PERSOALAN LITERASI MATEMATIKA PISA MENGGUNAKAN KONTEKS PON PAPUA XX

Anis Munfarikhatin(1*), Irmawaty Natsir(2), Sadrack Luden Pagiling(3),

(1) Universitas Musamus
(2) Universitas Musamus
(3) Universitas Musamus
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan soal literasi matematika berorientasi PISA menggunakan konteks PON Papua XX yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah desain research yang terdiri atas dua tahap yaitu tahap preliminary dan formative evaluation. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA di Merauke, Papua. Soal yang dikembangkan menggunakan konten uncertainty and data yang berfokus pada kemampuan representasi, penalaran dan argumen. Pada soal unit 1 nomor 1 sebanyak 28 siswa mampu menggunakan representasi, penalaran dan argumen. Pada soal unit 1 nomor 2 sebanyak 26 siswa yang mampu menggunakan respesentasi dalam bentuk tabel serta menggunakan penalaran dan argumen. Pada soal unit 2 nomor 1, 27 siswa mampu menggunakan representasi, penalaran dan argumen, dan pada soal unit 2 nomor 2, 25 siswa mampu mengguunakan representasi, penalaran dan argumen. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara siswa merasa antusias dalam mengerjakan soal karena langsung dikaitkan dengan persoalan nyata.

Keywords


Design Research; PON Papua; Soal Matematika PISA

References


Anis Munfarikhatin. (2016). Analisis karakter kerja keras dan literasi matematika pisa siswa melalui pembelajaran model pbl strategi murder materi pythagoras. Universitas Negeri Semarang.

Effendi, K. N. S., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Yaniawati, P. (2019). Developing mathematics worksheet using futsal context for school literacy movement. Journal on Mathematics Education, 10(2), 203–214. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.7307.203-214

Efriani, A., Putri, R. I. I., & Hapizah. (2019). Sailing context in pisa-like mathematics problems. Journal on Mathematics Education, 10(2), 265–276. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.5245.265-276

Ekawati, R., Susanti, S., & Chen, J.-C. (2020). Primary Students’ Mathematical Literacy: a Case Study. Infinity Journal, 9(1), 49. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p49-58

Haigh, J. (2009). Uses and limitations of mathematics in sport. IMA Journal of Management Mathematics, 20(2), 97–108. https://doi.org/10.1093/imaman/dpn024

Jannah, R. D., Ilma, R., & Putri, I. (2019). Soft Tennis And Volleyball Contexts In Asian Games For Pisa-Like Mathematics Problems, 10(1), 157–170.

Karlis, D., Ntzoufras, I., & Repoussis, P. (2021). Mathematics meet sports. IMA Journal of Management Mathematics, 32(4), 381–383. https://doi.org/10.1093/imaman/dpab028

Muhammad F.W. Utomo, H. P., & Mutaqin, dan A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(11), 185–193. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25569

Munfarikhatin, A., Natsir, I., & Merauke, U. M. (2020). Matematika Siswa Pada Konten Space and, 4(1), 128–138.

Natsir, I., & Munfarikhatin, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Multiple Intelligence Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 273. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3384

Noviarsyh Dasaprawira, M., Zulkardi, & Susanti, E. (2019). Developing mathematics questions of Pisa type using Bangka context. Journal on Mathematics Education, 10(2), 303–314. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.5366.303-314

OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. https://doi.org/10.1787/9789264305274-en

Permatasari, R., Ilma, R., & Putri, I. (2018). Pisa-Like : Football Context In Asian Games, 9(2), 271–280.

Pratiwi, I., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2019). Long jump in asian games: Context of pisa-like mathematics problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 81–92. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5250.81-92

Stacey, K., & Turner, R. (n.d.). Assessing Mathematical Literacy.

Thien, L. M. (2016). Malaysian Students’ Performance in Mathematics Literacy in PISA from Gender and Socioeconomic Status Perspectives. Asia-Pacific Education Researcher, 25(4), 657–666. https://doi.org/10.1007/s40299-016-0295-0

Wigati, T., Wardono, W., & Purwanti, E. (2020). Analysis of Mathematical Literacy Skills through PMRI Approaches of Elementary School Students. Journal of Primary Education, 9(3), 303–310. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.39212

Wijaya, A. (2016). Students’ Information Literacy: A Perspective from Mathematical Literacy. Journal on Mathematics Education, 7(2), 73–82. https://doi.org/10.22342/jme.7.2.3532.73-82




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.