PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAAN GEOGEBRA UNTUK MENDUKUNG KETERAMPILAN COLLABORATION, PROBLEM SOLVING, DAN COMMUNICATION

Dwi Susanti(1*), Jailani Jailani(2), Latif Irfan(3),

(1) 
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan Geogebra dalam meningkatkan kompetensi siswa sebelum dan sesudah diperlakukan pembelajaran, (2) menganalisis pengaruh pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan Geogebra dalam mendukung keterampilan collaboration, problem solving, dan communication. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, alat dan analisis statistik yang sesuai, sehingga temuan yang diperoleh tidak berbeda dengan keadaan yang sebenarnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA YPPI Belitang. Sampel penelitian dipilih dengan metode purposive sampling, yaitu kelas X IPA. Instumen penelitian yang digunakan yaitu tes pengetahuan Kompetensi Dasar siswa, tes keterampilan problem solving dan communication, dan angket keterampilan collaboration. Pengujian hipotesis penelitian yaitu menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran matematika berbantuan Geogebra dengan model kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel. (2) Pembelajaran matematika berbantuan Geogebra dengan model kooperatif tipe group investigation dapat mendukung kemampuan komunikasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah siswa. Selain itu, model kooperatif yang didukung Geogebra dapat digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa abad ke-21. Pembelajaran matematika harus diatur untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi, pemecahan masalah, dan komunikasi siswa. Keterampilan tersebut sangat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menghadapi masalah yang lebih kompleks.

 

This study aims to: (1) analyze the effect of Geogebra-assisted group investigation cooperative learning in improving student competence before and after learning treatment, (2) analyze the effect of Geogebra-assisted group investigation cooperative learning in supporting collaboration, problem solving, and communication skills. This study uses a quantitative approach, appropriate statistical tools and analysis, so that the findings obtained do not differ from the actual situation. The population of this study were all students of class X SMA YPPI Belitang. The research sample was selected by purposive sampling method, namely class X IPA. The research instruments used were students' Basic Competency knowledge tests, problem solving and communication skills tests, and collaboration skills questionnaires. Testing the research hypothesis is using the Paired Sample T-Test. The results of the study show that: (1) Geogebra-assisted mathematics learning with a cooperative model of group investigation type can improve students' abilities in studying the Two Variable Inequality System. (2) Geogebra-assisted mathematics learning with a group investigation type cooperative model can support students' communication, collaboration, and problem solving skills. In addition, the cooperative model supported by Geogebra can be used by teachers in improving the abilities and skills of 21st century students. Mathematics learning should be organized to improve students' collaboration, problem solving, and communication skills. These skills greatly affect students' ability to deal with more complex problems.


Keywords


Collaboration; communication; geogebra; group investigation; problem solving

References


Agustiana, E., & Putra, F. G. (2018). Farida,‘Pengaruh Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Dengan Pendekatan Lesson Study Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.’ Desimal: Jurnal Matematika, 1(1).

Ariyanto, S. R., & Muslim, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMK Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Vokasi Teknik Otomotif, 1(1), 25–33.

Da Fonte, M. A., & Barton-Arwood, S. M. (2017). Collaboration of general and special education teachers: Perspectives and strategies. Intervention in School and Clinic, 53(2), 99–106. https://doi.org/https://doi.org/ 10.1177/1053451217693370

Davis, K., Boss, J. A., & Meas, P. (2018). Playing in the virtual sandbox: Students’ collaborative practices in Minecraft. International Journal of Game-Based Learning (IJGBL), 8(3), 56–76. https://doi.org/https:// doi.org/10.4018/IJGBL.2018070104

Fatimah, F. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249–259. https://doi.org/10.21831/pep.v16i1.1116

Harisuddin, M. I. (2019). Asyiknya Belajar Matematika Dengan Geogebra. Deepublish.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74–81.

Isman, M. N. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A. B., & Muntari, S. (2018). Identifikasi kesiapan LKPD guru terhadap keterampilan abad 21 pada pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profei Pendidikan, 3(2), 124–128. https://www.neliti.com/publications/298728/identifikasi-kesiapan-lkpd-guru-terhadap-keterampilan-abad-21-pada-pembelajaran

Muslim, & Haris, A. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Materi Geometri Berbantuan Geogebra Ditinjau Dari Kemampuan Representasi Matematika Dan Self-Efficacy. LPP Mandala, 2(14 October 2018), 438–446.

Ning, W., Kumalaretna, D., & Harapan, S. M. K. T. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 195–205.

Paryanto. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Pelajaran Passing Dalam Permainan Bola Voli.

Peranginangin, S. A., & Surya, E. (2017). An Analysis of Students’ Mathematics Problem Solving Ability in VII Grade at SMP Negeri 4 Pancurbatu. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, June, 57–67. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131

Putra, I. M. A. W. N., Waluyo, D., & Ariawan, I. P. W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis GeoGebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Gianyar Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 8(2).

Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis Learning and Inovation Skills Mahasiswa Pai Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Conciencia, 19(2), 112–131. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4323

Rustanuarsi, R., & Karyati, K. (2019). The effectiveness of collaborative learning model with challenging task on students mathematical problem-solving skills. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 42058. https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042058

Sari, F., Suhaidi, M., Febrina, W., & Desyanti, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sempoa Berbasis Teknologi Informasi. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.171

Sidi, P. (2020). Discoblog Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Siswa Kelas X Akl 2 Smk N 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2), 70–82. https://doi.org/10.23917/jpis.v30i2.11011

Spies, T. G., & Xu, Y. (2018). Scaffolded academic conversations: Access to 21st-Century collaboration and communication skills. Intervention in School and Clinic, 54(1), 22–30. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/ 1053451218762478

Sudihartinih, E., & Wahyudin, W. (2019). Pembelajaran Berbasis Digital: Studi Penggunaan Geogebra Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Tatsqif, 17(1), 87–103. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.944

Ulia, N. (2016). Peningkatan pemahaman konsep matematika materi bangun datar dengan pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan pendekatan saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(11), 56–68.

Vallori, A. B. (2014). Meaningful learning in practice. Journal of Education and Human Development, 3(4), 199–209.

Wondo, M. T. S., Mei, M. F., & Seto, S. B. (2020). Penggunaan Media Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Ruang untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 163. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12049

Yunita, S., Andriani, L., & Irma, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 11. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4700




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.