PENERAPAN STRATEGI REACT BERBANTUAN GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS
(1) IPI Garut
(2) IKIP Siliwangi
(3) IKIP Siliwangi
(4) IKIP Siliwangi
(5) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author
Abstract
The purpose of this research is to examine the effectiveness of applying Geogebra-assisted REACT strategy to improve students' critical thinking. The experimental method is the method chosen in this study. The population of this study were all students of the Mathematics Education Study Program, IKIP Siliwangi Bandung, while the sample was students of the Class of 2020 of the Mathematics Education Study Program of 2 classes. In this study, an instrument in the form of a description of 4 items was used to measure critical thinking. Data analysis used descriptive statistics and inferential statistics with the help of SPSS version 21. Based on the results of data processing, it was concluded that the application of the REACT strategy assisted by GeoGebra was more effective in improving critical thinking skills than conventional learning.
Tujuan pada penelitian ini untuk menelaah keefektifan penerapan strategi REACT berbantuan Geogebra untuk meningkatkan berpikir kritis mahasiswa. Metode eksperimen merupakan metode yang dipilih dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi Bandung, sedangkan sampelnya adalah mahsiswa Angkatan 2020 Prodi Pendidikan Matematika sebanyak 2 kelas . Dalam penelitian ini digunakan instrumen berupa soal uraian sebanyak 4 butir soal yang digunakan dalam mengukur berpikir kritis. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS versi 21. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat kesimpulan bahwa penerapan strategi REACT berbantuan Geogebra lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dibandingkan pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, In Hi. (2013). Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66–75.
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi (Sebuah Jawaban Atas Tantangan Pendidikan Abad 21). Bandung : Refika Aditama.
Al Ghifari, S. S. & Sudihartini, E. (2021). Increased MathematicaL Critical Thinking Skills through REACT Learning Strategies In Junior High School Students. Jurnal Mercumatika, 6(1).
Batubara, I. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak di FKIP UMSU. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 152–159. https://doi.org/10.30743/mes.v4i2.1291.
Cetin, Y., Mirasyedioglu, S., & Cakiroglu, E. (2019). An Inquiry into the Underlying Reasons for the Impact of Technology Enhanced Problem-Based Learning Activities on Students’ Attitudes and Achievement. Eurasian Journal of Educational Research, 7(9), 191–208.
Eviliasani, K., Sabandar, J., & Fitriani, N. (2022). Problem-Based Learning Assisted by Geogebra to Improve Students’ Mathematical Understanding. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(1), 85-98.
Hendryawan, S., Yusuf, Y., & Wachyar, T. Y. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP Tingkat Rendah pada Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Green’s Motivational Strategies. AKSIOMA, 8(2), 50. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1744.
Hidayat, S., Carlian, Y. & Rohmah, S. K. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik dengan Menggunakan Strategi REACT. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 4(2), 175-196.
Hikmah, R. (2020). Pengaruh Aplikasi Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMP Cibinong. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 5(2).
Irawati, H. (2014). Pengaruh Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung. Volume 1 ISSN 2355-0473.
Jelatu, S., & Ardana, I. M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Geometri Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(2), 162-171.
Kurniasih, M. D. (2017). Pengaruh Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Habit Of Mind Mahasiswa.
Liberna, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Formatif, 2(3): 190-197.
Manalu, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA melalui Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) di SMA SW Parsaoran. Cartesius, 4(1), 43-64.
Mawarni, J., Syahbana, A. & Septiati, E. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran REACT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMP. Jurnal Indiktika (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 1(2), 172-18.
Miatun, A., & Khusna, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 269–278.
Novtiar, C. & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal PRISMA, 6(2).
Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Edumatica 2(1).
Wulandari, Y., Mahmuda, A. A., Astuti, M. D., & Tiyasning, W. (2021). Orientasi Pengembangan dan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Program Studi Pendidikan Matematika. JRPP, 4(2), 317-321.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4995
Refbacks
- There are currently no refbacks.