MODIFIKASI PLATFORM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL

Akbar Nasrum(1*), Made Subawo(2),

(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author


Abstract


Saat ini berbagai macam media dapat digunakan untuk mengajar secara online. Bisa menggunakan WhatsApp, Facebook, Instagram atau beragam media sosial lainnya. Namun untuk kebutuhan belajar mengajar, platform Leaning Management System (LMS) jauh lebih baik dari semua sosial media tersebut. Salah satu LMS yang cukup popular dikalangan akademisi adalah Google Classroom. Namun fitur dalam Google Classroom standar tidak selengkap dengan LMS lain seperti Schoology dan Moodle. Tujuan dari penelitian ini adalah memodifikasi/mengembangkan google classroom standar menjadi LMS dengan fitur yang lebih lengkap. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan matematika semester IV tahun 2021. Cakupan materi yang akan dimasukkan dalam sistem adalah materi dalam mata kuliah Analisis Real I pada program studi Pendidikan matematika. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan menggunakan model Plompt. Platform yang sudah dikembangkan kemudian dinilai oleh evaluator dari sisi aksebilitas, kustomisasi, kelas virtual, evaluasi dan kontennya sebelum diimplementasikan. Hasil penilaian dari dua evaluator menunjukkan bahwa Platform yang dikembangkan sangat baik digunakan untuk proses pembelajaran online ataupun pembelajaran campuran (Belnded Learning). Platform pembelajaran ini dapat digunakan oleh dosen lain yang mengajar mata kuliah yang sama dengan menggunakan referensi yang sama.

 

Currently, various kinds of media can be used to teach online. Could be used WhatsApp, Facebook, Instagram, or various other social media. However, for teaching and learning needs, the Learning Management System (LMS) platform is much better than all these social media. One LMS that is quite popular among academics is Google Classroom. However, the features in standard Google Classroom are not as complete as other LMS such as Schoology and Moodle. The purpose of this research is to modify or develop the standard google classroom into an LMS with more complete features. The research subjects are students of Mathematics Education semester IV 2021. The scope of material that will be included in the system was material in the Real Analysis I course in the Mathematics Education study program. The method used was the development method using the Plompt model. The platform that has been developed was then assessed by evaluators in terms of accessibility, customization, virtual classes, evaluation, and content before being implemented. The results of the assessments from the two evaluators showed that the platform developed was very well used for the online learning process or mixed learning (Blended Learning). This learning platform could be used by other lecturers who teach the same subject using the same reference.


Keywords


Google Classrom, Learning Management System, LMS

References


Azhar, K. A., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ Perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52–66.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 . Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Heggart, K. R., & Yoo, J. (2018). Getting the most from google classroom: A pedagogical framework for tertiary educators. Australian Journal of Teacher Education, 43(3), 140–153. https://doi.org/10.14221/ajte.2018v43n3.9

Joy, R., Ventayen, M., Lea, K., Estira, A., de Guzman, M. J., Cabaluna, C. M., & Espinosa, N. N. (2018). Usability Evaluation of Google Classroom: Basis for the Adaptation of GSuite E-Learning Platform. Asia Pacific Journal of Education, Arts and Sciences, 5(1), 47–51.

Kartika, A., Kismartini, K., & Rahman, A. Z. (2021). Implementasi Kebijakan Kuliah Daring di Universitas Diponegoro. Journal Of Public Policy And Management Review, 10(4), 79–98.

Kusnayat, A., Hifzul Muiz, M., Sumarni, N., Salim Mansyur, A., & Yuliati Zaqiah, Q. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran , 1(2), 153–165.

Mashuri, S., & Nasrum, A. (2020). Efek Pembelajaran Tambahan Menggunakan Schoology pada Mata Kuliah Kalkulus. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 561. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2790

Nasrum, A. (2020). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pemahaman Konsep Kalkulus Berbasis Komputer. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 78. https://doi.org/10.31100/histogram.v4i1.540

Nasrum, A., & Subawo, M. (2021). Perbandingan Kefektifan Google Classrom dan Microsoft Teams dalam Mengelola Kelas Online. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 129–143.

Nizal, I., Shaharanee, M., Jamil, J. M., Syamimi, S., & Rodzi, M. (2016). The Application of Google Classroom as a Tool for Teaching and Learning. Jurnal Teknik Telekomunikasi, Elektronika Dan Komputer (JTEC), 8(10), 5–8.

Okmawati, M., Negeri, S., Selatan, S., Tanjak, D., Sangir, K., & Selatan, K. S. (2020). The Use of Google Classroom During Pandemic. Journal of English Language, 9(2), 438–443. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt

Ronitua Gultom, C., & Sitanggang, S. G. (2020). Persepsi Mahasiswa Unika Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid 19. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (PENDISTRA), 3(1), 6–15.

Subawo, M., & Nasrum, A. (2021). Pengembangan Instrumen Uji Kompetensi untuk Calon Guru Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1757. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3951

Sudarsana, I. K., Putra, I. B. M. A., Astawa, I. N. T., & Yogantara, I. W. L. (2019). The use of Google classroom in the learning process. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 0–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012165

Sukmawati, S., & Nensia, N. (2019). The Role of Google Classroom in ELT. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2). https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1526




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.