MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian primer terkait implementasi model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa telah banyak dilakukan. Penelitian-penelitian tersebut perlu diidentifikasi, dianalisis perkembangannya, dan ditarik kesimpulan secara umum sehingga dapat dimanfaatkan sebagai saran bagi kemajuan peneliti dan praktisi di bidang pendidikan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tren penelitian dengan mengidentifikasi dan mengklasifikasikan seluruh hasil penelitian yang berkaitan dengan penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di Indonesia pada tahun 2012-2021. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Terdapat 33 artikel terkait yang dianalisis dalam penelitian ini. Hasil SLR ini menunjukkan penelitian implementasi model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa paling banyak dilakukan pada tahun 2017 dan 2019 dan subjek penelitian terbanyak pada siswa SMP/MTs dengan didominasi oleh materi bangun ruang. Metode penelitian yang paling banyak dilakukan adalah metode kuantitatif dan secara umum hasilnya menunjukkan model Discovery Learning mampu memberikan dampak positif atau meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa lebih baik dibandingkan model pembelajaran lainnya. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi para peneliti dalam melakukan penelitian dan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.
There have been many primary studies on the application of the Discovery Learning model to improve students' mathematical reasoning abilities. All of these studies need to be identified, analyzed and concluded to produce suggestions for researchers and practitioners of mathematics education. This study aims to observe research trends by identifying and classifying studies related to the application of the Discovery Learning model to improve the mathematical reasoning abilities of students in Indonesia from 2012 to 2021. This study uses the Systematic Literature Review (SLR) method. There are 33 related articles analyzed in this study. The results of this SLR show that most on this topic were carried out in 2017 and 2019 as well the research subjects were Junior High School students, dominated by solid figures material. The most widely used research method is the quantitative method. Based on the analysis of the research results of each article, it shows that the Discovery Learning model can have a positive impact or improve students' mathematical reasoning abilities better than other learning models. The results of this study can be considered for researchers in conducting further research and for teachers in carrying out classroom learning.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, E. N. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa Pada Materi Perbandingan Dengan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Foto. Prosiding Seminar Nasional 2015 “Creative and Innovative Teaching,” 102–112.
Ardhini, R. A., Waluya, S. B., Asikin, M., & Zaenuri, Z. (2021). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 201–215.
Asmianti, P. I. A., & Agustyarini, Y. (2021). Efektivitas Metode Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V Materi Pecahan. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(3), 287. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i3.27654
Azizah, D. N., & Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh Pendekatan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa SMK. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 245–252.
Bjuland, R. (2007). Adult Students’ Reasoning in Geometry: Teaching Mathematics through Collaborative Problem Solving in Teacher Education. The Mathematics Enthusiast, 4(1), 1–30. https://doi.org/10.54870/1551-3440.1056
Brodie, K. (2009). Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classrooms. Springer Science & Business Media. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09742-8
Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Information asymmetry, market liquidity and the depreciation of residential property. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77–86.
Calderón, A., & Ruiz, M. (2015). A systematic literature review on serious games evaluation: An application to software project management. Computers and Education, 87, 396–422. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.07.011
Damanik, R. U. F., Pasaribu, R. H., Syahpura, D. A., Putra, B. A., Harahap, Z. I., & Surya, E. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 23 Medan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 1(22), 567–575. http://bulletin.indoms-acehsumut.org/index.php/simantap/article/view/259
Darmawan, D., & Wahyudin, D. (2018). Model pembelajaran di sekolah. PT Remaja Rosdakarya.
Fadli, M., & Mirna, M. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMPN 8 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(3), 137–142.
Fajri, N., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2018). Mathematical Reasoning Abilities of Students through a Model of Discovery Learning in Senior High School. Proceedings of AICS - Social Sciences, 8(2000), 123–132. http://e-repository.unsyiah.ac.id/AICS-Social/article/view/12657
Fitriani, R., & Prahmana, R. C. I. (2021). Penelitian Implementasi Pembelajaran Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Indonesia. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1293–1307. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3968
Halim, F. A., & Rustiyanti, D. Ri. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Limas (Improving Student ’ S Ability Ability Through Discovery Learning Learning in Limas Materials ). GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(02), 118–127.
Handajani, B. (2020). Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Penerbit Adab.
Hariyani, M. (2012). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Dasar Pendahuluan. Jurnal Kutubkhannah Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 15(1), 71–82. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/253
Hermawan, A. S., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 7. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p7-12
Hernawan, W., Yuliardi, R., & Zuli, N. (2016). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dengan Model Discovery Learning Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Hubungan Motivasi Belajar Matematika Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2(2), 108–114.
Ibrahim, I. (2012). Pengaruh Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self-regulated Learning Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA Universitas Lampung, 13(2), 125–134.
Julia, N. T. (2019). Vol III. No.2, Maret 2019, hlm. 134 - 143 Available online at www.jurnal.una.ac.id/indeks/jmp. III(2).
Kirana, Y. C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing. Tdec, 12(2), 169–175. http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/view/48/18
Mahrifah, M., & Samosir, K. (2019). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Siswa Kelas VIII MTs Negeri Siabu. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 12–23.
Meiliputri, R. I., Syarifuddin, H., Musdi, E., & Asmar, A. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTS. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 417–423.
Napitulu, E. E., Suryadi, D., & Kusumah, Y. S. (2016). Cultivating Upper Secondary Students’ Mathematical Reasoning-Ability and Attitude towards Mathematics Through Problem-Based Learning. Journal on Mathematics Education, 7(2), 117–128.
NCTM. (2000). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Routledge & Kegan Paul.
Nofitasari. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Segitiga Kelas VII MTs Ma ’ arif NU Sukodadi. Inspiramatika, 3(1), 36–42.
Pahmi, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mathematical Reasoning Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Menggunakan Discovery Learning. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 32–40.
Parida, Nusantara, T., & Abadyo. (2020). Pembelajaran Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa pada Mateti Program Linear. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 4(2), 1–11.
Rahman, L., Fitriani, D., & Fitri, I. (2019). Pengaruh penerapan model discovery learning terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari pengetahuan awal siswa SMP Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 1–10.
Rahman, T., & Maya, N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 167–174. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.899
Rintoyo, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Math Module Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 62–72.
Sabina, F. (2019). Penerapan Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis serta Dampaknya Terhadap Self Regulated Learning Siswa SMP. Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 2(2), 201–215. https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.52
Santoso, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX SMPN 1 Jaken Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Jurnal Pendidikan Kreatif, 2(2).
Sari, R. N. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMP melalui pembelajaran penemuan terbimbing. PYTHAGORAS: Journal of the Mathematics Education Study Program, 4(2), 12–18.
Simanjuntak, E. (2017). Perbandingan Kemampuan Penalaran Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Wingeom. Generasi Kampus, 10(1), 39–50.
Siregar, A. F. (2020). Development of Learning Devices Based on Guided Discovery to Improve Students’ Mathematical Reasoning Ability and Self-Esteem. Journal of Education and Practice, 101–113. https://doi.org/10.7176/jep/11-3-12
Siregar, A. F., Dewi, I., & Hasratuddin, H. (2020). Development of Learning Devices Based on Guided Discovery to Improve Students’ Mathematical Reasoning Ability and Self-Esteem. Journal of Education and Practice, 11(3), 102–113.
Sumarmo, U. (2014). Kumpulan Makalah: Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya.
Syahputri, I., & Manullang, M. (2017). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VIII SMP Negeri 6 Medan. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4765
Refbacks
- There are currently no refbacks.