MATEMATIKA DALAM BUKU TEMATIK BAKUL BERKISAH : SUDAHKAH SISWA BERNALAR MATEMATIS?
(1) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
(2) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa dalam mengerjakan soal matematika pada buku pembelajaran tematik bakul berkisah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil nilai TIMSS siswa Indonesia pada ranah penalaran (reasoning) dan belum ada buku tematik yang dapat melatih penalaran siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan terhadap 33 siswa kelas III SD Muhammadiyah Pangkalpinang. Pengumpulan data didapat dari hasil jawaban dan pengamatan siswa dalam mengerjakan soal-soal matematika pada buku tematik bakul berkisah materi penjumlahan dan pengurangan. Kemudian jawaban dianalisis untuk melihat penalarann matematis siswa. Terdapat enam buah indikator penalaran matematis yang dilihat dalam penelitian ini. Indikator penalaran yang paling tinggi dilakukan oleh siswa adalah menarik kesimpulan,dengan kata lain siswa dapat menemukan jawaban dengan benar. Sementara siswa masih kesulitan dalam menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi. Hal ini sebetulnya disebabkan karena siswa belum terbiasa mengerjakan soal lengkap dalam setiap pengerjaan. Namun rerata hasil penalaran matematis siswa adalah 68,18% dan dikategorikan baik. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan buku tematik bakul berkisah, sudah baik dalam memacu penalaran matematis siswa.
Abstract
This research aims to describe the mathematical reasoning’s students doing math problems in the bakul berkisah thematic book. This research because of the low result of Indonesian students in TIMSS score especially for reasoning and there aren’t thematic book in their school. This research is a qualitative descriptive research with 33 student for sample. The data collection from the answer of student thematic book and observing of student learning in addition and subtraction material. The answer student is analyzed the student's reasoning. There are six indicators of mathematical reasoning ability. The highest reasoning indicator is drawing conclusions or can find answers correctly. While students still have difficulty in finding patterns or properties of mathematical phenomena to make generalizations. This is actually because students are not used to working on complete questions in each work. However, the average result of students' mathematical reasoning is 68.18% and it is categorized as good. The results of the research showed that learning mathematics using the thematic book based was good in students' mathematical reasoning.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Z., Utomo, A. C., Pratiwi, V., & Farokhah, L. (2020). Pembelajaran Project Based Learning – Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Sekolah Dasar. Educational Journal of Bhayangkara, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.31599/edukarya.v1i1.106
Adrian, A. N., & Christiani, L. (2021). Pemanfaatan Buku Novel sebagai Media Biblioterapi dalam Menumbuhkan Optimisme pada Pasien Kanker Anak Kategori Usia Remaja di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI). Anuva (Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi), 5(4), 643–656. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/12908
Agustiana, N., Supriadi, N., & Komarudin, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Penerapan Pendekatan Bridging Analogy Ditinjau dari Self-Efficacy. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 7(1), 61–74. https://doi.org/10.35450/jip.v7i1.117
Amalia, D. J. (2017). Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Tema Makhluk Hidup Kurikulum 2013. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 98–109. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617
Anwar, S., & Amin, S. M. (2013). Penggunaan Langkah Pemecahan Masalah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan di Kelas VI MI Al Ibrohimy Galis Bangkalan. Jurnal Pendidikan Matematika E-Pensa, 1(1), 1–6.
Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90–103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82
Atiyah, U., & Hasan, N. (2021). Siswa Dalam Pembelajaran Online Learning. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(2), 146–153.
Coesamin, M. (2017). Pendidikan Matematika SD 1 (1st ed.). Universitas Lampung.
Dani, S., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2017). Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 182–193. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2043
Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125–133. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475
Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1119
Fauziah, I., & Mariani, S. (2017). Kemampuan Penalaran Geometris Siswa pada Pembelajaran RME dengan Penekanan Handso on Activity Berdasarkan Aktivitas Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 30–37.
Fendrik, M., & Riau, U. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sd Ditinjau Dari Kemampuan Siswa Dan Level Sekolah. 8(2), 102–112.
Firdaus, F. M. (2016). Pengaruh Quantum Learning Terhadap Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(2), 89–100. https://doi.org/10.17509/eh.v5i2.2839
Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendrian, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Edumatica, 08(1), 49–57.
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 47–54.
Haykal, A. F. (2018). The Effectiveness Of Integrated Thematic Learning in Implementation of Curriculum 2013 in MI Miftahul Huda 01 Papungan blitar. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 1(2), 114–124. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Haykal%2C+A.+F.+%282018%29.+Efektivitas+Pembelajaran+Tematik+Terpadu+dalam+Implementasi+Kurikulum+2013+Di+MI.+Miftahul+Huda+01+Papungan+Blitar.+AL-FIKRAH%3A+Jurnal+Studi+Ilmu+Pendidikan+dan+Keislaman
Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Muhammad. International Journal of Elementary Education, 2(2), 93–102.
Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Ta’dib, 22(1), 19–26. https://doi.org/10.31958/jt.v22i1.1226
Indriani, T., Hartoyo, A., & Astuti, D. (2016). Students’ Adaptive Reasoning Ability in Solving Class VIII SMP Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2), 1–12. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/18396/15527
Konita, M., Asikin, M., & Noor Asih, T. S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 611–615.
Kusmana, S., & Yatimah, Y. (2018). Kajian Struktural Dan Nilai Moral Dalam Antologi 20 Cerpen Pilihan Kompas Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Cerita Pendek Di Sma. Jurnal Tuturan, 7(1), 822–836. https://doi.org/10.33603/jt.v7i1.1700
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0AMelatih
Mayang Sari, A., Susanti, N., Rahayu Program studi Matematika, C., Matematiaka, J., & Muhammadiyah Pagaralam, S. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial kelas VII. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 61–68.
Meutia, H., Johar, R., & Ahmad, A. (2013). Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Menerapkan Penilaian Kinerja untuk Menilai Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, 1(2), 63–70. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/1059
Muzaffar, A. (2016). Peningkatan Kualitas Insya’. Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 4(2), 326–342.
Nahdi, D. S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.341
Novianti, D. E. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pemrograman Linear Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 53–59. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1698
Nurhayati, Afrizawati, & Rivaldo, Y. (2021). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Investigatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru MAdrasah Ibtidaiyah, 5, 49–58. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Nurrahmah, A., & Karim, A. (2018). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Matakuliah Teori Bilangan. JURNAL E-DuMath, 4(2), 21–29. https://doi.org/10.26638/je.753.2064
Ramdhani, S. (2018). Kemampuan Generalisasi Mahasiswa Pada Perkuliahan Kapita Selekta Matematika Sma. Jurnal Analisa, 4(2), 83–89. https://doi.org/10.15575/ja.v4i2.3926
Ratnawulan, E., & Rusdiana, H. . (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. http://digilib.uinsgd.ac.id/2336/
Razak, F., Sutrisno, A. B., & Immawan, A. Z. (2014). Analisis tingkat berpikir siswa berdasarkan teori van hiele ditinjau dari gaya kognitif. Prosiding Seminar Nasional, 03(1), 75–83.
Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 263–274. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.608
Rizta, A., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2013). Pengembangan Soal Penalaran Model Timss Matematika Smp. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 230–240. https://doi.org/10.21831/pep.v17i2.1697
Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.302
Sari, A. P., Ikhsan, M., & Saminan, S. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Model Wallas. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 18–32. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.102
Shofia Hidayah. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian POLYA. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 182–190. https://doi.org/10.51675/jp.v1i2.81
Sukmana, E. I., & Arhasy, H. E. A. R. (2019). Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Kawali Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 176–186.
Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 9–13. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm
Sutama, S., Wulandari, N. A., Ishartono, N., Narimo, S., & Sutopo, A. (2020). Visual Thinking Strategies Based Picture Book Media for Thematic Learning in Elementary Schools. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1249. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3165
Wahyuni, Z., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(1), 81–92. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.920
Wati, M. K., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas VII SMP. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, VI(1), 9–16.
Wulandari, F. A., Kurniawati, U. M., & Rohimawan, M. A. (2020). Problematika Mata Pelajaran Matematika Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 109–115. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4945
Yoesoef, M. (2015). Rekayasa Mencipta Sastra Anak (Engineering The Creating Of Children Literature). 185–196. https://pbsi.uad.ac.id/wp-content/uploads/M.-Yoesoef.pdf
Yulistina, S. R., Nurmala, T., Supriawan, R. M. A. T., Juni, S. H. I., & Saifudin, A. (2020). Penerapan Teknik Boundary Value Analysis untuk Pengujian Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Black Box Testing. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 129–135. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i2.5366
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sma Pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409–414. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5089
Refbacks
- There are currently no refbacks.