ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI PEMROSESAN INFORMASI DAN PEMBERIAN SCAFFOLDING

Tri Rizka Milazoni(1*), Maison Maison(2), Nizlel Nizlel(3),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan teori pemrosesan infomasi dan pemberian scaffolding. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik snowbal sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII, subjek penelitian ini berjumlah 4 orang yang bersedia mengerjakan soal dengan metode think aloud dan dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes dan lembar wawancara. Data yang diperoleh dianalisis  dengan langkah-langkah (1) Mereduksi data, yaitu memfokuskan pada siswa yang hasil jawabannya mengacu pada aspek kesalahan siswa. (2) menyajikan data yaitu mengklasifikasikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan kesalahan Newman. (3) menarik kesimpulan yaitu melakukan kegiatan atau pemberian scaffolding yang sesuai dengan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada masing-masing siswa. Hasil penelitian ini yaitu setelah diberikan scaffolding kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika tersebut berkurang, dan siswa mampu menjawab dengan benar setelah diberikan scaffolding.

This study aims to analyze student errors in solving math story problems based on information processing theory and scaffolding. This type of research is descriptive qualitative research. In determining the subject of this research using snowbal sampling technique. The research subjects were students of class VIII, the subjects of this study were 4 people who were willing to work on the questions using the think aloud method and could provide information related to this research. The instruments used in this study were test questions and interview sheets. The data obtained were analyzed by steps (1) Reducing data, namely focusing on students whose answers refer to aspects of student errors. (2) presenting data, namely classifying the types of errors made by students based on Newman's errors. (3) draw conclusions, namely carrying out activities or providing scaffolding according to students' mistakes in solving math story problems for each student. The results of this study were that after being given scaffolding the students' errors in solving math story problems were reduced, and students were able to answer correctly after being given scaffolding.


Keywords


Error Solving Story Problems, Information Processing Theory, Scaffolding.

References


Anghileri, J. (2006). Scaffolding practices that enhance mathematics learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 9(1), 33–52. https://doi.org/10.1007/s10857-006-9005-9

Bikmaz, F. H., İ, Ö. Ç., Ata, A., Özer, E., Soyak, Ö., & Reçber, H. (2010). Scaffolding Strategies Applied by Student Teachers to Teach Mathematics. 3.

Hafidzah. (2016). Efektivitas penggunaan metode. 2(1), 12–22.

Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in Assam (India): An analysis using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in in Engineering Sciences, 2(I), 17–21.

Kristanti, D. (2020). Scaffolding Sebagai Upaya Mengatasi Kesalahan Matematika Siswa Kelas Viii. 54–65.

Lestari, A. R. A., Minggi, I., & Qadry, I. K. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Prosedur Newman. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Mtematika), 11(2), 122–129. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/3513

Magdalena. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi …. Skripsi, 7(December). https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411412017/pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-masalah-terhadap-kemampuan-pemecahan-masalah-matematika-siswa-pada-materi-statistika.html

Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707

Matematika, P., & Malang, P. N. (2016). PROSES BERPIKIR SISWA SMP BERGAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DALAM MENYELESAIKAN. 237–245.

Ngilawajan. (2021). Proses Berpikir Siswa Smk Dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 150–158. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i2.7487

Parameswari, P., Chandra, T. D., & Susiswo. (2018). Pelaksanaan Scaffolding untuk Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PtLSV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(5), 656–670.

Rindyana, B. S. B. (2012). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan Analisis Newman. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Malang.

Satori,D., dan K. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Singh, P. (2010). The Newman procedure for analyzing Primary Four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. In Procedia - Social and Behavioral Sciences (Vol. 8, pp. 264–271). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036

Sukoriyanto, S. (2021). Analysis of student errors in solving linear programming problems based on Newman’s procedures in terms of writing mathematical communication capabilities. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2330). https://doi.org/10.1063/5.0043383




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.