ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL KALKULUS INTEGRAL DALAM PEMBELAJARAN DARING
(1) Universitas Pendidikan Ganesha
(2) Universitas Pendidikan Ganesha
(3) Universitas Pendidikan Ganesha
(4) Universitas PGRI Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal kalkulus integral. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah 10 mahasiswa semester 2 prodi Matematika Undiksha tahun akademik 2020/2021 yang rerata skor ujian tengah semester dan ujian akhir semester kurang dari 40. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sebagai instrumen utama, sedangkan soal tes kalkulus integral, dan pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan ada 50% mahasiswa membuat kesalahan tipe careless errors (Ca), 60% tipe concept errors (Co), 70% tipe application errors (Ap) dan 60% tipe test taking errors (Te). Faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan adalah kurang memahami konsep, bingung memilih teknik integrasi, dan kurang memahami soal aplikasi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arvianto, I. R. (2017). Kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral berdasarkan gaya kognitif pada mata kuliah matematika informatika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 36. https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i1.799
Chaeruman, U. A. (2020). Ruang belajar baru dan implikasi terhadap pembelajaran di era tatanan baru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 142. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p142--153
Clement, J., Lochhead, J., & Monk, G. S. (1981). Translation difficulties in learning mathematics. American Mathematical Monthly, 88, 286–291.
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Pearson.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi COVID 19 bagi mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669
Fauzy, A. & Nurfauziah, P.2021. Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.05.No.01, hal.551-560
Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom-revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(02). https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50
Hajizah, M. N. (2019). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan integral tak tentu pada mata kuliah kalkulus integral. Jurnal Karya Pendidikan Matematika , 6(2), 27–33.
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027
Klymchuk, S., Zverkova, T., Gruenwald, N., & Sauerbier, G. (2010). University students’ difficulties in solving application problems in calculus: Student perspectives. Mathematics Education Research Journal, 2(1), 81–91.
Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah pembelajaran mSecara daring efektif? (studi kasus pada pembelajaran selama masa pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 136–142. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25029
Layn, R. M., & Kahar, S. M. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 3(2), 139–145.
Mahayukti, G. A., & Dewi, P. K. (2021). Validity and practicality of problem-based integral calculus teaching materials assisted with mathematical software. 4th International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2021), 13–20. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211222.003
Manibuy, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2014). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan Taksonomi SOLO pada kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire-Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 933–945.
Mataheru, W., Huwaa, N. C., & Matitaputty, C. (2021). Analisis kesalahan mahasiswa dalam perkuliahan matematika dasar secara daring. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 45–50. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page45-50
Noviantari, Ika. & Faridhoh. Analisis Learning Loss Kemampuan Literasi Statistis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol.06 No.03. hal. 112-120.
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
Prawanti, L.T. & Sumarni, W.2020. Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Radmehr, F., & Drake, M. (2020). Exploring students’ metacognitive knowledge: The case of integral calculus. Education Sciences, 10(3), 55. https://doi.org/10.3390/educsci10030055
Subini, N. (2011). Mengatasi kesulitan belajar pada anak. Javalitera.
Ulifa, S. N., & Effendy, Z. (2014). Hasil analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi relasi. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1), 123–133.
Wahyuni, A., Kurniawan, P., Waluya, S. B., & Cahyono, A. N. (2019). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral. Prosiding Seminar Nasional Edusaintek Unimus 2019, 623–629.
Widiyono, A. (2020). Efektifitas perkuliahan daring (online) pada mahasiswa PGSD di saat pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458
Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Problematika pembelajaran daring dalam perspektif mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 100. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.5340
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5036
Refbacks
- There are currently no refbacks.