MODEL ASESMEN KINERJA PADA PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS PROYEK: BAGAIMANA KELAYAKANNYA?
(1) Universitas Muria Kudus
(2) Universitas Muria Kudus
(3) Universitas Negeri Malang
(4) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keterampilan proses berpikir matematis mahasiswa masih rendah dikarenakan siswa kurang memahami persoalan secara kontekstual. Salah satu jenis asesmen yang digunakan untuk mengukur keterampilan proses berpikir matematis dalam pembelajaran matematika yaitu asesmen kinerja. Asesmen ini kemudian diintegrasikan dengan pada pembelajaran PjBL berbasis etnomatematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan kelayakan model asesmen kinerja pada pembelajaran etnomatematika berbasis proyek untuk mengukur keterampilan proses berpikir matematis mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini yaitu tiga orang validator yang ahli dalam bidang evaluasi pendidikan matematika, pembelajaran matematika, dan etnomatematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket validasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar validasi ahli untuk menilai prosedur, panduan, dan instrument asesmen kinerja pada pembelajaran PjBL berbasis etnomatematika. Hasil penelitian menunjukkan validitas isi yang diperoleh dari ahli mendapatkan nilai sebesar 3,67 pada prosedur asesmen, panduan asesmen sebesar 3,85, dan instrumen asesmen sebesar 3,85. Perangkat dan instrumen tes termasuk pada kriteria sangat layak. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif yaitu dengan cara menentukan rata-rata skor penilaian kemudian mendeskripsikan penilaian perangkat dan instrumen pembelajaran dari validator. Dengan demikian disimpulkan bahwa model asesmen kinerja pada pembelajaran etnomatematika berbasis proyek layak digunakan untuk mengukur keterampilan proses berpikir matematis mahasiswa.
Students' mathematical thinking process skills are still low because students do not understand the problem contextually. One type of assessment used to measure mathematical thinking process skills in mathematics learning is a performance assessment. This assessment is then integrated with ethnomathematics-based PjBL learning. The purpose of this study was to test the performance appraisal model in project-based ethnomathematical learning to measure students' thinking process skills. The type of research used in this research is development research. The subjects of this research are three validators who are experts in evaluating mathematics education, learning mathematics, and ethnomathematics. The data collection technique in this study is a validation questionnaire. The instrument in this study is an expert validation sheet to assess procedures, guidelines, and performance assessment instruments in ethnomathematics-based PjBL learning. The results showed that the validity obtained from the expert was 3.67 in the assessment procedure, the assessment guide was 3.85, and the assessment instrument was 3.85. The test kits and instruments include very feasible criteria. The data analysis technique was carried out qualitatively, namely by determining the average score of the assessment and then describing the learning tools and instruments from the validator. Thus, the performance keyword in project-based ethnomathematical learning is appropriate to be used to measure students' thinking skills.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Ambarwati, R., Dwijanto, & Hendikawati, P. (2015). Keefektifan Model Project-Based Learning Berbasis GQM Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 180–186.
Aminah, N., & Firmasari, S. (2017). Keterampilan Proses Berpikir Matematika Mahasiswa Ditinjau dari Performance Assessment. Jurnal Euclid, 3(2), 588–603.
Andriani, Ikhsan, & Anshari. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Motivasi Siswa SMP melalui Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Menggunakan Game Matematika Online. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 55–63. https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4637
Ansyari, M. F. (2018). Developing A Rubric for Assessing Pre-service English Teacher Struggles with Instructional Planning. Cogent Education, 5, 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1507175
Arisetyawan, A., Suryadi, D., Herman, T., & Rahmat, C. (2014). Study Ethnomathematics : A Lesson of Baduy Culture. International Journal of Education and Research, 2(10), 681–688.
Batari, T., Nursalam, & Angriani, A. D. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Auladuna, 5(1), 1–12.
Dewi, I. A. S. (2017). Analisis Keterampilan Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Model Pembelajaran Inquiry. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami UIN Malang, 469–475.
Heinrich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (1996). Instructional Media and Technologies for Learning. Merrill.
Nuraini, Nursangaji, A., & Hamdani. (2018). Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Perbandingan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 57–59.
Putriadi, D. N., Suastra, I. W., & Adnyana, P. B. (2020). Pengembangan asesmen kinerja pada praktikum IPA berbasis pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14(2), 125–143.
Setiawan, H., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(7), 874–882.
Soemarno, U. (2013). Kumpulan Makalah, Disposisi dan Berfikir Kritis Matematika Serta Pembelajarannya. Jurusan Pedidikan Matematika FMIPA-UPI.
Taherdoost, H. (2016). Validity and Reliability of the Research Instrument ; How to Test the Validation of a Questionnaire / Survey in a Research Hamed Taherdoost To cite this version : HAL Id : hal-02546799 Validity and Reliability of the Research Instrument ; How to Test the. International Journal of Academic Research in Management, 5(3), 28–36.
Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Etnomatematika Untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 16–23. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.295
Ulya, H., & Rahayu, R. (2018). Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Open-Ended Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Journal of Medives, 2(2), 189–194.
Zamanzadeh, V., Ghahramanian, A., Rassouli, M., Abbaszadeh, A., Alavi-Majd, H., & Nikanfar, A.-R. (2015). Design and Implementation Content Validity Study: Development of an instrument for measuring Patient-Centered Communication. Journal of Caring Sciences, 4(2), 165–178. https://doi.org/10.15171/jcs.2015.017
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4763
Refbacks
- There are currently no refbacks.