PENGEMBANGAN SOAL COUNTER-EXAMPLE MATEMATIS DALAM MATERI ALJABAR di SMP

Sugiatno Sugiatno(1), Mohammad Rif'at(2), Fredi Ganda Putra(3*), Khoirunnisa Imama(4),

(1) Universitas Tanjungpura
(2) Universitas Tanjungpura
(3) UIN Raden Intan Lampung
(4) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan menjelaskan ketepatan soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan CE matematis materi aljabar, mengetahui kemampuan CE matematis siswa yang diidentifikasi dari soal-soal yang diberikan dan menghasilkan soal tes CE yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D (define, design, develop, diseminasi). Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan melalui analisis front-end, analisis peserta didik, dan one-to-one. Analisis kuantitatif dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas. Dengan analisis tersebut diperoleh hasil 10 instrumen tes yang dikembangkan untuk mengukur kemampuan CE siswa SMP pada materi PLSV memenuhi indikator akurasi dengan rata-rata 3,6 , validitas 0,42 dan  reliabilitas 0,59. Kemampuan CE mata pelajaran aljabar siswa SMP berada pada kriteria sangat rendah yaitu 3,06 (skala 0 – 10) dengan nilai terendah 0 dan tertinggi 10. Hasil penelitian menunjukan bahwa materi aljabar dengan penggunaan soal counter-example matematis memenuhi tingkat efektif dalam proses pembelajaran.


Keywords


Counter-example, Model Pengembangan 4-D.

References


Ezzat, S., & Rodney, S. (2021). The cognition of counterexample in mathematics students. arXiv preprint arXiv:2102.05171. 1–8.

Gencturk, Y. C. (2012). Teachers’ mathematical knowledge for teaching, instructional practices, and student outcomes. University of Illinois at Urbana-Champaign.

Inhelder, B., Chipman, H. H., & Zwingmann, C. (1976). Piaget and his school: A reader in developmental psychology. Springer.

Kachapova, F., Black, M., Klymchuk, S., & Kachapov, I. (2007). Counter-examples and paradoxes in teaching mathematical statistics: A case study. Mathematics Teaching-Research Journal Online (MTRJ), 2(1), 1–12.

Kemendikbud (2014). Buku pegangan guru matematika SMP kelas 7 kurikulum 2013 edisi revisi 2014. Balitbang, Kemendikbud.

Kemendikbud (2020). Buku guru kurikulum 2013 kelas VII SMP pelajaran matematika. Balitbang, Kemendikbud.

Klymchuk, S. (2010). Counterexamples in calculus. American Mathematical Soc.

Ko, Y.-Y., & Knuth, E. J. (2013). Validating proofs and counterexamples across content domains: Practices of importance for mathematics majors. The Journal of Mathematical Behavior, 32(1), 20–35.

Komatsu, K. (2010). Counter-examples for refinement of conjectures and proofs in primary school mathematics. The Journal of Mathematical Behavior, 29(1), 1–10.

Komatsu, K., Jones, K., Ikeda, T., & Narazaki, A. (2017). Proof validation and modification in secondary school geometry. The Journal of Mathematical Behavior, 47, 1–15.

Kurniason, H. T., Sugiatno, S., & Hamdani, H. (2018). Instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi

siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5), 1–12.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85.

Morales Carballo, A., Locia Espinoza, E., & Ramirez Barragan, M. (2018). The Theoretical didactic approach to the counterexample in mathematics. International Journal of Research in Education Methodology, 9(1), 1510–1517.

Muklis, Y. M., & Setyaningsih, N. (2015). Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas VII SMP Pelajaran Matematika Ditinjau Dari Implementasi Pendekatan Scientific Dan Penilaian Autentik. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Mulyawati, E., Sugiatno, S., & Yani, A. (2019). Potensi pembuktian menggunakan counter examples dalam materi bilangan di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6), 1–9.

NCTM. (2000). Principle and Standars for School Mathematics. Reston: NCTM.

Oates, T. (2014). Why textbooks count. A Policy Paper.

Selden, A., & Selden, J. (2003). Validations of proofs considered as texts: Can undergraduates tell whether an argument proves a theorem?. Journal for Research in Mathematics Education, 34(1), 4–36.

Sugiatno, S., & Husna, N. (2020). Isu-isu kosakata matematis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 58–66.

Vistro-Yu, C. P., & Toh, T. L. (2019). School mathematics curricula: Asian perspectives and glimpses of reform. Springer.

Wicaksono, A. B., & Saufi, M. (2013). Mengelola kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 440–449.

Yopp, D. A. (2013). Counterexamples as starting points for reasoning and sense making. The Mathematics Teacher, 106(9), 674–679.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.4907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.