PEMBELAJARAN MERDEKA BELAJAR DALAM PERKULIAHAN MATEMATIKA: PERSPEKTIF CALON GURU MATEMATIKA

Khoerul Umam(1*), Supandi Supandi(2), Tri Wintolo Apoko(3), Slamet Slamet(4),

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) UHAMKA
(3) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA
(4) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA
(*) Corresponding Author


Abstract


Dalam mengevalulasi sejauhmana keberhasilan program Merdeka Belajar bagi calon guru matematika, maka justifikasinya harus dilandaskan pada penelitian berbasis data ilmiah dan empirik. Tujuan utama dari penelitian ini memahami bagaimana pengalaman yang mahasiswa dapatkan, setelah penerapan Merdeka Belajar dalam perkuliahan. Metode penelitian kualitatif dipilih karena dapat memberikan deskripsi lengkap bagaimana persepktif yang dikonstruksi oleh mahasiswa. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen dari penelitian MBKM yang sudah disediakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang dielaborasikan dengan perspektif peneliti. Teknik pemilihan subjek menggunakan purposive sampling karena hanya melibatkan mahasiswa yang berpartisipasi secara aktif dalam program MBKM. Analisis data menggunakan mapping ideas yang dibuat berdasarkan transkripsi dan data tulisan google form yang sudah dikumpulkan untuk dijadikan kode-kode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merasakan dampak positif dalam pembelajaran berbasis MBKM dalam aspek sosial. Pengalaman yang mahasiswa dapatkan selama perkulilahan MBKM dirasakan sangat dibutuhkan khususnya yang magang dalam industri walaupun aspek kognitif yang dirasakan masih sangat jauh dari harapan karena kurangnya keterampilan pengajar di lokasi magang.   


Keywords


Pembelajaran Matematika, Merdeka Belajar, Calon Guru Matematika

References


Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.†Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Arjanto, P., Antariksa, W. F., Mustiningsih, & Timan, A. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(3), 247–257. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/27794

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/591

Csíkos, C., Szitányi, J., & Kelemen, R. (2012). The effects of using drawings in developing young children’s mathematical word problem solving: A design experiment with third-grade Hungarian students. Educational Studies in Mathematics, 81(1), 47–65. https://doi.org/10.1007/s10649-011-9360-z

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Drummer, J., Hakimov, G., Joldoshov, M., Köhler, T., & Udartseva, S. (2018). Vocational Teacher Education in Central Asia Developing Skills and Facilitating Success. http://www.springer.com/series/6969

Dwi Susandi, A., Sa’Dijah, C., Rahman As’Ari, A., & Susiswo. (2019). Students’ Critical Ability Of Mathematics Based On Cognitive Styles. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012018

Everingham, Y. L., Gyuris, E., & Connolly, S. R. (2017). Enhancing student engagement to positively impact mathematics anxiety, confidence and achievement for interdisciplinary science subjects. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 48(8), 1153–1165. https://doi.org/10.1080/0020739X.2017.1305130

Hastuti, E. S., Umam, K., Eclarin, L., & Perbowo, K. S. (2021). Kecemasan Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyelesaikan Masalah Spldv Pada Kelas Virtual. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 63–84. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6914

Hendryawan, S., Yusuf, Y., Wachyar, T. Y., Siregar, I., & Dwiyanti, W. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Smp Tingkat Rendah Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Green’s Motivational Strategies. Aksioma, 8(2), 50–58.

Ike, F., & Suhendri, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Pada Materi Kubus Dan Balok. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 161–183. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.7308

Jati, I., Wijaya, H., & Pae, K. (2022). Dampak Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pada Dosen, Mahasiswa, Dan Tenaga Kependidikan Di Universitas Katolik Widya Mandala …. Eduka: Jurnal Pendidikan …, 7(1), 74–98. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Eduka/article/view/16787%0Ahttp://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Eduka/article/download/16787/9615

Juita, D., & Yusmaridi, M. (2021). The Concept of “Merdeka Belajar†in the Perspective of Humanistic Learning Theory. Spektrum: Pendidikan Luar Sekolah, 9(1), 20–30. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i1.111912

Kosiret, A., Indiyah, F. H., & Wijayanti, D. A. (2021). The Use of Generative Learning Model in Improving Students’ Understanding of Mathematical Concepts of Al-Azhar 19 Islamic High School. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6593

Laga, Y., Nona, R. V., Langga, L., & Jamu, M. E. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 699–706. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1951

Li, S.-Y., & Leon, S. (2013). The UMR Conception Cycle of Vocational School Students in Solving Linear Equation. US-China Education Review A, 3(1), 19–26. http://ezproxy.uwindsor.ca/login?url=https://search.proquest.com/docview/1322244498?accountid=14789

Loisa, R., Paramita, S., & Sari, W. P. (2022). Penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tingkat Fakultas Di Universitas. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 70. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.16052.2022

Maf, S., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2017). The aspects of reversible thinking in solving algebraic problems by an elementary student winning National Olympiad medals in science. 15(2), 189–194.

Marjan Fuadi, T. (2022). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) : Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 38. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11594

Mudrikah, A., Khori, A., Hamdani, H., Holik, A., Hakim, L. L., Yasmadi, B., & Hidayat, H. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Islam Nusantara. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 137. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2177

Okai-Ugbaje, S. (2021). Towards a pedagogical and sociotechnical framework for the strategic integration of mobile learning in higher education in low and middle income countries. Higher Education Research and Development, 40(3), 581–598. https://doi.org/10.1080/07294360.2020.1773768

Pohan, F. S., & Kisman, Z. (2022). Dampak Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Universitas Trilogi (Studi Kasus: Prodi Manajemen). Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7(2), 307–314. https://doi.org/10.36908/isbank.v7i2.391

Sabatini, S. N., Novianri, P. P., & Amijaya, S. Y. (2022). Strategi Adaptasi Penerapan Program MBKM yang Kolaboratif dan Partisipatif. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 182–192. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p182-192

Sinclair, M., Mamolo, A., & Whiteley, W. J. (2011). Designing spatial visual tasks for research: The case of the filling task. Educational Studies in Mathematics, 78(2), 135–163. https://doi.org/10.1007/s10649-011-9315-4

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Wulandari, D., Noel, F., Hartmajaya, A. K. J., Mangula, I. S., & Sabrina, O. A. (2021). Evaluasi Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( Mbkm ) Di Tingkat Program Studi : Studi Di Universitas Paramadina. INQUIRY Jurnal Ilmiah Psikologi, 13(1), 22–40.

Yeh, C. T., & Chen, M. C. (2019). A mobile/desktop application to integrative science, technology, engineering, and mathematics project-based learning curriculum for continuous improvement. International Journal of Electrical Engineering Education. https://doi.org/10.1177/0020720919837864




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.