PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG BERBASIS ANDROID BERBANTUAN SMART APPS CREATOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN
(1) STKIP PGRI JOMBANG
(2) STKIP PGRI JOMBANG
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian meliputi: a) menguji tingkat validitas media pembelajaran geometri ruang berbasis Android berbantuan SAC; b) menguji tingkat kepraktisan media pembelajaran geometri ruang berbasis Android berbantuan SAC. Subjek penelitian adalah mahasiswa STKIP PGRI Jombang semester dua yang mengambil matakuliah geometri ruang. intrumen penelitian meliputi lembar validasi, angket tanggapan dosen dan mahasiswa serta tes. Jjenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Hasil uji kevalidan dari para validator menyatakan media pembelajaran matematika berbasis android berbantuan SAC termasuk pada kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Uji kepraktisan oleh mahasiswa dan dosen pengguna diperoleh bahwa media pembelajaran geometri ruang berbasis android berbantuan SAC termasuk dalam kriteria sangat praktis. Oleh karena itu Media pembelajaran geometri ruang berbasis android berbantuan SAC yang telah dikembangkan valid dan praktis sehingga layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pembuktian mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afriana, Q. H. (2021). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Diffa_SAC Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Aplikasi Turunan. Al Hikmah: Journal of Education, 2(1), 69–80.
Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk Mengajarkan Global Warming. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 4, 72–80.
Chang, C. C., Liang, C., Chou, P. N., & Lin, G. Y. (2017). Is game-Based Learning Better in Flow Experience and Various Types of Cognitive Load Than Non-Game-Based Learning? Perspective From Multimedia and Media Richness. Computers in Human Behavior, 71, 218–227.
Fatma, A. D., & Partana, C. F. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis android terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 229–236.
Hanna, G. (2000). Proof, Explanation and Exploration: an Overview. Educational Studies in Mathematics, 44(1), 5–23.
Hernadi, J. (2008). Metoda pembuktian dalam matematika. Pendidikan Matematika, 1, 1–13.
Jaiz, M., Vebrianto, R., Zulhidah, Z., & Berlian, M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Smart Apps Creator pada Pembelajaran Tematik SD/MI. Jurnal Basicedu, 6(2), 2621–2630.
Kamaruddin, M., Kamariah, N., & Md Amin, Z. (2012). Dilemma in Teaching Mathematics. US-China Education Review, B(2), 145–149. http://www.eric.ed.gov/contentdelivery/servlet/ERICServlet?accno=ED532182
Khoirudin, R., Ashadi, A., & Masykuri, M. (2021). Smart Apps Creator 3 to Improve Student Learning Outcomes During the Pandemic of COVID-19. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(1), 25–34.
Mahfudy, S. (2017). Strategi Pembuktian Matematis Mahasiswa pada Soal Geometri. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 1(1), 31–40.
Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745–1756.
Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada siswa SMA kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–203.
Polya, G. (1973). How to Solve it, 2nd ed. Princeton University Press.
Robianto, A., & Wahono, M. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Aplikasi Android untuk Mata Kuliah Ilmu Bahan Teknik pada Prodi D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 2(2), 124–133.
Rustandi, A., Asyril, A., & Hikma, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi Airlangga Samarinda. JURNAL FASILKOM (Teknologi InFormASi Dan ILmu KOMputer), 10(3), 297–300.
Tristanti, L. B., & Nusantara, T. (2021a). Argumen Dalam Pembuktian. Deepublish.
Tristanti, L. B., & Nusantara, T. (2022). The Influence of Infusion Learning Strategy on Students’ Mathematical Argumentation Skill. International Journal of Instruction, 15(2), 277–292.
Tristanti, L. B., & Nusantara, T. (2021b). Improving Students’ Mathematical Argumentation Skill through Infusion Learning Strategy. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012103. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012103
Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64.
Widoyoko, S. E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.
Yuberti, Y., Wardhani, D. K., & Latifah, S. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Smart Apps Creator sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(2), 90–95.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5103
Refbacks
- There are currently no refbacks.