PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS POBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Diana Ali(1*), Nurhanurawati Nurhanurawati(2), Sri Hastuti Noer(3),

(1) 
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis PBL dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang valid, dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan menggunakan 6 tahap model penelitian menurut Borg dan Gall, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan desain produk awal, uji coba lapangan awal revisi hasil uji coba lapangan awal, dan uji pelaksanaan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa LKPD berbasis PBL dengan pendekatan kontekstual sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika terutama pada materi program linier. LKPD ini juga efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

 


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah, LKPD, Problem Based Learning

References


Abuddin. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswwa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55.

Asmawati, R., & Wuryanto. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran LC 5E Dan TSTS Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Kreano, 5(1), 26–32.

Azizah, G. N., & Sundayana, R. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Siswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR dan Probing Prompting. Jurnal Matematika STKIP Garut, 5(3), 305–314.

Choridah, D. T. (2013). Peran pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif serta disposisi matematis siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matrmatika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 194–202.

Dinda, Ambarita, A., Herpratiwi, & Nurhanurawati. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3712–3722.

Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61.

Lase, N. K., & Lase, R. K. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Kelas VII SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 450–461.

Leonda, M. A., Desnita, & Budi, A. S. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Materi Usaha Dan Energi Di Sma (Sesuai Kurikulum 2013). In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal).

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis. JPPM ( Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika ), 11(2), 17–32.

Ramadhani, R., Umam, R., Abdurrahman, A., & Syazali, M. (2019). The Effect Of Flipped-Problem Based Learning Model Integrated With LMS-Google Classroom For Senior High School Students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 137–158. https://doi.org/https://doi.org/10.17478/jegys.548350

Rizkiah, A. W., Nasir, & Komarudin. (2018). LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal : Jurnal Matematika, 1(1), 39–47.

Sundayana, R. (2014). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

Tristanti, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(3), 338–349.

Weaver, M. G., Samoshin, A. V, Lewis, R. B., & Gainer, M. J. (2016). Developing Students ’ Critical Thinking, Problem Solving, and Analysis Skills in an Inquiry-Based Synthetic Organic Laboratory Course. Journal Of Chemical Education, 93(5), 847–851. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.5b00678

Yuliati, L., Riantoni, C., & Mufti, N. (2018). Problem Solving Skills on Direct Current Electricity through Inquiry-Based Learning with PhET Simulations. International Journal of Instruction, 11(4), 123–138. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1149a

Abuddin. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswwa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55.

Asmawati, R., & Wuryanto. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran LC 5E Dan TSTS Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Kreano, 5(1), 26–32.

Azizah, G. N., & Sundayana, R. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Siswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR dan Probing Prompting. Jurnal Matematika STKIP Garut, 5(3), 305–314.

Choridah, D. T. (2013). Peran pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif serta disposisi matematis siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matrmatika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 194–202.

Dinda, Ambarita, A., Herpratiwi, & Nurhanurawati. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3712–3722.

Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61.

Lase, N. K., & Lase, R. K. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Kelas VII SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 450–461.

Leonda, M. A., Desnita, & Budi, A. S. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Materi Usaha Dan Energi Di Sma (Sesuai Kurikulum 2013). In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal).

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis. JPPM ( Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika ), 11(2), 17–32.

Ramadhani, R., Umam, R., Abdurrahman, A., & Syazali, M. (2019). The Effect Of Flipped-Problem Based Learning Model Integrated With LMS-Google Classroom For Senior High School Students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 137–158. https://doi.org/https://doi.org/10.17478/jegys.548350

Rizkiah, A. W., Nasir, & Komarudin. (2018). LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal : Jurnal Matematika, 1(1), 39–47.

Sundayana, R. (2014). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

Tristanti, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(3), 338–349.

Weaver, M. G., Samoshin, A. V, Lewis, R. B., & Gainer, M. J. (2016). Developing Students ’ Critical Thinking, Problem Solving, and Analysis Skills in an Inquiry-Based Synthetic Organic Laboratory Course. Journal Of Chemical Education, 93(5), 847–851. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.5b00678

Yuliati, L., Riantoni, C., & Mufti, N. (2018). Problem Solving Skills on Direct Current Electricity through Inquiry-Based Learning with PhET Simulations. International Journal of Instruction, 11(4), 123–138. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1149a




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.