KAJIAN ETNOMATEMATIKA PADA MOTIF TENUN IKAT ENDE LIO
(1) Universitas Flores
(2) Universitas Flores
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi etnomatematika pada motif tenun Ende Lio pada materi bangun datar. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Daerah penelitian dilakukan didesa Renga Mange, Kecematan Pulau Ende, Kabupaten Ende. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 3 narasumber pemilik sekaligus penenun kain motif ende lio. Dokumentasi diperoleh pada saat melakukan kegiatan menenun. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep matematika yang terdapat pada motif tenun ikat ende lio menyerupai bangun datar yaitu segitiga, belah ketupat, persegi, persegi Panjang, dan segi banyak. Etnomatematika yang terdapat pada motif kain tenun ende lio dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan matematika melalui tenun ikat ende lio.
This research aims to identify the ethnomathematics of the pattern of Tenun Ikat Ende Lio on the plane geometry materials. This type of research is qualitative research with an ethnographic approach. The research area was carried out in the village of Renga Mange, District of Ende Island, Ende Regency. Data collection methods used are interviews and documentation. Interviews were conducted with 3 resource persons who are owners and weavers of Ende Lio pattern. Documentation is obtained at the time of weaving activities. The results showed that the mathematical concepts contained in the Ende Lio pattern resemble plane geometry, namely triangles, rhombuses, squares, rectangles, and polygons. The ethnomathematics contained in the Ende Lio woven fabric pattern can be used to introduce mathematics through Tenun Ikat Ende Lio.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bili, F. M., Sujadi, A. A., & Arigiyati, T. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika Pada Motif Kain Tenun Sumba Barat Daya. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115-124.
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.
Hardiani, N., & Putrawangsa, S. (2019). Etnomatematika Tradisi Pengukuran Masyarakat Suku Sasak dan Potensi Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA, 8(1), 159-174.
Hardiati, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99-110.
Juano, A., & Jediut, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika dan Hubungannya Dengan Konsep Geomatri pada Matematika Sekolah Dasar Dalam Budaya Masyarakat Manggarai. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 11(2), 270-278.
Lisnanai, Zulkardi, Putri, R. I., & Somakim. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359-370.
Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Semianr Nasional Etnomatnesia (hal. 20-38). Yogyakarta: Universitas Srjanawiyata Tamansiswa.
Mboeik, S. G. (2020). Etnomatematika Pada Tabut Bansal Kota Bengkulu dan Implementasinya pada Pembelajaran Kesebangunan dan Kekongruenan di SMP. Delta, 8(1), 137-148.
Natun, A. Y., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Kain Buna Masyarakat Insana Tengah. Math-Edu: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 31-41.
Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMP di Bandung Barat. JPPM, 11(1), 19-30.
Rahayu, A. P., Snae, M., & Bani, S. (2020). Etnomatematika Pada Kain Tenun Lipa Kaet. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 16-24.
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. al-Khawarizmi, 2, 1-10.
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febrianni, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Raflesia, 03(02), 171-176.
Suryawan, I. P., & Maharani, L. D. (2021). Etnomatematika Kain Tenun Ikat Gringsing Deda Tenganan: Kajian Kosnep Geometri Pada Motif Lubeng. Jurnal Emasains:Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, XI(2), 303-312.
Tobu, P. C., Murwati, S. A., & Putriantoro, C. W. (2020). Kajian Etnomatematika pada Motif Kain Tenun Sikka Nusa Tenggara Timur Dalam Bentuk-bentuk Geometri DImensi Dua. Semianr Nasional Pendidikan Matematika. 1, hal. 43-53. Pekalongan : Universitas Pekalongan.
Widada, W., Herawaty, D., Anggoro, A. F., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2018). Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. 1st International Conference on Educational Science and Teacher Profession (ICETeP). 295, hal. 13-16. Bengkulu: Atlantis Press.
Zaenuri, & Dwidayati, N. (2018). Menggali Etnomatematika: Matematika sebagai Produk Budaya. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (hal. 471-476). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4897
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)