PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMBUKTIKAN IDENTITAS DASAR TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA REFLEKTIF-IMPULSIF

Anis Farida Jamil(1*), Siti Inganah(2), Anggarda Prasetya(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Proses berpikir kreatif dibutuhkan siswa salah satunya untuk menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan pembuktian. Proses berpikir kreatif berhubungan dengan kognisi seseorang sehingga gaya kognisi dapat mempengaruhi proses berpikir kreatif. Pada penelitian ini, gaya kognisi dibagi menjadi Reflektif dan Impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya reflektif-impulsif dalam menyelesaikan masalah pembuktian dasar trigonometri. Penelitian ini berjenis deskritif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa sekolah menengah atas dengan karakteristik gaya reflektif dan impulsif. Instrumen yang digunakan adalah tes Matching Familiar Figure Test (MFFT), lembar tes, dan lembar wawancara. Lembar MFFT digunakan untuk mengidentifikasi gaya kognitif siswa, lembar tes digunakan untuk melihat proses berpikir kreatif siswa, dan lembar wawancara digunakan sebagai pendukung data hasil tes dalam melihat proses berpikir kreatif. Data dianalisis dengan tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dari 29 siswa yang diberikan tes MFFT diperoleh 10 siswa memiliki karakteristik gaya kognitif reflektif dan 2 siswa memiliki gaya kognitif impulsif. Siswa reflektif memiliki tahapan yang lebih baik pada proses berpikir kreatif daripada siswa impulsif. Namun demikian hasil akhir pembuktian identitas trigonometri adalah sama baik siswa reflektif maupun impulsif.

 

Abstract

The creative thinking process is needed only by students to solve mathematical problems related to proof. The creative thinking process connect to one's cognition so that the cognitive style can affect the creative thinking process. In this study, the cognitive style is divided into Reflective and Impulsive. This study aims to describe the creative thinking process in terms of the reflective-impulsive style in proving trigonometric identity problems. This research is descriptive with a qualitative approach. The research subjects were high school students with reflective and impulsive style characteristics. The instruments used are the Matching Familiar Figure Test (MFFT), test sheets, and interview sheets. MFFT sheets are used to identify students' cognitive styles, test sheets are used to see students' creative thinking processes, and interview sheets are used to support test result data in seeing creative thinking processes. Data with analysis of reduction, presentation, and drawing conclusions. The results showed that from 29 students who were given the MFFT test, 10 students had the characteristics of a reflective cognitive style and 2 students had an impulsive cognitive style. Reflective students have better creative thinking process than impulsive students. However, the final result of proving trigonometric identity is the same for both reflective and impulsive students.


Keywords


Gaya Kognitif; Identitas Trigonometri; Proses Berpikir Kreatif; Reflektif-Impulsif

References


Ayuni, R., Firmansyah, D., Senjayawati, E., & Maya, R. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pada Materi Lingkaran. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(2), 139. https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.212

Azhil, I. M. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(1), 60–68. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.1.60-68

Fauziah, E. W., Sunardi, S., & Kristiana, A. I. (2016). Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Dalam Pengajuan Masalah Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 12 Jember. Jurnal Edukasi, 2(2), 1. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i2.3502

Grégoire, J. (2016). Understanding Creativity in Mathematics for Improving Mathematical Education. Journal of Cognitive Education and Psychology, 15(1), 24–36. https://doi.org/10.1891/1945-8959.15.1.24

Handayanto, A., & Prayito, M. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa SMK dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif dan Hasil Belajar. 2(1), 41–50.

Hayuningrat, S., & Listiawan, T. (2018). Proses Berpikir Siswa dengan Gaya Kognitif Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika Generalisasi Pola. Jurnal Elemen, 4(2), 183. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.752

Herianto, H., & Hamid, N. (2020). Analisis Proses Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 38–49. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.403

Maryanto, N. R., & Siswanto, R. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Gender. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.6171

Miatun, A., & Nurafni, N. (2019). Profil kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya kognitif reflective dan impulsive. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26094

Mubarok, M. S., Pujiastuti, E., & Suparsih, H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 6. 1(2000), 677–683.

Muhtaran, A. Z., Abidin, Z., Pendahuluan, A., & Indonesia, D. (2016). Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2016. 25–29.

Muliawati, N. E., & Istianah, N. F. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 3(2), 118. https://doi.org/10.29100/jp2m.v3i2.1768

Novferma, N., Mujahidawati, M., & Setiana, E. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi SPLTV. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3).

Purnadewi, N., Anggo, M., & Baharuddin, B. (2019). Pengaruh Pendekatan Open ended Dan Pendekatan Problem posing Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5862

Purwanti, D., Fakhri, J., & Negara, H. S. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas Vii Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 91–102. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1733

Rahmatina, S., Sumarmo, U., & Johar, R. (2014). Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. 62–70.

Rismen, S., Juwita, R., & Devinda, U. (2020a). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif. Jurnal Gantang, 5(1). https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1579

Rismen, S., Juwita, R., & Devinda, U. (2020b). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.159

Sitorus, J., & Masrayati. (2016). Students’ creative thinking process stages: Implementation of realistic mathematics education. Thinking Skills and Creativity, 22, 111–120. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.09.007

Syahran, S., & Anisya. (2019). Syahran dan Anisa: Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri di SMA.

Triyani, I., & Azhar, E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.955

Tuowa, K. (2019). Profile of Reasuring Mathematics of Students In Class VII Triangle Materials Of Middle School In The Review. September, 221–228.

Utami, R. E., Ekawati, C., & Handayanto, A. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Siswa SMP. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5502




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.