ANALISIS KESALAHAN NEWMAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LINGKARAN BERDASARKAN GAYA KOGNITIF
(1) IAIN Fattahul Muluk Papua
(2) IAIN Fattahul Muluk Papua
(3) Universitas Musamus Merauke
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal lingkaran berdasarkan gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri dari 2 mahasiswa FD dan FI yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes dan non tes melalui pemberian soal open ended dan wawancara. Untuk menguji keabsahan maka digunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa dengan gaya kognitif field dependent dan Field Independent yaitu sama-sama melakukan kesalahan membaca, kesalahan memahmi, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penarikan kesimpulan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori. In Diagnosis, dan Remediasinya, Rineka Cipta, Jakarta.
Abdussakir, A. (2012). PEMBELAJARAN GEOMETRI SESUAI TEORI VAN HIELE. MADRASAH, 2(1). https://doi.org/10.18860/jt.v2i1.1832
Amalia, S. R. (2017). ANALISIS KESALAHAN BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF MAHASISWA. AKSIOMA, 8(1), 17. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1505
Drs.slameto. (2013). Belajar Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi. In Belajar.
Group Embedded Figures Test. (2011). In Encyclopedia of Clinical Neuropsychology (pp. 1179–1179). Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-0-387-79948-3_4501
Hamdani, M., & Sumarwah, S. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Yang Memiliki Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Kelas XI MAN Kota Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1–7. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1029
Janah, S. N., Rasiman, R., & Handayanto, A. (2021). Proses Berpikir Siswa Smk Dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 150–158. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i2.7487
Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707
Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 71–83. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.48
Nurussafa’at, F. A., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma dengan fong’s shcematic model for error analysis ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(2).
O’Leary, M. R., Calsyn, D. A., & Fauria, T. (1980). The Group Embedded Figures Test: A Measure of Cognitive Style or Cognitive Impairment. Journal of Personality Assessment, 44(5), 532–537. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa4405_14
Oktaviana, D. (2018). ANALISIS TIPE KESALAHAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DISKRIT. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719
Rindyana, B. S. B., & Chandra, T. D. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman. Matematika, 4(1).
Sari, R. H. Y., & Wutsqa, D. U. (2019). Analysis of student’s error in resolving the Pythagoras problems. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1), 012056. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012056
Sulistyorini, Y., Argarini, D. F., & Yazidah, N. I. (2018). Analisis Kesalahan dalam Memecahkan Masalah Kombinatorika Ditinjau dari Gaya Kognitif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 114. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1360
Sunarto, M. J. D., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2017). Profil Proses Berpikir Mahasiswa Tipe Kepribadian Sensing dalam Pemecahan Masalah Logika Matematika. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13119
Triliana, T., & Asih, E. C. M. (2019). Analysis of students’ errors in solving probability based on Newman’s error analysis. Journal of Physics: Conference Series, 1211(1), 012061. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012061
Usodo, B. (2011). Profil Intuisi Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent DAN FIELD INDEPENDEN. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNS 2011.
Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D., & Cox, P. W. (1977). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. Review of Educational Research, 47(1), 1–64. https://doi.org/10.3102/00346543047001001
Wulansari, R., Putri, A. A. R., & Nopitasari, D. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi Solo Ditinjau Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2).
Yusnia, D. (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA) pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang.
Yusnia, D., & Fitriyani, H. (2010). Identifikasi kesalahan siswa menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA) pada pemecahan masalah operasi hitung bentuk aljabar. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5155
Refbacks
- There are currently no refbacks.