ANALISIS KESULITAN MAHASISWA MENYELESAIKAN SOAL INTEGRAL DI ERA PANDEMI COVID-19
(1) UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung
(2) UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung
(3) Universitas Islam Negeri Jakarta, Jakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Malang, Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan-kesulitan apa yang dialami mahasiswa tadris matematika di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian kepada 38 mahasiswa jurusan tadris matematika semester 3, dengan pengambilan subjek didasarkan pada 3 mahasiswa yang melakukan kesalahan semua soal, 5 mahasiswa yang salah dua soal dan 2 mahasiswa yang benar semua soal. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara pada mahasiswa. Tes yang diberikan berbentuk tes uraian dengan materi integral. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif naratif dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 30% mahasiswa melakukan kesalahan prinsip, dan 23% melakukan kesalahan operasional. Faktor penyebab terjadi kesalahan mahasiswa adalah tidak memahami konsep, prinsip integral tak tentu dan integral tentu secara baik, serta kurangnya memahami konsep materi prasyarat seperti konsep turunan, operasi aljabar dan kurang teliti dalam melakukan operasi penyelesaian soal. Temuan ini menunjukkan perlunya pengajar menekankan materi konsep integral dan memberikan inovasi serta strategi pembelajaran yang tepat.
Kata kunci: Integral; Kesulitan mahasiswa; Pandemi covid-19.
Abstract
This study aims to describe the difficulties experienced by mathematics education students at UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung and to find out what factors cause students' difficulties in solving integral problems. The type of research conducted is qualitative research with a case study approach. Research on 38 students majoring in mathematics tadris 3rd semester, with subject selection was based on 3 students who made mistakes in all the questions, 5 students who got two questions wrong and 2 students corrected all the questions. Data was collected by using the method of tests and interviews with students. The test given is in the form of a description test with indeterminate integral material. The data analysis technique used is a descriptive narrative using the Miles and Huberman model. The results showed that 30% of students made mistakes in principle, and 23% made operational errors. The factors that cause student errors are not understanding the concept, the principle of indeterminate integral and definite integral well, and the lack of understanding of prerequisite material concepts such as derivative concepts, algebraic operations, and lack of thoroughness in problem solving operations. This finding shows the need for teachers to emphasize integral concept material and provide innovations and appropriate learning strategies.
Keywords: Integral; Student difficulty; Covid-19 pandemic
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A’dadiyyah, N. L. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus Tahun 2020 / 2021. LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40–49.
Ahmad, A. M. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Integral Luas Daerah di Bawah Kurva dan Volume Benda Putar. An-Nahdhah, 12(23), 159–176.
Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Materi Integral Lipat Dua Pada Koordinat Polar Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 123–134.
Cholily, Y. M., Sulfiah, S. K., & Kusgiarohmah, P. A. (2020). Proses Sistematisasi dalam Pembuktian Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 63–69. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.5207
Creswell, J. W. (2014). Penelitian kualitatif & desain riset Edisi ke 3. Pustaka Pelajar ISBN.
D’Angelo, F., & Iliev, N. (2012). Teaching Mathematics to Young Children through the Use of Concrete and Virtual Manipulatives. Online Submission.
Djamarah, & Bahri, S. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Fitria, M. (2020). Dalam Penyelesaian Soal Integral Berdasarkan Teori APOS. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(1), 48–54.
Fitriyani, H., & Khasanah, U. (2018). Student’s rigorous mathematical thinking based on cognitive style. Journal of Physics: Conference Series, 943(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012055
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran Matematika di Masa Pandemic Covid-19 Berdasarkan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Math Educator Nusantara, 6(2), 179–189.
Harefa, S., & Hia, Y. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua dalam Pembelajaran Online Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Fibonaci, 1(2), 1–4.
Haryono, D. (2015). Filsafat Matematika: Suatu Tinjauan Epistemologi dan Filosofi. Alfabeta.
Imron, Y., Affandi, L. H., & Turmudzi, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Online Dalam Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 15 Cakranegara Tahun Ajaran 2020/2021. Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 97–103.
Lagrange, J. B., & Kynigos, C. (2014). Digital technologies to teach and learn mathematics: Context and re-contextualization. Educational Studies in Mathematics, 85(3), 381–403. https://doi.org/10.1007/s10649-013-9525-z
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT. Remaja Rosdakarya.
Monariska, E. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Materi Integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9–19.
Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan. Rajawali Press.
Raupu, S., Thalhah, S. Z., & Mattoliang, L. A. (2020). Learning Difficulties in Solving Calculus Tests. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(2), 168–178.
Regier, P., & Savic, M. (2020). How Teaching to Foster Mathematical Creativity May Impact Student Self-efficacy for Proving. Journal of Mathematical Behavior, 57(September 2018), 100720. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2019.100720
Saftari, M., & Sariman. (2021). Lembar Aktivitas Mahasiswa Materi Integral Jumlah Riemann Berdasarkan Teori Aksi, Proses, Objek, Skema (APOS). Inomatika: Inovasi Matematika, 3(2), 152–163. https://doi.org/10.35438/inomatika.v3i2.200
Sangpom, W., Suthisung, N., Kongthip, Y., & Inprasitha, M. (2016). Advanced Mathematical Thinking and Students’ Mathematical Learning: Reflection from Students’ Problem-Solving in Mathematics Classroom. Journal of Education and Learning, 5(3), 72. https://doi.org/10.5539/jel.v5n3p72
Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematik untuk siswa kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135–1142. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142
Sari, N. W., Dewi, M. N., & Kartini, H. R. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelaran Online Matematika Kimia. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 68–76.
Sefnita Eka Sutarti, N. P., & Citra Wibawa, I. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Matematika. Journal of Education Action Research, 2(4), 295. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16319
Stewart, J. (2018). Functions and Models. Calculus.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulaiman, H., Nasir, F., & Khaerudin, I. R. (2021). Efektivitas Lesson Study Pada Pemecahan Masalah Matematis Melalui Perkuliahan Online di Masa Pandemi Covid 19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2), 132–146. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.4668
Sumargiyani, Yusnia, I., Nurhasanah, R., & Nafi’ah, B. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 7(1), 20–31.
Sutriyani, W. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa PGSD Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 2(1), 155–165.
Tennyson, R. D. (2020). Historical Reflection on Learning Theories and Instructional Design. Contemporary Educational Technology, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.30935/cedtech/5958
Utari, R. S., Septy, L., & Hutauruk, L. (2021). Kesalahan Pemahaman Konsep Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal- Soal Integral Lipat Dua pada Koordinat Polar. Inomatika: Inovasi Matematika, 3(1), 51–61. https://doi.org/10.35438/inomatika.v3i1.226
Yuliantari, A. P. (2021). Pendampingan Pembelajaran Daring Terhadap Peserta Didik SMAK Setia Bakti Ruteng Masa Pandemi Covid 19. Randang Tana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1–9.
Yusepa, B. (2016). Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kls VIII. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, I(1), 54–60.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5161
Refbacks
- There are currently no refbacks.