PENGEMBANGAN MODUL GEOMETRI ANALITIK BERBASIS STRATEGI REACT BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Asep Ikin Sugandi(1*), Deddy Sofyan(2), Linda Linda(3), Dewi Ratna Sari(4),

(1) STKIP Siliwngi
(2) IPI Garut
(3) IKIP Siliwangi
(4) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan pada penelitian ini ialah  mengembangkan modul geometri analitik berbasis REACT berbantuan geogebra yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.untuk mahasiswa IKIP Siliwangi. Adapun model yang digunakan dalam pengembangaan yaitu model 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Subjek penelitian ini mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2020 berjumlah 18 orang. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa  angket serta tes yang memuat soal uraian mengenai kemampuan berpikir kritis. Dari hasil pengolahan data didapat kesimpulan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan valid dengan nilai rata-rata sebesar 92,06, dikategorikan praktis dengan nilai rata-rata sebesar 72,85 dan dikategorikan efektif dengan nilai rata-rata sebesar 75,25. Denga demikian modul geometri analitik berbasis REACT berbantuan geogebra sangat tepat digunakan dalam pembelajaran geometri untuk tingkat mahasiswa.

 

The purpose of this study is to develop an analytical geometry module based on REACT with the aid of geogebra that meets the valid, practical and effective criteria for students of IKIP Siliwangi. The model used in the development is a 4-D model (Define, Design, Development, and Disseminate). The subjects of this study were 18 students of Mathematics Education class of 2020. Data collection tools in this study were in the form of questionnaires and tests containing descriptions of critical thinking skills. From the results of data processing, it can be concluded that the learning module developed is categorized as valid with an average value of 92.06, categorized as practical with an average value of 72.85 and categorized as effective with an average value of 75.25. Thus, the REACT-based analytic geometry module with the aid of Geogebra is very appropriate to be used in geometry learning for the student level.


Keywords


Berpikir Kritis; Geogebra ; Modul ; REACT .

References


Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah DasarScholaria, 11(1), 11-22.

Fong, C. J., Kim, Y., Davis, C. W., Hoang, T., & Kim, Y. W. (2019). A meta-analysis on critical thinking and community college student achievement. Thinking Skills and Creativity, 26, 71–83.

Hidayat, T. (2019). Analisis Kesalahan Konsep dan Kesalahan Prosedur dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 105– 115.

Isma, T. W., Tasrif, E., Huda, Y., & Syah, N. (2022). Analisis Konten Modul Pelajaran Mikrokontroller Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Kejuruan EDUKATIF, 4(1), 582-589.

Manasikana, M. A., & Junaedi, I. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Kemampuan Aktivitas Menghafal Al-Quran dengan Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, And Share). UJMES, 6(2).

Masud, S. (2020). Analisis Kesalahan Fakta dan Konsep Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Ruang. DIDAKTIKA, 14(2), 147-162.

Miatun, A., & Khusna, H. (2020). Kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan disposisi matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,9(2), 269–278.

Nyeneng, I. D. P., Suana, W., & Maulina, H. (2018). Pengembangan Perangkat Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamadiyah Metro, Vol.VI Nomor 2.

Nyoman, N. G. (2022). Pentingnya Filsafat dalam Matematika bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika, Journal of Arts and Education, 2(1). 20-25.

Pamungkas, D., & Sudihartinih, E. (2021). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Geometri Analitik. 9(2), 223-232.

Patimah, L., & Saniah, L. (2021). Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transfering (REACT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(2), 187-196.

Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2020). Pembelajaran Matematika Sekolah. PT. Nasya Expanding Management. 2020.

Putri, D.A., Fitraini,D. & Revita, R. (2019). Pengembangan Modul Matematika berbasis REACT untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA.Jurnal Juring Vol. 9 Nomor 4 2019

Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP, Jurnal Cendekia, 6(1), 859-873.

Rochmad, R., Kharis, M., & Agoestanto, A. (2018). Keterkaitan miskonsepsi dan berpikir kritis aljabaris mahasiswa S1 pendidikan matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 216–224.

Sari, R. M. V. N., Ardana, I. M., & Suweken, G. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CPS Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 2021, 99-113.

Setiana, D.S. (2019). Menstilus berpikir kritis melalui pengembangan modul pembelajaran matematika. Jurnal Science Tech Vol. 5, No. 1, Februari 2019.

Sugandi, A. I., Linda., Bernard, M. (2020). Pegembangan Bahan Ajar Berbantuan Media Tubomatika untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa, AKSIOMA, 9(3), 809-821.

Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika,605–612.

Susilo, B. E., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2019). Students critical thinking skills toward concepts differences in finding area of a plane region and definite integral. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(1), 1–7.

Thahir, M., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Validity of Learning Website of Kapita Selekta Mathematics Course at UIN Suska Riau Students. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 1(1), 19-25.

Thibaut, L., Knipprath, H., Dehaene, W., & Depaepe, F. (2019). Teachers’ Attitudes Toward Teaching Integrated STEM: the Impact of Personal Background Characteristics and School Context. International Journal of Science and Mathematics Education, 17(5), 987–1007.

Utami, D. N., Kusmanto, B., & Widodo, S. A. (2019). Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Geometri. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1), 37– 44




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.