ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERORIENTASI PISA KONTEN UNCERTAINTY AND DATA

Rini Setyaningsih(1), Latifatul Munawaroh(2*),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan Literasi matematis merupakan kemampuan yang di ukur dalam PISA (Programme for International Student Assessment). Di dalam PISA terdapat empat konten matematika yaitu perubahan dan hubungan (Change and Relationship), ruang dan bentuk (Space and Shape), bilangan (Quantity), serta ketidakpastian dan data (Uncertainly and Data). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal berorientasi PISA konten uncertainty and data siswa kelas VIII dengan indikator literasi matematis yang digunakan yaitu Communication (komunikasi), Mathematising (Matematika), Representation (Representasi), Reasoning and argument (Penalaran dan argumen), Devising strategies for solving problems (Merancang strategi untuk memecahkan masalah), Using symbolic, formal, technical language and operations (Menggunakan bahasa simbolis, formal, teknis dan operasi), Using mathematical tools (Menggunakan alat matematika). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan desain penelitain fenomenologi. Penelitian dilaksanakan di salah satu sekolah di kabupaten Sragen dengan subjek penelitian 3 siswa kelas VIII. Hasil penelitian ini antara lain siswa dengan kemampuan rendah dan sedang memiliki kemampuan literasi matematika yang tergolong belum baik. Sedangkan siswa dengan kemampuan tinggi memiliki kemampuan literasi matematis yang baik. Hal tersebut terbukti dengan hampir mampu memenuhi seluruh indikator literasi matematika. 

 

Mathematical literacy ability is an ability that is measured in PISA (Program for International Student Assessment). In PISA there are four mathematical content, namely change and relationship (Change and Relationship), space and shape (Space and Shape), number (Quantity), and uncertainty and data (Uncertainly and Data). This study aims to describe mathematical literacy skills in solving PISA-oriented questions with uncertainty and data content of class VIII students with mathematical literacy indicators used, namely Communication, Mathematising, Representation, Reasoning and argument, Devising strategies for solving problems, Using symbolic, formal, technical language. and operations, Using mathematical tools. This research is a qualitative research with a descriptive approach and a phenomenological research design. The research was conducted in one of the schools in Sragen district with the research subjects being 3 students of class VIII. The results of this study include students with low and medium abilities who have poor mathematical literacy skills. Meanwhile, students with high abilities have good mathematical literacy skills. This is proven by almost being able to fulfill all indicators of mathematical literacy.


Keywords


Mathematical Literacy; PISA; uncertainty and data

References


Agustin, T., & Mayasari, N. (2022). Pengaruh Model Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Pada Pokok Bahasan Statistik Siswa Kelas Xi Tkr Smkn 3 Bojonegoro. J’THOMS (Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 1(2), 28–35.

Amelia, I., Syamsuri, S., & Novaliyosi, N. (2020). Identifikasi Proses Penyelesaian Soal Literasi Matematika Siswa Kelas IX Pada Konten Peluang dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 331–345. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.212

Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034–1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306

Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2019). Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5359

Holis, M. N., Kadir, & Latief, S. (2016). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Di Kabupaten Konawe. Jurnal Penelitian Pendidkan Matematika, 4(2), 141–152.

Jailani, J., Heri Retnawati, H. R., Wulandari, N. F., & Djidu, H. (2020). Mathematical Literacy Proficiency Development Based on Content, Context, and Process. Problems of Education in the 21st Century, 78(1), 80–101. https://doi.org/10.33225/pec/20.78.80

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Munawaroh, L., & Lukman, D. (2022). : 2022-06-14 Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smk Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Luluk Munawaroh Hasbullah. 8, 111–123.

Murtiyasa, B., Rejeki, S., & Setyaningsih, R. (2018). PISA-like problems using Indonesian contexts. Journal of Physics: Conference Series, 1040(1), 0–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012032

Muzaki, A. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 493–502.

Nizar, H., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2018). Developing pisa-like mathematics problem using the 2018 Asian Games football and table tennis context. Journal on Mathematics Education, 9(2), 183–194. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5246.183-194

Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830

Nuurjannah, P. E. I., Amaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 15. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12016

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.

Pramujiyanti Khotimah, R., Setyaningsih, N., & Sutarni, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru-Guru SMP Muhammadiyah Klaten. Jurnal Warta LPM, 24(4), 646–655. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta

Rahayuningsih, S., Sirajuddin, S., & Nasrun, N. (2020). Cognitive flexibility: exploring students’ problem-solving in elementary school mathematics learning. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 6(1), 59–70. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v6i1.11630

Saputri, L. D., Permatasari, R., & Septiadi, W. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA di SMP Kabupaten Melawi. Literatus, 4(1), 98–103. https://doi.org/10.37010/lit.v4i1.667

Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–344. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256

Sholikin, N. W., Sujarwo, I., & Abdussakir, A. (2022). Penerapan Teori Belajar Bermakna untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 386–396. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1163

Siswowijoyo, M., & Tiya, K. (2014). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di Kota Raha. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 73–90.

Sumardi; Nur Islami, W. (2022). Analisis Tingkat Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1453–1461.

Wutsqa, D. U. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri se-Kabupaten Bantul. Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul, 5(2), 152–162. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i2.15747




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.