PENGEMBANGAN LKPD STEM BERBASIS MIKiR MATERI PERISKOP

Meza Mardita(1), Jesi Alexander Alim(2*), Neni Hermita(3), Tommy Tanu Wijaya(4),

(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(4) School of Mathematics Science Beijing Normal University Beijing, China
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)  dengan pendekatan STEM berbasis MIKiR untuk materi periskop di kelas 5 Sekolah Dasar dengan menggunakan model Plomp (2013). Tahapan pengembangan yang dilakukan dengan tiga fase:  Preliminary Research Phase, Prototyping Phase, dan Assessment Phase. LKPD yang telah dikembangkan divalidasi oleh tiga orang ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Sedangkan kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik dan guru. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan angket. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini didapatkan LKPD STEM berbasis MIKiR materi periskop dinyatakan sangat valid dengan persentase rata-rata 84,06%, dan produk dinyatakan sangat praktis persentase rata-rata 92,5%.

This study aims to develop a Student Worksheet with a MIKiR-based STEM approach for periscope material in grade 5 Elementary School using the Plomp model (2013). The development stage is carried out in three stages: Preliminary Research Stage, Prototyping Stage, and Assessment Stage. The student worksheets that have been developed are validated by three experts consisting of media experts and material experts. Meanwhile, practicality can be seen from the questionnaire responses of students and teachers. The research data were collected by means of observation, interviews and questionnaires. Data processing in this study was carried out by means of quantitative and qualitative analysis. The results of this study showed that the MIKiR-based LKPD STEM periscope material was declared very valid with an average percentage of 84.06%, and the product was stated to be very practical with an average percentage of 92.5%. So it can be concluded that the MIKiR-based LKPD STEM periscope material that has been developed is valid and practical and can be used in learning.

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)  dengan pendekatan STEM berbasis MIKiR untuk materi periskop di kelas 5 Sekolah Dasar dengan menggunakan model Plomp (2013). Tahapan pengembangan yang dilakukan dengan tiga fase:  Preliminary Research Phase, Prototyping Phase, dan Assessment Phase.LKPD yang telah dikembangkan divalidasi oleh tiga orang ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Sedangkan kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik dan guru. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan angket. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini didapatkan LKPD STEM berbasis MIKiR materi periskop dinyatakan sangat valid dengan persentase rata-rata 84,06%, dan produk dinyatakan sangat praktis persentase rata-rata 92,5% . Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD STEM berbasis MIKiR materi periskop yang telah dikembangkan valid dan praktis serta dapat digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: LKPD; MIKiR; STEM

 

Abstract

This study aims to develop a Student Worksheet with a MIKiR-based STEM approach for periscope material in grade 5 Elementary School using the Plomp model (2013). The development stage is carried out in three stages: Preliminary Research Stage, Prototyping Stage, and Assessment Stage. The student worksheets that have been developed are validated by three experts consisting of media experts and material experts. Meanwhile, practicality can be seen from the questionnaire responses of students and teachers. The research data were collected by means of observation, interviews and questionnaires. Data processing in this study was carried out by means of quantitative and qualitative analysis. The results of this study showed that the MIKiR-based LKPD STEM periscope material was declared very valid with an average percentage of 84.06%, and the product was stated to be very practical with an average percentage of 92.5%. So it can be concluded that the MIKiR-based LKPD STEM periscope material that has been developed is valid and practical and can be used in learning.  

Keywords


LKPD;MIKiR;STEM

References


Alim, J. A., Fauzan, A., Arwana, I. M., & Musdi, E. (2020). Model of Geometry Realistic Learning Development with Interactive Multimedia Assistance in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1471/1/012053

Alim, J. A., Hermita, N., Alim, M. L., Wijaya, T. T., & Pereira, J. (2021). Developing a Math Textbook using realistic Mathematics Education Approach to increase elementary students’ learning motivation. Jurnal Prima Edukasia, 9(2).

Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(3), 375–385.

Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., & Festiyed, F. (2018). Effectiveness of Adaptive Contextual Learning Model of Integrated Science by Integrating Digital Age Literacy on Grade VIII Students. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012067

Falentina, C. T., Abdul, D., Lidinillah, M., & Mulyana, E. H. (2018). Mobil Bertenaga Angin : Media Berbasis STEM untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 152–162.

Fatimah, S., Hamdu, G., & Nugraha, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Outdoor Berbasis STEM di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 101–107.

Febri, E., Siregar, S., Sari, S. P., Pendidikan, S., Sekolah, G., & Utara, M. S. (2020). Optimalisasi Pendekatan MIKiR Sebagai Solusi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru SD Muhammadiyah Kota Medan. 4(3), 550–556.

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Developing students worksheet on guided inquiry to improve critical thinking skills and learning outcomes of students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40.

Firdaus, S., & Hamdu, G. (2020). Pengembangan Mobile Learning Video Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Di Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p066

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Hamdu, G., & Rostiana, N. I. (2020). Desain Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Stem Untuk Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 79–87. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4809

Hamzah, F. (2016). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Integrasi Islam – Sains Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas Ix Madrasah Tsanawiyah. Adabiyah : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 41. https://doi.org/10.21070/ja.v1i1.163

Hidayati, Y. M., Septiani, T., Surakarta, U. M., & Surakarta, U. M. (2015). Studi kesiapan guru melaksanakan kurikulum 2013 dalam pembelajaran berbasis tematik integratif di sekolah dasar se kecamatan colomadu tahun ajaran 2014/2015. 49–58.

Izzah, N., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Meta Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA dan Fisika Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 114. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3495

Jalinus, Jalinus, and Jesi Alexander Alim. 2019. “Quality Review of Computer Based Interactive Mathematics Learning Media on Geometry Topics in Flat Fields for Elementary Students.” Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences: 397–407.

Latifah, S., Setiawati, E., & Basith, A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 43–51. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.104

Oktapiani, N., & Hamdu, G. (2020). Desain Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 99. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.99-108

Setiawaty, S., Imanda, R., Fitriani, H., & Ratih, P. S. (2020). Pengembangan LKS sains berbasis STEM untuk siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 1(1), 485–490.

Sukmagati, O. P., Yulianti, D., & Sugianto, S. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis stem (science, technology, engineering, and mathematics) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa smp. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 18-26.

Wijaya, T. T., Li, L., Hermita, N., Putra, Z. H., & Alim, J. A. (2021). Helping Junior High School Student to Learn Fibonacci Sequence with Video-Based Learning. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(11), 183–191. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i11.23097




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.