PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BENTUK ALJABAR DENGAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING

Muiz Ghifari(1*), Ellis Salsabila(2), Tian Abdul Aziz(3),

(1) 
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran bentuk aljabar kelas VII kurikulum prototipe dengan pendekatan Metaphorical Thinking yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan merupakan model Borg and Gall, yaitu; (1) penelitian awal dan pengumpulan data; 2) perencanaan; (3) pengembangan bentuk awal produk; (4) pengujian awal produk; (5) revisi awal produk; (6) pengujian lapangan terbatas; (7) revisi pengujian lapangan terbatas; (8) pengujian lapangan luas; (9) revisi pengujian lapangan luas; dan (10) diseminasi dan implementasi. Hasil produk berupa video digunakan sebagai sumber belajar. Pengumpulan data menggunakan angket yang digunakan untuk menguji kevalidan dan kepraktisan, dan tes digunakan untuk menguji Keefektifan. Hasil validasi menyatakan video pembelajaran dengan kategori sangat valid dengan skor dari ahli materi 3,60 dan ahli media dengan skor 3,88. Empat video diimplementasikan sebagai sumber belajar pada proses pembelajaran secara tatap muka dan virtual google classroom di SMPN 1 Cibungbulang, Kab. Bogor. Hasil angket respon peserta didik menunjukkan video sangat praktis dengan skor 3,45. Penerapan video berdampak positif terhadap capaian hasil belajar peserta didik. Video pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking memudahkan peserta didik dalam merepsentasikan aljabar pada kehidupan sehari-hari sehingga meningkatkan pemahaman konsep. Hasil penilaian efektifitas menyatakan video pembelajaran dengan hasil baik dengan mean 80,12.

 

This study aims to develop an algebraic learning video for class VII prototype curriculum with a valid, practical, and effective Metaphorical Thinking approach. The development model used is the Borg and Gall model, namely; (1) preliminary research and data collection; 2) planning; (3) development of the initial form of the product; (4) initial testing of the product; (5) initial revision of the product; (6) limited field testing; (7) revision of limited field testing; (8) extensive field testing; (9) revision of extensive field testing; and (10) dissemination and implementation. The product results in the form of videos are used as learning resources. Collecting data using a questionnaire that is used to test the validity and practicality, and tests are used to test the effectiveness. The validation results stated that the learning video was in a very valid category with a score of 3.60 from material experts and media experts with a score of 3.88. Four videos were implemented as learning resources in the face-to-face learning process and virtual google classroom at SMPN 1 Cibungbulang, Kab. Bogor. The results of the student response questionnaire showed that the video was very practical with a score of 3.45. The application of video has a positive impact on the achievement of student learning outcomes. Learning videos with a metaphorical thinking approach make it easier for students to represent algebra in everyday life, thereby increasing understanding of concepts. The results of the effectiveness assessment stated that the learning video had good results with a mean of 80.12.


Keywords


Bentuk aljabar; metaphorical thinking; pengembangan; video pembelajaran

References


Agustina, E. (2016). Konsep aljabar yang terlupakan. Jurnal Edukasi, 2(1), 25–34.

Aidah, D. H., Sobarningsih, N., & Rahayu, N. (2020). Pemahaman matematis melalui metaphorical thinking berbantuan aplikasi powtoon. Jurnal Analisa, 6(1), 91–99.

Aka, K. A. (2019). Integration Borg & Gall (1983) and Lee & Owen (2004) models as an alternative model of design-based research of interactive multimedia in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012022

Anggraeny, T. K., Rohana, R., & Jayanti, J. (2019). Pengaruh Pendekatan Metaphorical thinking terhadap kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional siswa SMAN 4 Kayuagung. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 57–69. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3001

Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa SMP dengan menggunakan pendekatan metaphorical thinking berbantuan software Geogebra. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 79–87. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.558

Cahyana, A. D., & Kosasih, E. (2020). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran untuk Jenjang SD di Saluran Youtube Ruangguru dan Labedu Channel. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 132–144. https://doi.org/10.17509/md.v16i1.26363

Darmawan, H., Simanjorang, M. M., & Nasution, H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis ICT memanfaatkan power point, filmora, whtasapp grup, google classroom, dan google formulir untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 848–858.

Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan video pembelajaran matematika berbatuan aplikasi sparkoll videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. Retrieved from https://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/article/view/1369

Ghifari, M., Salsabila, E., & Aziz, T. A. (2021). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis pada bentuk aljabar ditinjau perbedaan gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 243–254. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9542

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran matematika humanis dengan metaphorical thinking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Infinity Journal, 1(1), 90. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.9

Hendriana, H., & Rohaeti, E. E. (2017). The importance of metaphorical thinking in the teaching of mathematics. Current Science, 113(11), 2160–2164. https://doi.org/10.18520/cs/v113/i11/2160-2164

Khairani, M., Sutisna, & Suyanto, S. (2019). Studi meta-analisis pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158–166. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/292801-studi-meta-analisis-pengaruh-video-pembe-7bf17271.pdf

Kim, J. (2020). Learning and teaching online during covid-19: experiences of student teachers in an early childhood education practicum. International Journal of Early Childhood, 52(2), 145–158. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6

Mardiyanti, D. O., Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematik siswa SMP pada materi segitiga dengan pendekatan metaphorical thinking. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 427–434. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.427-434

Nurhikmayati, I. (2017). Pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis siswa SMP. Jurnal Theorems, 4(2), 169–184. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430

Riska, Yuli, T., & Siswono, E. (2013). Kemampuan siswa memecahkan masalah berbentuk soal cerita aljabar menggunakan tahapan analisis newman. MathEdunesa, 2(2). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2705

Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas model flipped classroom menggunakan video pembelajaran matematika terhadap pemahaman konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2389

Sirad, L. O., & Arbain. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbasis geogebra materi bangun ruang sisi datar pada pembelajaran virtual. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 10(4), 2436–2445.

Sukma, A. P., Nasution, S. P., & Anggoro, B. S. (2018). Media pembelajaran matematika berbasis edutainment dengan pendekatan metaphorical thinking dengan swish max. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 81. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2026

Wahyuningtyas, S., Leonard, L., & Astuti, N. T. (2021). Developing MATMINO (Domino Mathematics) learning media in grade 7 algebra material. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.30998/formatif.v11i1.8158

Wijaya, A., Retnawati, H., Setyaningrum, W., Aoyama, K., & Sugiman. (2019). Diagnosing students’ learning difficulties in the eyes of Indonesian mathematics teachers. Journal on Mathematics Education, 10(3), 357–364. https://doi.org/10.22342/jme.10.3.7798.357-364




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.