CORRESPONDENCE BETWEEN MODELS AND FACTORS OF STUDENT ERRORS IN SOLVING CONTEXTUAL PROBLEMS

Fiki Alghadari(1*), Audi Yundayani(2), Abdul Halim Abdullah(3),

(1) STKIP Kusuma Negara
(2) STKIP Kusuma Negara
(3) Universiti Teknologi Malaysia
(*) Corresponding Author


Abstract


The acquisition of knowledge assists students in navigating life, but their skill configuration is unstable when confronted with contextual problems. The fact that they make problem-solving errors is a stability problem that stems from existential situations. This study examined students' errors in solving contextual math word problems. The respondents were 36 Jakarta junior high school students. This work employs an existential design informed by phenomenology to lessen the connection between the model and error-causing. Newman's strategy found various types of errors. The researchers then investigated the error model and the root causes of the detected errors through interviews. According to the ontological investigation, seven correspondences were discovered between the error models and the causative factors, namely comprehension, transformation, and process skills, so that the origin of occurrences remained unchanged. Deficiencies in process skills cause the majority of correspondence. The phenomenological reduction of the correspondence demonstrates that students are not always engaged in higher-order thinking and tend to concentrate on the procedural knowledge learning process. It can be concluded that the learning process must encourage students' higher-order thinking. When students learn and gain experience through misunderstandings and transformations, they will demonstrate constructive efforts and computational thinking by troubleshooting the problem-solving strategy.

 

Pengetahuan memfasilitasi siswa dalam menghadapi kehidupan, tetapi konfigurasi kemampuan mereka belum mantap ketika dihadapkan pada tantangan kontekstual. Siswa membuat kesalahan dalam penyelesaian adalah masalah stabilitas yang bersumber dari kondisi eksistensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesalahan siswa dalam penyelesaian soal cerita matematika pada setting kontekstual. Responden adalah 36 siswa MTs di Jakarta. Penelitian ini menggunakan desain eksistensial pada perspektif fenomenologis untuk mereduksi korespondensi antara model dan faktor penyebab kesalahan. Jenis kesalahan diidentifikasi dengan pendekatan Newman, kemudian peneliti mengeksplorasi model kesalahan dan faktor penyebab dari jenis-jenis kesalahan yang teridentifikasi melalui wawancara. Hasil penelitian menemukan tujuh korespondensi antara model kesalahan dengan faktor penyebabnya adalah pemahaman, transformasi, dan keterampilan proses, sehingga sumber kejadian menurut kajian ontologis juga tetap konstan. Mayoritas korespondensi dihasilkan dari kesalahan keterampilan proses. Reduksi fenomenologis dari korespondensi tersebut mengungkapkan bahwa siswa tidak selalu terlibat dalam pemikiran tingkat tinggi dan cenderung menitikberatkan proses pembelajaran pada pengetahuan prosedural. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran harus mendorong berpikir tingkat tinggi siswa. Ketika siswa belajar dan memperoleh pengalaman melalui kesalahpahaman dan transformasi, mereka akan mendemonstrasikan upaya konstruktif dan pemikiran komputasi dengan pemecahan masalah strategi pemecahan masalah.


Keywords


Contextual problem; error factors; error models; math word problems.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of students’ errors in solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) problems for the topic of fraction. Asian Social Science, 11(21), 133–142. https://doi.org/10.5539/ass.v11n21p133

Ainin, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks dan Kaitannya dengan Motivasi Belajar Matematika Pada Kelas XI. Euclid, 7(2), 137–147. https://doi.org/10.33603/e.v7i2.3122

Alghadari, F. (2013). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan dan disposisi berpikir kritis matematik siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 164–171. https://doi.org/10.17509/jpp.v13i2.3428

Alghadari, F. (2016). Pemecahan Masalah Spasial Matematis Calon Guru Matematika Ditinjau dari Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Polya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 226–234. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i3.4816

Alghadari, F., Herman, T., & Prabawanto, S. (2020). Factors Affecting Senior High School Students to Solve Three-Dimensional Geometry Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(3), em0590. https://doi.org/10.29333/iejme/8234

Alhassora, N. S. A., Abu, M. S., & Abdullah, A. H. (2017). Newman error analysis on evaluating and creating thinking skills. Man In India, 97(19), 413–427.

Amini, S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Analisis Kesalahan Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial dan Scaffolding-Nya Bagi Kelas VII SMP. Nabla Dewantara, 3(1), 1–28.

Azka, C., & Martila Ruli, R. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 8. https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.181

Azmi, R. D., & Ummah, S. K. (2021). Analisis Kemampuan Computational Thinking Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 4(1), 34–40. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2273

Bahir, R. A., & Mampouw, H. L. (2020). Identifikasi Kesalahan Siswa SMA dalam Membuat Pemodelan Matematika dan Penyebabnya. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 72–81. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.161

Cipta, R. R. P., Ratnaningsih, N., & Muhtadi, D. (2020). Analisis kesalahan siswa menurut tahapan newman dalam menyelesaikan masalah matematika berbantuan scaffolding. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(2), 167–180. https://doi.org/10.37058/jarme.v2i2.1722

Clements, M. A., & Ellerton, N. (1996). The Newman procedure for analysing errors on written mathematical tasks. Retrieved March. http://compasstech.com.au/ARNOLD/PAGES/newman.htm

Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508

Dwita, A., & Sugiman, S. (2021). Analisis Kesalahan-Kesalahan Siswa Dalam Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Pecahan Berdasarkan Analisis Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 758–765. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3462

Edmonds, W. A., & Kennedy, T. D. (2020). An Applied Guide to Research Designs: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. In An Applied Guide to Research Designs: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. Sage Publications. https://doi.org/10.4135/9781071802779

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh pembelajaran problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517

Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 42–52. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.306

Granberg, C. (2016). Discovering and addressing errors during mathematics problem-solving—A productive struggle? The Journal of Mathematical Behavior, 42, 33–48. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2016.02.002

Hariyani, S., & Aldita, V. C. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 39–50. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.805

Ilmiyah, L., Purnama, S., & Mayangsari, S. N. (2018). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 105–115. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a9.2018

Islamiyah, A. C., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 66–76. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10035

Karnasih, I. (2015). Analisis kesalahan Newman pada soal cerita matematis (Newmans error analysis in mathematical word problems). Jurnal Paradikma, 8(01), 37–51. https://doi.org/10.24114/paradikma.v8i1.3352

Lathiifah, I. J., & Kurniasi, E. R. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran SPLDV Berbasis STEM. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1273–1281. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.354

Mulyadi, M., Riyadi, R., & Subanti, S. (2015). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi luas permukaan bangun ruang berdasarkan newman’s error analysis (NEA) ditinjau dari kemampuan spasial. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(4), 370–382.

Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2015). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5), 1–9. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i5.10165

Radmehr, F., & Drake, M. (2017). Revised Bloom’s taxonomy and integral calculus: unpacking the knowledge dimension. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 48(8), 1206–1224. https://doi.org/10.1080/0020739X.2017.1321796

Radmehr, F., & Drake, M. (2018). An assessment-based model for exploring the solving of mathematical problems: Utilizing revised bloom’s taxonomy and facets of metacognition. Studies in Educational Evaluation, 59, 41–51. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.02.004

Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi kesalahan matematika siswa SMP berdasarkan tahapan kastolan. Journal of Honai Math, 3(1), 77–100. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.114

Rahayuningsih, P., & Qohar, A. (2014). Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffolding-nya berdasarkan analisis kesalahan Newman pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 109–116. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7161

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.

Safitri, D. (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Metode Analisis Kesalahan Newman. Jurnal Dewantara, 3(01), 47–59.

Silo, R. A., Herman, T., & Jupri, A. (2021). The design of mathematics learning using didactical engineering to develop the mathematical comprehension ability and self-confidence of elementary students. Journal of Physics: Conference Series, 1957(1), 012011. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1957/1/012011

Silvia, S., Supratman, S., & Madawistama, S. T. (2020). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan Newman. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(2), 191–200. https://doi.org/10.37058/jarme.v2i2.1748

Sirait, J. G., Alghadari, F., & Huda, S. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. In P. P. Utami, W. Nadar, Y. Yuliwati, S. Astuti, & M. Bayanie (Eds.), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 57–66). LPPM STKIP Kusuma Negara.

Son, A L, Darhim, & Fatimah, S. (2019). An analysis to student error of algebraic problem solving based on polya and newman theory. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 012069. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012069

Son, Aloisius Loka, Darhim, D., & Fatimah, S. (2021). The position of students’errors in algebraic problem-solving based on field dependent and independent. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 57–70. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol6no1.2021pp57-70

Supartinah, A., & Hidayat, W. (2021). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Materi Persamaan Linear Tiga Variabel. PRISMA, 10(1), 54–65. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1266

Supiarmo, M. G., Mardhiyatirrahmah, L., & Turmudi, T. (2021). Pemberian Scaffolding untuk Memperbaiki Proses Berpikir Komputasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 368–382. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.516

Supiarmo, M. G., Turmudi, T., & Susanti, E. (2021). Proses berpikir komputasional siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship berdasarkan self-regulated learning. Numeracy, 8(1), 58–72. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1378

Toha, M., Mirza, A., & Ahmad, D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan di kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i1.23626

Yuntawati, Y., Sanapiah, S., & Aziz, L. A. (2021). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 34–42. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i1.3898

Yusuf, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal Persamaan Linear Dua Variabel di SMPN 1 Campaka Mulya-Cianjur. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 59–68.

Zahra, S. J. A. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam pemahaman konsep menyelesaikan soal cerita spldv dengan tahapan newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 87–94. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p87-94




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.4946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.