, R., & Ayatullah, F. (2019). The influence of the Inquiry Learning Model on students mathematical critical thinking skill. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(3), 216–223.
Pujiastuti, Heni, Haryadi, R., & Ridwan, F. (2020). Development Of Mathematics Teaching Materials Based On Scientific Approach For Mathematics Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3).
Pujiastuti, Heni, Haryadi, R., & Solihati, E. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 63. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3392
Pujiastuti, Heni, Utami, R., & Haryadi, R. (2020). The development of interactive mathematics learning media based on local wisdom and 21st century skills : social arithmetic concept. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032019
Wardani, Y. A. (2019). Student learning worksheet design based on STAD to improve mathematical communication skills. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 2523–2527. https://www.scopus.com/inward/record.uri?partnerID=HzOxMe3b&scp=85077331009&origin=inward
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5213
Refbacks
- There are currently no refbacks.