PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Juliana Purba(1), Putri Yuanita(2*), Sehatta Saragih(3),

(1) Universitas Negeri Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, dan LKPD) yang valid dan praktis untuk memfasilitasi peserta didik mengembangkan kemampuan komunikasi matematis (KKM) pada materi sistem koordinat kartesius kelas VIII SMP Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implem entation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi silabus, RPP, LKPD, Soal Tes KKM dan lembar angket respon peserta didik. Data penelitian dianalisis secara deskriftif yaitu analisis kevalidan dan kepraktisan. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata validitas silabus 3,77 dengan kategori sangat valid, untuk RPP rata-rata 3,69 dengan kategori sangat valid, untuk LKPD rata-rata 3,71 dengan kategori sangat valid dan soal tes KKM rata-rata 3,64 dengan kategori sangat valid, serta hasil angket respon peserta didik diperoleh rata-rata persentase 85% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah valid dan praktis untuk memfasilitasi KKM peserta didik.

  

This study aims to stimulate valid and utility learning tools (Syllabus, Lesson Plan and Student Worksheets) to facilitate students in developing Mathematical Communication Skills (KKM) on the Cartesian coordinate system material for VIII grade of Pekanbaru Junior High School 2. This study is development research using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data is collected through the syllabus validation sheets, Lesson Plans, Student Worksheets, Mathematical Communication Skills (KKM) test questions and students response poll sheets. The research data is analyzed descriptively, i.e. the validity and kepraktisan analysis. The results of the data processing obtained and the average syllabus validity of 3.77 with an authentic category, for Lesson Plans an average of 3.69 with an authentic category and Student Worksheets an average of 3.71 with an authentic category and an average Mathematical Communication Skills (KKM) test question of 3.64 with an authentic category and the results of the student polls obtained a mediocre percentage of 85% with a pragmatic category. Based on this study, it can be inferred that the learning tools developed are valid and practical to facilitate Students’ Mathematical Communication Skill.


Keywords


Learning Device Development, Mathematical Communication Skills (KKM), Problem Solving (PS) Models, Validity and Utility.

References


Agitsna, D., Wahyuni, R., & Friansah, .. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematik, 429-437.

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018, Mei). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Journal Cendekia, 1, 15-22.

Asuro, N., & Fitri, I. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self ConceptSiswa SMA/MA. Suska Journal of Mathematics Education, 33-46.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS INDONESIA (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program (pp. 562-569). tasikmalaya: Encyclopedia of Educational Reform and Dissent.

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4, 219-228.

Juniarti, N., & Renda, N. (2019). Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 248-257.

Khoirunnisak, A., & Rizkianto, I. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Mengacu pada Learning Trajectory dan Berorientasi pada Kemampuan Justifikasi Matematis Siswa . Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3, 123-136.

Manik, M., Saragih, S., & Zulkarnain. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta DidikMelalui Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM): Studi Quasi Eksperimen di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3, 101-110.

Nasri, R., & Jamaan, E. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 140-148.

Nugrawati, U., Nuryakin, & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs Dengan Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Indonesia Mathematics Education, 63-68.

Purba, J., Maimunah, & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika, 5 Nomor 1, 13-21.

Putri, R., Damris, & Marzal, J. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving Berbantuan Robocompass pada Materi Sistem Koordinat Kartesius. Jurnal Matematic paedagogic, 31 - 40.

Sahrul, Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Kelas VIII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 626-636.

Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,, 35-46.

Tanjung, H., & Nababan, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMA Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. GENTA MULIA, 178-187.

Wulandari, W., & Wahyudi. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Probem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas 4. JurnalSekolahDasar, 1, 1-10.

Yuherni, Maimunah, & Yuanita, P. (2020). Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Fungsi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1293-1306.

Yuliani, A., Saputro, A., & Saputro, A. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi dan Minat Belajar Matematis Siswa SMP. Journal On Education, 419-429.

Yuliani, E., Arnawa, I., Musdi, E., & Hidayat, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11, 407-418.doi:https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4340

Zakaria, P., Ismail, & Kiu, I. (2015). Pengembangan Instructional Video Berbasis Multimedia untuk Materi Sistem Koordinat. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS 2015 (pp. 85-94). Jalan Jenderal Sudirman Nomor 6 Kota Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.