KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

Maifalinda Fatra(1*), Muhamad Anang Jatmiko(2), Adison Adrianus Sihombing(3), Umy Zahroh(4),

(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(2) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(3) BRIN
(4) UIN Tulung Agung
(*) Corresponding Author


Abstract


Cita-cita utama pemerintah menggunakan kurikulum K-13 adalah menciptakan generasi yang cerdas berpengatahuan, kompeten dan trampil. Studi ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa madrasah tsanawiyah dalam pembelajaran matematika setelah diberlakukannya kurikulum K-13. Studi ini difokuskan pada TIMSS Assessment framework yang terdiri atas empat materi matematik yaitu bilangan, aljabar, geometri, data dan peluang. Dimensi kognitif yang diukur meliputi kemampuan penerapan dan penalaran. Data penelitian ini berasal dari studi literatur tentang penerapan kurikulum K-13 dan survey yang melibatkan sebanyak 1.317 siswa madrasah tsanawiyah dari tujuh kota di pulau Jawa. Sampel tersebut berasal dari 439 Madrasah Tsanawiyah DKI Jakarta, Bandung, Serang, Semarang, Yogyakarta, Malang dan Surabaya. Analisis inferensial untuk menguji perbedaan antar kelompok data menggunakan uji ANAVA satu jalur. Data dari survey dan studi literatur dianalisis melalui tahapan restatemen, deskripsi dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan tingkat keterampilan HOTS matematis siswa madrasah tsanawiyah. Hal ini mengacu pada hasil uji empiris menggunakan ANAVA satu jalur yang menunjukan nilai signifikansi perbedaan kemampuan HOTS matematis sebesar 0,048 < 0,05. Nilai rata-rata tertinggi untuk aspek penerapan diperoleh siswa madrasah Tsanawiyah Yogyakarta. Sedangkan untuk aspek penalaran nilai rata-rata tertinggi siswa dari Surabaya. Dua kemampuan HOTS tersebut masih tergolong rendah.  Tulisan ini menyarankan perlunya penelitian lanjutan untuk melihat secara khusus penerapan kurikulum K-13 di madrasah untuk dimungkinkannya suatu analisis komparatif.


Keywords


Desain TIMSS; Keterampilan HOTS; Kurikulum K-13; Madrasah Tsanawiyah

References


Abdullah, A. H., Mokhtar, M., Halim, N. D. A., Ali, D. F., Tahir, L. M., & Kohar, U. H. A. (2017). Mathematics teachers’ level of knowledge and practice on the implementation of higher-order thinking skills (HOTS). Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(1), 3–17. https://doi.org/10.12973/ eurasia.2017.00601a

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess HOTS. In Journal of Education (Vol. 88, Issue 18). https://doi. org/10.1177/002205741808801819

Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam. Aksioma, 8(1), 50–64.

Fatra, M., & Maryati, T. K. (2017). The Ability of Creative Mathematical Thinking of Madrasah’s Students. Http://Icems.Event.Uinjkt.Ai.Id/Proceeding-Icems-2017.

Habibi, H., Winiati, I., & Kurniawati, Y. (2020). Analisis Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Indonesian Journal of https://mass.iainjember.ac.id/index.php/mass/article/view/34

Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). Prosiding Seminar Nasional & Call For …, 562–569. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096

Hashim, A. T., Osman, R., Arifin, A., Abdullah, N., & Noh, N. M. (2015). Teachers ’ Perception on Higher Order Thinking Skills as an Innovation and its Implementation in History Teaching Teachers ’ Perception on Higher O rder Thinking Skills as an Innovation and its Implementation in History Teaching. October.

Hooks, B. (2010). Teaching Critical Thinking. Routledge.

Kusuma, M. D., Rosidin, U., & Suyatna, A. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill ( Hots ) Instrument The Development of Higher Order Thinking Skill ( Hots ) Instrument Assessment In Physics Study. January. https://doi.org/10.9790/ 73880701052632

Lemons, P. P. (2015). A New Method for Assessing Critical Thinking in the Classroom. 3568(January 2009). https://doi.org/10.1641/ 00063568 (2006)056

Madu, A. (2017). Higher Order Tingking Skills (Hots) In Math Learning. IOSR Journal of Mathematics, 13(5), 70–75. https://doi.org/10.9790/5728-1305027075

Maskur, R. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https:// doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Masni, H. J. dan M. A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat Pendidikan Dasar Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Kabupaten Aceh Selatan. In Sita Ratnaningsih (Ed.), Seminar Nasional Seminar Nasional dan Pertemuan Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Se-Indonesia (Issue 1, pp. 21–31). Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia.

Mejía-Rodríguez, A. M., Luyten, H., & Meelissen, M. R. M. (2021). Gender Differences in Mathematics Self-concept Across the World: an Exploration of Student and Parent Data of TIMSS 2015. International Journal of Science and Mathematics Education, 19(6), 1229–1250. https://doi.org/10.1007/s10763-020-10100-x

Mullis, I. V. ., & Martin, M. O. (2011). TIMSS and PIRLS 2011: Relationships Among Reading, Mathematics, and Science Achievement- Implications for Early Learning. 1–12.

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Representasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/ 10.30870/ jppm.v11i2.3751

Othman, N., & Mohamad, K. A. (2014). Thinking Skill Education and Transformational Progress in Malaysia. 7(4), 27–32. https:// doi.org/10.5539/ies.v7n4p27

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah, Pub. L. No. 58 tahun 2014, 51 (2014).

Pujianingtias, E. N., Saputra, H. J., & ... (2019). Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/19261

Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230. https://doi.org/ 10.33225/pec/18.76.215

Rudhito, M. A., & Prasety, D. A. B. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model Timss Untuk Mendukung Pembelajaran Matematika Smp Kelas Vii Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.21831/ cp.v1i1.8370

Saraswati, E., & Novallyan, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pemahaman Konsep Trigonometri. IJER (Indonesian Journal of http://ijer.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/ijer/article/view/37

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. https://doi.org/10.23887/ jisd.v4i2.25336

Seman, S. C., Yusoff, W. M. W., & Embong, R. (2017). Teachers Challenges in Teaching and Learning for Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Primary School. International Journal of Asian Social Science, 7(7), 534–545. https://doi.org/10.18488/ journal.1.2017.77.534.545

Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA. … Seminar Nasional Matematika. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21554

Surawati, N. M. D. K. S. (2019). Pengembangan rancangan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam kurikulum 2013 pendidikan agama Hindu. WIDYANATYA, 1(2), 44–55.

Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. 10(11), 78–85. https://doi.org/ 10.5539/ies.v10n11p78

Thompson, T. (2008). Mathematics teachers’ interpretation of higher-order thinking in Bloom’s taxonomy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 3(2), 96–109.

Widana, I. W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment (Hots). JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 3(1), 32–44. https://doi.org/10.21009/jisae.v3i1.4859

Widodo, S., & Kartikasari, K. (2017). Pembelajaran pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar dengan model creative problem solving (CPS). Prisma. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/28

Wittrock, L. W. A. D. R. K. P. W. A. K. A. C. R. E. M. P. R. P. J. R. M. C. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing:A Revision of Bloom ’s Taxonomyof Educational Objectives ABR. In Longman (ABR I DGED). Longman. https://doi.org/10.2307/2281462

Yee, M. H., Yunos, J. M., Othman, W., Hassan, R., Tee, T. K., & Mohamad, M. M. (2015). Disparity of Learning Styles and Higher Order Thinking Skills among Technical Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 204(November 2014), 143–152. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.127

Yoke, S. K., Hasan, N. H., Jangga, R., & Mat Kamal, S. N.-I. (2015). Innovating with HOTS for the ESL Reading Class. English Language Teaching, 8(8), 10–17. https://doi.org/10.5539/elt.v8n8p10

Yunita, W., Syahrial, Hati, M., & Gita. (2020). English Teachers ’ Knowledge on Higher Order Thinking Skills ( Hots ). 9(1), 205–216.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.