PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS
(1) 
(2) Universitas Riau Kepulauan
(3) Universitas Riau Kepulauan
(*) Corresponding Author
Abstract
Kemampuan verbal, kemampuan numerik dan kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan yang harus dikuasai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 011 Nongsa yang berjumlah 118 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Sampling Jenuh. Data yang dikumpulkan menggunakan alat tes pilihan ganda telah diperiksa validitas dan reliabilitasnya. Untuk tes kemampuan verbal diperoleh 10 item valid dengan reliabilitas sebesar 0,805, tes kemampuan numerik diperoleh 7 item valid dengan reliabilitas sebesar 0,748, dan tes kemampuan literasi matematis diperoleh 7 item valid dengan reliabilitas sebesar 0,753. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, linieritas, heteroskedastisitas, multikolinearitas dan autokorelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)terdapat pengaruh antara kemampuan verbal dengan kemampuan literasi matematis terlihat dari nilai signifikansi kemampuan verbal (0,007) < taraf signifikansi (0,05). (2)terdapat pengaruh antara kemampuan numerik dengan kemampuan literasi matematis terlihat dari nilai signifikansi kemampuan numerik (0,002) < taraf signifikansi (0,05). (3)terdapat pengaruh secara bersama–sama antara kemampuan verbal dan kemampuan numerik dengan kemampuan literasi matematis terlihat dari nilai signifikansi (0,000) < taraf signifikansi (0,05).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amir. 2013. Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences). Jurnal Logaritma:Jurnal Ilmu-ilmu pendidikan dan Sains. 1(1). 9-15. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385
Boonen, A. J. H., de Koning, B. B., Jolles, J., & van der Schoot, M. (2016). Word problem solving incontemporary math education: A plea for reading comprehension skills training. Frontiers in Psychology,7, 191. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.00191.
Cahya, P. D. M. R., Arnyana, I. B. P., & Dantes, N. (2020). Pengolahan Data Siswa Kelas V SD Universitas Pendidikan Ganesha. 4(2), 91–100.
Damayanti, M. et al. (2017). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Skrining Kekerasan terhadap Anak “ICAST-C” versi Bahasa Indonesia. JKP, 5(3). 281-289.
Daniyati, N. A., & Sugiman. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Verbal , Kemampuan Interpersonal , dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika. Pthagoras : Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 50–60.
Daroczy, G.,Wolska, M., Meurers,W. D., & Nuerk, H.-C. (2015).Word problems: A review of linguistic and numerical factors contributing to their difficulty. Frontiers in Psychology, 6, 348. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.00348.
Gustika, N., Rosmaiyadi, R., & Buyung, B. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMPN 1 Jagoi Babang. Variabel, 2(2), 46–55. https://doi.org/10.26737/var.v2i2.1719
Hapsari, T. (2019). Literasi Matematis Siswa. Euclid, 6(1), 84. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1885
Hardiani,N. (2014). Pengaruh Kemampuan Verbal Dan Numerik Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Bentuk Cerita. Beta. 7(1). 64-71.
Hasni, N. (2021). Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hendriana H, Prahmana R C I and Hidayat W 2019 The innovation of learning trajectory on multiplication operations for rural area students in Indonesia J. Math. Educ. 10 397–408
Hera, R., & Novita, S. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar Nasional Dan Pendidikan Matematika, 713–720.
Hidayat W, Wahyudin W and Prabawanto S 2018 Improving students’ creative mathematical reasoning ability students through adversity quotient and argument driven inquiry learning J.Phys. Conf. Ser. 948 012005
Indrawati, F. A., & Wardono. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267.
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2016). Peranan Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 110–119. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669
Jelatu, S., Emenensia Mon, M., & San, S. (2019). Relasi Antara Kemampuan Numerik Dengan Prestasi Belajar Matematika. Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i1.2390
Junika, N., Nur, I., & Linda Rosmery, T. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499–510.
Kenedi, A. K., & Yullys, H. (2017). Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. In H. WS, Taufina, Chandra, & Y. Anita (Eds.), Prosiding Seminar Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan PGSD FIP UNP. https://doi.org/10.31219/osf.io/538q2
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1(1), 588–595.
Manolitsis, G. et al. (2013) Examining the effects of home literacy and numeracy environment on early reading and math acquisition. Early Childhood Research Quarterly. 28 (4). 692-703,
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140–144.
Muhammad, N. H. (2018). Pengaruh Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, dan Minat Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Makassar. In Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Muri, N. (2020). Pengaruh Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baraka Kabupaten Enrekang. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Niss, M., Bruder, R., Planas, N., Turner, R., & Villa-Ochoa, J. A. (2016). Survey team on: Conceptualisation of the role of competencies, knowing and knowledge in mathematics education research. ZDM Mathematics Education, 48(5), 611–632. https://doi.org/10.1007/s11858-016-0799-3.
Olatoye, R. A. dan A. A. Aderogba. 2011. Performance of senior secondary school science students in aptitude test: The role of student verbal and numerical abilities. Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies (JETERAPS), 2(6), 431-435.
Reinhold, et al. (2020). The role of spatial, verbal, numerical, and general reasoning abilities in complex word problem solving for young female and male adults. Mathematics Education Research Journal (2020) 32:189–211. https://doi.org/10.1007/s13394-020-00331-0
Riskawati. (2013). Uji Validitas dan Reliabilitas. Statistika Pendidikan, 1–10.
Sasanguie, Delphine dkk. 2012. Association between basic numerical abilities and mathematics achievement. British Journal of Developmental Psychology, 30, 344–357.
Strohmaier, A. R., (2020). When reading meets mathematics. Using eye movements to analyze complex word problem solving. [Doctoral dissertation, Technical University of Munich]. https://mediatum.ub.tum.de/?id=1521471.
Sugiyono, P. D. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Talib, I. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Takalar. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5082
Refbacks
- There are currently no refbacks.