PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENDUKUNG PROBLEM SOLVING, COMMUNICATION, DAN COLLABORATION
(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan group investigation terhadap hasil belajar siswa; 2) menganalisis pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan grup investigation terhadap kemampuan problem solving, communication, dan collaboration. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas VIIIB SMP Bopkri 1 Yogyakarta sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) penerapan pendekatan saintifik dengan grup investigation meningkatkan hasil belajar matematika siswa; 2) pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan grup investigation dapat mendukung kemampuan problem solving, communication, dan collaboration.
The aims of this research were to: 1) analyze the effect of learning using a scientific approach with group investigation on students' mathematics learning outcomes; 2) analyze the effect of learningusing a scientific approach with group investigation on problem solving, communication, and collaboration abilities. The type of research is an experimental with a quantitative approach. The subjects of this research is class VIIIB SMP Bopkri 1 Yogyakarta totaling 20 students. The data collection techniques in the research were test, questionnaire, and observation. The data analysis technique used ishypothesis testing using paired sample t-test. The results of this research are as follows: 1) the apliplication of the scientific approach with the grup investigation improves studenst’ mathematicslearning outcomes; 2) learning using a scientific approach with the grup investigation can support problem solving, communication, and collaboration abilities.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Cahyono, H. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan Ditinjau dari Tipe Adversity Quotient (AQ) Siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 69–78. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2484
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Ikawati, N., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan Ditinjau dari Tipe Adversity Quotient (AQ) Siswa. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2484
Izzati, L., Kumar, M., & Priatna, N. (2019). Application Of Investigation Group Learning Model On Triangle Lesson. Journal of Physics: Conf. Series, 1157(ICMScE 2018), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042066
Kurniasari, D., & Kusmayadi, T. A. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Probing-Prompting Dengan Pendekatan Saintifik. 4(4), 444–456.
Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Teorema Phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415–426. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p415-426
Musfiqon, H., & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Center.
Nahdi, D. S. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133–140.
Putra, A., Erita, S., Habibi, M., Gunawan, R. G., & Ningsih, F. (2021). Combining scientific approach and PBL in learning of set to improve mathematical creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1778, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012018
Putri, H. E. (2017). Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA), Kemampuan -kemampuan Matematis, dan Rancangan Pembelajarannya (p. 9). UPI Sumedang Press.
Rafiqoh, S. (2020). Arah Kecenderungan dan Isu Dalam Pembelajaran Matematika Sesuai Pembelajaran Abad 21 A Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 58–73.
Razak, A., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Probing-Prompting Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Operasi Aljabar Ditinjau Dari Kecemasan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(2), 215–228.
Rusyda, N. A., Ahmad, D., Rusdinal, R., & Dwina, F. (2020). Analysis of students’ mathematical communication skill in calculus course. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012043
Septikasari, R. dan R. N. F. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, 8(2), 112–122.
Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130–137. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.23050
Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(11), 56–68.
Widyasari, N. M. S., Rosyidah, S., & Kholifatur, A. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Progres Pendidikan, 1(3), 282–290.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Amat, N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.
Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36
Yunita, S., Andriani, L., & Irma, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Juring(Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 11–18. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/4700/3233
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4785
Refbacks
- There are currently no refbacks.