KOMPETENSI BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN PERSOALAN HOTS BERDASARKAN GAYA BELAJAR
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Kompetensi penting yang wajib dimiliki setiap siswa yakni berpikir kritis. Siswa dalam memecahkan persoalan kontekstual membutuhkan proses berpikir untuk menentukan hasilnya. Tujuan penelitian ini guna mendeskripsikan kompetensi berpikir kritis siswa dalam memecahkan persoalan HOTS berdasarkan gaya belajar. Jenis penelitian ini yakni penelitian kualitatif yang bersifat deskripsi. Subjek pada penelitian ini sebanyak enam siswa yang terdiri dua siswa untuk setiap gaya belajar. Teknik pengumpulan data berupa angket, tes soal HOTS, dan wawancara. Data angket dianalisis dengan menghitung skor untuk mengklasifikasikan gaya belajar siswa. Data hasil tes soal HOTS dianalisis mengacu pada indikator kompetensi berpikir kritis yakni focus, reason, inference, situation, clarify, dan overview (FRISCO). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi berpikir kritis dalam memecahkan persoalan HOTS pada siswa kategori gaya belajar visual dan kinestetik mampu memenuhi indikator kompetensi berpikir kritis pada soal level kognitif menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Kompetensi berpikir kritis pada siswa kategori gaya belajar auditorial pada subjek A1 hanya mampu memenuhi indikator kompetensi berpikir kritis pada persoalan HOTS menganlisis dan mengevaluasi. Subjek A1 mengalami kesulitan dalam memecahkan persoalan HOTS mencipta. Sedangkan subjek A2 mampu memenuhi indikator kompetensi berpikir kritis pada persoalan HOTS menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
An important competency that every student must have is critical thinking. Students in solving contextual problems need a thought process to determine the results. The purpose of this research is to describe students’ critical thinking competence in solving HOTS problems based on learning styles. This type of research is descriptive qualitative research. The subjects in this research were six students consisting of two students for each learning style. Data collection techniques in the form of questionnaires, HOTS test questions, and interviews. Questionnaire data were analyzed by calculating scores to classify the types of student learning styles. The data from the HOTS test result were analyzed by referring to the critical thinking competence indicators are focus, reason, inference, situation, clarify, and overview (FRISCO). Based on the results of the research, it can be concluded that critical thinking competence in solving HOTS problems in the visual and kinesthetic learning styles category students are able to meet the indicators of critical thinking competence at the cognitive levels of analyzing, evaluating, and creating. Critical thinking competence in auditory learning style category students on subject A1 is only able to meet the indicators of critical thinking competence on HOTS problems analyzing and evaluating questions. Subject A1 has difficulty solving the HOTS problem in creating. Meanwhile, subject A2 is able to meet the indicators of critical thinking competence on the HOTS problems analyzing, evaluating, and creating.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alaydrus, M. F. (2020). PENERAPAN MODEL GAYA BELAJAR DI SEKOLAH. El MUBTADA: Journal Of Elementary Islamic Education, 2(2), 13–24.
Amalia, R. Z., & Hadi, W. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERMUATAN HIGHER-ORDER THINKING SKILL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1564–1578. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3743
Chislett, V., & Chapman, A. (2005). VAK Learning Styles Self-Assessment Questionnaire. https://www.businessballs.com/freepdfmaterials/vak_learning_styles_questionnaire.pdf
Darmono, P. B., Wijayadi, M., & Kurniasih, N. (2021). ANALISIS KESULITAN SISWA SMA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(2), 168–173. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v6i2.9814
DePorter, B., & Hernacki, M. (2010). Quantum learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Indonesia: PT Mizan Pustaka.
Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179–186. https://doi.org/10.1080/00405849309543594
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822
Firdaus, N., & Rustina, R. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 432–437.
Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11–20. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221
Istianah, E. (2013). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIK DENGAN PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITES (MEAs) PADA SISWA SMA. Infinity Journal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.23
Lestari, F., Putri, A. D., & Wardani, A. K. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Menggunakan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 62–69. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p62-69
Madu, A. (2017). Higher Order Tingking Skills (Hots) In Math Learning. IOSR Journal of Mathematics, 13(5), 70–75. https://doi.org/10.9790/5728-1305027075
Masek, A., & Yamin, S. (2012). The Impact of Instructional Methods on Critical Thinking: A Comparison of Problem-Based Learning and Conventional Approach in Engineering Education. ISRN Education, 2012, 1–6. https://doi.org/10.5402/2012/759241
Parameswari, P., & Kurniyati, T. (2020). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMEMCAHKAN MASALAH MATEMATIKA. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 89–97. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.6606
Partnership for 21st Century Learning (P21). (2019). FRAMEWORK FOR 21st CENTURY LEARNING DEFINITIONS. 9. https://www.battelleforkids.org/networks/p21/frameworks-resources
Prasianti, D. P., & Setyaningsih, N. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) V Universitas, 176–187.
Purbaningrum, K. A. (2017). KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. JPPM, 10(2), 40–49. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029
Rokhimah, S., & Rejeki, S. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar pada Pembelajaran dengan Model 4K. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.1-13
Rosmaiyadi, R. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM LEARNING CYCLE 7E BERDASARKAN GAYA BELAJAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 12–19. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.722
Setiana, D. S., Nuryadi, N., & Santosa, R. H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Aspek Overview. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6483
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290
Syarifah, T. J., Usodo, B., & Riyadi. (2018). HIGHER ORDER THINGKING (HOT) PROBLEMS TO DEVELOP CRITICAL THINKING ABILITY AND STUDENT SELF EFFICACY IN LEARNING MATHEMATICS PRIMARY SCHOOLS. National Seminar on Elementary Education, 1(1), 917–925.
Widana, I. W. (2017). MODUL PENYUSUNAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Widayanti, F. D. (2013). PENTINGNYA MENGETAHUI GAYA BELAJAR SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELAS. ERUDIO: Journal of Educational Innovation, 2(1), 7–21. https://www.erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/view/228
Widyatiningtyas, R., Kusumah, Y. S., Sumarmo, U., & Sabandar, J. (2015). THE IMPACT OF PROBLEM-BASED LEARNING APPROACH TOSENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ MATHEMATICS CRITICAL THINKING ABILITY. Journal on Mathematics Education, 6(2), 30–38. https://doi.org/10.22342/jme.6.2.2165.107-116
Yanwar, A., & Fadila, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis : Dampak Pendekatan Saintifik ditinjau dari Kemandirian Belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 9–22. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3204
Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). PERBEDAAN INDIVIDU DARI GAYA BELAJARNYA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259–265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4928
Refbacks
- There are currently no refbacks.