PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DASAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Sutrisni Andayani(1*), Yusuf Pratama(2),

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Metro
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelaahan matematika merupakan penelaahan terhadap masalah-masalah pada kehidupan nyata,  selanjutnya dibentuk menjadi konsep dan aturan yang didefinisikan menjadi struktur abstrak. Dalam belajar matematika dasar mahasiswa kurang aktif dan masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah. Bahan ajar yang digunakan, pemecahan masalahnya belum berdasarkan kepada masalah nyata Oleh karena itu diperlukan bahan ajar berupa modul yang berbasis masalah dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yaitu berbasis problem based learning (PBL). Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan modul berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini adalah: pada tahap analisis diperoleh hasil pentingnya mengembangkan modul berbasis PBL untuk meningkatkan pemecahan masalah. pada tahap desain, menyusun kerangka dan materi modul dengan langkah-langkah PBL yaitu: menyajikan, mendeskripsikan dan memecahkan masalah, menyajikan hasil dan kesimpulan, serta menyusun instrumen. Pada tahap pengembangan, produk dikembangkan dan diuji melalui validasi ahli, diperoleh hasil sebesar 82% (sangat valid). Tahap implementasi dilakukan uji coba kelompok kecil sebesar 87% (sangat praktis). Tahap evaluasi dilakukan untuk menilai produk, diperoleh hasil bahwa produk valid dan praktis digunakan serta dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sebesar 7,4 dalam kategori baik. Mahasiswa tertarik mempelajari modul dan terbantu dalam memecahkan masalah. Kesimpulannya adalah Modul Matematika Dasar berbasis PBL telah valid, praktis dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dalam penggunaan modul disarankan untuk memotivasi mahasiswa dan memberikan penjelasan materi dengan langkah-langkah PBL

Mathematics is a study of problems in real life, then formed into concepts and rules that are defined into abstract structures. In learning basic mathematics, students are less active and have difficulty in solving problems. The teaching materials used, the problem solving is not based on real problems. Therefore, teaching materials are needed in the form of problem-based modules and improve problem-solving skills, namely problem-based learning (PBL). The purpose of this research is develop a module based on PBL to improve problem solving skills. The research method used development research: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of this study are: at the analysis stage, the results obtained are the importance of developing PBL-based modules to improve problem solving, and designing products using PBL steps, namely: presenting, describing and problem solving, presenting results and conclusions, and compiling instruments. At the development stage, the product was developed and tested through expert validation, is 82% (very valid). The implementation stage, conducted small group trials of 87% (very practical). The evaluation stage is carried out to assess the product, the results are that the product is valid and practical to use and can improve problem solving abilities is 7.4, in good category. Students are interested in studying the module and are helped in problem solving. The conclusion is that the  module based on PBL is valid, practical and can improve problem solving skills. In using the module, it is recommended to motivate students and provide material explanations using problem PBL  steps.


Keywords


Modul Matematika Dasar, Pemecahan Masalah, Pembelajaran Berbasis Masalah

References


Al Ayubi, I. A., Erwanudin & Bernard, M. (2018) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA, Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1(3), 355-360.

Amalia, E., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The Effectiveness Of Using Problem Based Learning (PBL) In Mathematics Problem Solving Ability For Junior High School Students. 2, 3402–3406.

Amaringga, N. G., Amin, M. and Irawati, M. H. (2021) The effect of problem-based learning module containing research result to improvestudents’ scientific literacy AIP Conference Proceedings 2330, 030052, https://doi.org/10.1063/5.0043529. 1-7

Anjarwati, P. G. P., Sajidan & Prayitno, B. A. (2018), Problem-Based Learning Module of Environmental Changes to Enhance Students’ Creative Thinking Skill, Biosaintifika, 10(2), 313-319

Aufa, M. N., Hasbie, M., Jaidie, A., & Yunita, A. (2021). The Effect of Using e-module Model Problem Based Learning (PBL) Based on Wetland Environment on Critical Thinking Skills and Environmental Care Attitudes. 7(3). https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i3.732

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer Science & Business Media.

Fitri, N., Munzir, S., & Duskri, M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 59–67. ttps://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.6902

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The Role of Problem-Based Learning to improve Students ’ Mathematical Problem-Solving Ability. 9(2), 291–300.

Hidayat, W. & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP melalui Pembelajaran Open Ended. 2(1), 109–118.

Kholisho, Y. N. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Multimedia untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Mahasiswa Prodi Pendidikan Informatika. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(1), 17. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i1.733

Maharani, A., Sabandar, J., & Herman, T. (2018). Menumbuhkan Kemampuan Disposisi Matematis Melalui PBL-Team Teaching. 2(2), 197–205.

Marlina, R., Nurjahidah, S., Sugandi, A. I., & Setiawan, W. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Mts Pada Materi Perbandingan dan Skala. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 113. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p113-122

Mathematics, N. C. of T. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America.

Nasution. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bumi Aksara.

Prastika, M. D., Wati M. & Suyidno, S. The Effectiveness of Problem-Based Learning in Improving Students Scientific Literacy Skills and Scientific Attitudes, Berkala Ilmiah pendidikan Fisika 7(30, 185-195

Ratini, Muchtar, H., Suparman, M. A., Tamuri, A. H., & Susanto, E. (2018). The influence of learning models and learning reliance on students’ scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 458–466. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.12489

Rasiman. (2015). Leveling of Students ’ Critical Ability in Solving Mathematics. International Journal of Education and Research, 3(4), 307–318.

Riduwan & Akdon. (2015). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta. Bandung

Sujanem R, P. S. J. B. (2018). The Effectiveness of problem-based hybrid learning model in physics teaching to enhance critical thinking of the students of SMAN The Effectiveness of problem-based hybrid learning model in physics teaching to enhance critical thinking of the students of. International Conference on Mathematics and Natural Sciences (IConMNS). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012040

Suparman, Juandi, D., Tamu, M. (2021). Problem-Based Learning for Mathematical Critical Thinking Skil, Journal of Hunan University (Natural Sciences) 48(2), 133-144 ,

Umanailo, M. C. B., Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Chairul, M. (2019). Problem-Based Learning As An Effort To Improve Student Learning Outcomes Problem-Based Learning As An Effort To Improve Student Learning Outcomes. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(9).

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.